Tugas kurikulum pembelajaran

412 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
412
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas kurikulum pembelajaran

  1. 1. NamaTugas kurikulumsopandi : andi pembelajaranNim : 2011031009 Universitas kuninganJudul buku : perencanaan pengajaranPenulis : R. ibrahim dan nana syaodih s.Penerbit :rineka cipta
  2. 2.  Pengajaran merupakaan suatu kegiatan atau upaya membantu para siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam sutu bidang tertentu. Perencanaan pengajaran termasuk kelompok mata kuliah proses belajar mengajar yang membahas prinsip- prinsip dan cara-cara merencanakan pengajaran. Secara garis besar , perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan-tujuan
  3. 3.  apa Yang dicapai oleh sutu kegiatan pengajaran? Cara apa yang di gunakan untuk menilai pencapai tujuwan tersebut? Materi apa atau bahan apa yang akan di sampaiykan? Bagaimana cara menyampaikan bahan, serta media/alat apa yang di perlukan untuk mendukung pelaksanaan pengajaran?
  4. 4.  A. pengajaran berintikan interaksi antara guru dengan siswa. Dalam interaksi tersebut guru melakukan kegiatan yang di sebut mengajar, sedangkan siswa melakukan kegiatan yang di sebut belajar. Dalam pengajaran ada tiga rumpuan teori tentang belajar- mengajar: psikologi kekutan mental, psikologi behaviorisme, psikologi kongnitif.
  5. 5.  B. prinsip-prinsip yang mendasari pengajaran: 1. prinsip perkembangan 2. prinsip perbedaan individu 3. minat dan kebutuhan anak 4. aktivitas siswa 5. motivasi
  6. 6.  Sangat bagus kalou guru benar-benar merealisasikan rumpuan teori belajar mengajar, agar prinsip-prisip pengajaran bisa menjadi lebih baik.
  7. 7.  1. keterampilan intelektual: guru harus mengetahui kebutuhan belajar setiap siswa 2. belajar menerima, menghafal, diskaveri dan berkmakna.: guru harus bisa menanamkan sikap menerima, menghafal, dan diskaveri agak proses belajar menjadi efektif. 3. belajar disekolah dan di luar sekolah: guru harus bisa menanamkan agar senantiasa belajar walaupun diluar sekolah. 4. belajar secara klasikal, kelompok, dan individual: guru harus mampu menguasai metode belajar agar bisa mengajar lebih baik. 5. belajar teori dan praktek: guru bukan hanya menjelaskan tntang teori tapi juga harus dengan praktek.
  8. 8.  Sebaiknya uraian di atas harus memperhatikan aspek psikologi siswa dalam belajar. Karna aspek psikologi sangat mempengaruhi proses belajar siswa.
  9. 9.  Perencanaan program pengajaran harus sesuai dengan konsep pendidikan dan pengajaran yang di anut dalam kurikulum. Dewasa ini konsep yang banyak mewarnai pengajaran di sekolah dasar dan sekolalah menengah di indonesia adalah konsep teknologi pendidikan. 1. konsep pengajaran sebagai suatu sistem: suatu pendekatan mengajar yang menekankan hubungan sistemetik antara berbagai komponen dalam pengajaran.
  10. 10. 2. pokok/satuwan bahasan: menunjukan judul materi pelajaran yang akan di pelajari/diajarkan dalam satu caturwulan bersangkutan.3. Metode mengajar: dalam program caturwulan hendaknya di cantumkan pula metode-metode mengajar yang di rencanakan.4. Media dan sumber: di samping metode mengajar, untuk setiap pokok/satuwan bahasan di cantumkan pula media/alat bantu dan buku sumber yang di gunakan.
  11. 11. 4. Evaluasi pengajaran: dalam program caturwulan hendaknya terlihat pula kegiatan- kegiatan evaluasi yang di laksanakan di luar masing-masing pokok/satuwan bahasan, seperti evaluasi/tes sumatif dan evaluasi/tes subsumatif.5. waktu: untuk setiap pokok/satuan bahasan dan kegiatan evaluasi dalam caturwulan yang bersangkutan, perlu di cantumkan pula jumlah waktu yang di alokasikan.
  12. 12.  Dalam pelaksanaan perencanaan pengajaran harus dengan konsep acuan kurikulum dalam membuat suatu perencanaan pengajaran. Harus di tingkatkan lagih evaluasi pengajaran dalam program caturwulan dan harus lebih memperhatikan tes sumatif dan evaluasi subsumatif agar dapat menghasilkan hasil yang lebih baik.
  13. 13.  Dalam mempersiapkan proses belajar yang pertama kali di lakukan oleh guru adalah merumuskan tujuan-tujuan pengajaran yang akan di tempuh. dewasa ini tujuan pengajaran lebih di artikan sebagai prilaku hasil belajar yang kita harapkan di miliki siswa-siswa setelah mereka menenpuh proses belajar mengajar.
  14. 14.  Di lihat dari kawasan (domain) atau bidangv yang di cakup, tujuan-tujuan pendidikan dapat di bagi atas: 1. tujuan kongnitif adalah tujuan yang lebih banyak berkenaan dengan prilaku dalam aspek berpikir/intelektual. 2. tujuan psikomotor adalah tujuan yang banyak berkenaan dengan aspek keterampilan motorik atau gerak dari peserta didik/siswa. 3. tujuan afektif adalah tujuan yang banyak berkenaan dengan aspek perasaan, nilai,sikap, dan minat prilaku peserta didik/siswa.
  15. 15.  Di bab ini jelas bahwa tujuan pendidikan itumencakup tiga bidang yang harus tercapai, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Namun tidak dijelaskan bahwa ada tujuan Umum dan Khusus yang telah dipakai pada setiap sekolah
  16. 16.  Materi pelajaran merupakan suatu yang di sajikan guru untuk diolah siswa, dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan insrrusional yang telah di tetapkan.dalam perencanaan pengajaran,materi yang perlu ditetapkan dalam langkah ke tiga (setelah perumusan tujuan dan penyusunan alat evaluasi) baru berupa yaitu: A. pokok-pokok bahan B. dan rincian setiap pokok bahan.
  17. 17.  A. beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menetapkan materi pelajaran antaralain: 1. materi pelajaran hendaknya sesuai dengan/menunjang tercapainya tujuan instrusional. 2. materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tingkat pendidikan/perkembangan siswa. 3. materi pelajaran hendaknya terogranisasi secara sistematik dan berkesinambungan. 4. materi pelajaran hendaknya mencakup hal- hal yang bersifat faktual maupun koseptual.
  18. 18.  B. jenis-jenis motede mengajar: 1. metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dilaksanakan oleh guru. 2. metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komonikasi langsung. 3. metode diskusi adalah bertukar informasi, pendapat,dan ungsur-ungsur pengalaman. 4. metode demostarasi adalah metode mengajar yang cukup efektif, membatu para siswa untuk memperoleh jawaban dengan mengamati suatu proses peristiwa.
  19. 19.  Metode-metode tersebut masih menggunakan metode yang menurut saya klasik. Karena sekarang telah ditemukan metode-metode baru dalam mengajar. Namun itu tidak membuat buruk, tapi metode itu pun sekarang masih banyak dipakai
  20. 20.  Anaeka ragam media pengajaran dapat di klasifikasikan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Brets membuat klasifikasi berdasarkan adanya tiga ciri yaitu: suara (audio), bentuk (visual) dan gerak (motion). A. jenis-jenis alat media: 1. media cetak. 2, media elektronik
  21. 21.  B. faktor-faktor yang perlu di perhatikan dalam memilih media yang tepat yaitu: 1. kegunaan dari berbagai jenis media itu sendiri. 2. kemampuan guru mengunakan suatu jenis media. 3. keluwesan atau fleksibilitas dalam pengunaannya. 4. kesesuaiannya dengan alokasi waktu dan sarana pendukung yang ada. 5. ketersediaannya.
  22. 22.  A. jenis-jenis alat pengajaran. Dalam dua jenis alat pengajaran yang bersifat umum ada dua jenis yaitu: 1. alat pengajar yang bersipat umum ialah alat-alat alat pengajaran yang penggunaanya berlaku untuk semua mata pelajaran seperti: papan tulis, kapur, spidol dan penggaris. 2. alat pengajaran yang bersipat khusus ialah alat-alat pengajaran yang pengunaanya khusus untuk mata pelajaran tertentu seperti: Mikroskop untuk meneliti, jangka untuk matematika, kuas untuk mengambar.
  23. 23.  Setiap guru harus mampu menggunkan media agar dalam proses belajar mengjar bisa dapat diterima oleh murid.
  24. 24.  Kekuatan dan kelemahaan dari program pengajaran yang telah di susun guru biasanya dapat diketahui dengan lebih jelas setelah program tersebut dilaksanakan dan di evaluasi dengan seksama. A. hasil yang di capai dari perencanaan pengajaran ada dua jenis hasil pokok yang di peroleh dari kegiatan prencanaan pengajaran yang di lakukan : 1. daptar sejumlah pokok/satuan bahasan yang akan di ajarkan .
  25. 25.  2. bagan/matriks yang berisi rencana yang lebih rinci tentang pengajaran masing- masing satuan bahasan, yang meliputi tujuan instruksional umum. B. pelaksanaan program pengajaran. Ada empat langkah pokok yang di lakukan dalam keseruruhan proses program pengajaran: 1. evaluasi awal: evaluasi awal atau pretest di lakukan sebelum pelajaran di lakukan. 2. pelaksanaan pengajaran: melaksanakan pengajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan-belajar mengajar yang di rencanakan.
  26. 26.  3. evaluasi akhir: untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai siswa pada ahir pengajaran. C. fungsi evaluasi: 1. mengetahui tingkat efektivitas program dalam mencapai tujuwan-tujuwanya. 2. mengidentifikasikan bagian-bagian dari program pengajaran yang perlu di perbaiki.
  27. 27.  Hendaknya setiap guru ketika akan melaksanakan pengajaran, hendaknya mengecek kembali dan meevaluasi program pengajaran dari mulai evaluasi awal dan evaluasi akhir agar kesalah dalam proses perencanaan tersebut dapat diketahui sebelum di ralisasikan.

×