Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ekonomi teknik

2,936 views

Published on

Published in: Economy & Finance
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ekonomi teknik

  1. 1. EKONOMI TEKNIK
  2. 2. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP EKONOMI TEKNIK EKONOMI TEKNIK ADALAH SUATU TEKNIK ANALISA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN, DIMANA ADA BEBERAPA ALTERNATIF RANCANGAN TEKNIS ATAU RENCANA INVESTASI YANG SECARA TEKNIS DIANGGAP SAMA-SAMA MEMENUHI PERSYARATAN, DAN HENDAK DIPILIH SALAH SATUNYA YANG PALING EKONOMIS. APABILA HANYA ADA SATU ALTERNATIF RANCANGAN TEKNIS ATAU RENCANA INVESTASI YANG MEMENUHI PERSYARATAN TEKNIS, MAKA HENDAK DITENTUKAN APAKAH ALTERNATIF TERSEBUT LAYAK EKONOMIS ATAU TIDAK PADA UMUMNYA ALTERNATIF-ALTERNATIF RANCANGAN TEKNIS TERSEBUT BERJANGKA WAKTU BEBERAPA TAHUN DAN MENYANGKUT BIAYA RELATIF BESAR, SEHINGGA TIMBUL MASALAH NILAI WAKTU DARI UANG
  3. 3. KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG NILAI UANG MENGALAMI PERUBAHAN DARI WAKTU KEWAKTU Rp 10.000.000 PADA WAKTU SEKARANG TIDAK SAMA DENGAN Rp 10.000.000 PADA WAKTU 10 TAHUN YANG LALU, DAN TIDAK SAMA PULA DENGAN Rp 10.000.000 PADA WAKTU YANG AKAN DATANG NILAI NOMINALNYA SAMA, SEDANGKAN NILAI EFEKTIPNYA ( KEMAMPUANNYA UNTUK DITUKAR DENGAN BARANG DAN JASA) TIDAK SAMA,TETAPI BERUBAH- UBAH SESUAI DENGAN PERJALANAN WAKTU.
  4. 4. PENGERTIAN EKIVALENSI SEJUMLAH UANG PADA WAKTU TERTENTU DIKATAKAN EKIVALEN DENGAN SEJUMLAH UANG YANG LAIN PADA WAKTU YANG LAIN PULA,BILA NILAI NOMINALNYA BERBEDA, TETAPI NILAI EFEKTIFNYA SAMA MISAL: UNTUK HARGA SEBUAH SEDAN BARU, MAKA Rp 5.000.000 PADA TAHUN 1970 EKIVALEN DENGAN Rp.15.000.000 PADA TAHUN 1980, DAN EKIVALEN PULA DENGAN Rp 50.000.000 PADA 1990.
  5. 5. RUMUS-RUMUS BUNGA NOTASI YANG DIGUNAKAN:i Suku bunga per perioden Jangka waktu(jumlah periode) analisaP Transaksi tunggal di awal jangka waktu analisa ( pada akhir periode ke 0)F Transaksi tunggal di akhir jangka waktu analisa ( pada akhir periode ke n),yang ekivalen denga PA Serangkaian transaksi samarata selama jangka waktu analisa(sejak akhir periode ke 1 sampai dengan periode ke n) yang ekivalen dengan P dan FG Serangkaian transaksi pertambahan/pengurangan yang sama rata selama jangka waktu analisa ( sejak akhir periode ke 2 samapai dengan periode ke n), yang bisa diekivalenkan dengan P,F atau A
  6. 6. EKIVALENSI NILAIPENGERTIAN : SUATU RANCANGAN TEKNIK ATAU RENCANA INVESTASI MENGANDUNG SEJUMLAH TRANSAKSI,BAIK PENERIMAAN MAUPUN PENGELUARAN,DALAM BERBAGAIBENTUK,SELAMA MASA PAKAI ATAU MASA OPERASINYA. SEMUA JENIS TRANSAKSI TSB BISA DIEKIVALENSIKAN KESALAH SATU BENTUK TRANSAKSI DASAR, BIASANYA KE BENTUK TRANSAKSI A (SAMARATA TIAP TAHUN SELAMA JANGKA WAKTU ANALISA) ATAU KEBENTUK TRANSAKSI P (TUNGGAL DI AWAL JANGKA WAKTU ANALISA) DALAM PROSES EKIVALENSI NILAI INI DIGUNAKAN SUATU MARR (MINIMUM ATTRACTIVE RATE OF RETURN) SEBAGAI SUKUBUNGA ANALISANYA. BESARNYA MARR DIPENGARUHI OLEH BEBERAPA HAL,ANTARA LAIN: 1.LAJU INFLASI 2.SUKUBUNGA BANK 3.PELUANG/RESIKO USAHA
  7. 7. EKIVALENSI NILAI SEKARANG( P) DISINI SEMUA TRANSAKSI YANG ADA DIEKIVALENSIKAN KE BENTUK TRANSAKSI P (TUNGGAL DI AWAL JANGKA WAKTU ANALISA), DAN DISEBUT EKIVALENSI NILAISEKARANG DARI RANCANAGN TEKNIS ATAU RENCANA INVESTASI YANG BERSANGKUTAN BILA DIGUNAKAN EKIVALENSI NILAI SEKARANG SEBAGAI KRITERIA KEPUTUSAN MAKA MASA PAKAI TOTAL(JANGKA WAKTU ANALISA) DARI SEMUA ALTERNATIF HARUS DISAMAKAN DAHULU.BARU KEMUDIAN DIHITUNG EKIVALENSI NILAI SEKARANYA MASING-MASING,UNTUK KEMUDIAN SALING DIPERBANDINGKAN.
  8. 8. LAJU PENGEMBALIAN(RATE OF RETURN)PENGERTIAN DAN KEGUNAAN LAJU PENGEMBALIAN(RoR) ADALAH SUKUBUNGA DIMANA EKIVALENSI NILAI DARI SUATU ALTERNATIF RANCANGAN TEKNIS SAMA DENGAN EKIVALENSI NILAI DARI ALTERNATIF RANCANGAN TEKNIS YANG LAIN LAJU PENGEMBALIAN INI BISA DIGUNAKAN SEBAGAI KRITERIA PENEGMEBALIAN KEPUTUSAN,YAITU BILA: RoR > MARR, MAKA DIPILIH RANCANGAN TEKNIS YANG HARGA AWALNYA LEBIH BESAR RoR < MARR, MAKA DIPILIH RANCANGAN TEKNIS YANG HARGA AWALNYA LEBIH KECIL
  9. 9. LAJU PENGEMBALIAN DALAM(INTERNAL RATE OF RETURN) PENGERTIAN LAJU PENGEMBALIAAN DALAM ADALAH SUKUBUNGA DIMANA EKIVALENSI NILAI DAR SELURUH PENERIMAAN YANG TERJADI PADA SUATU RENCANA INVESTASI SAMA DENGAN EKIVALENSI NILAI DARI SELURUH PENGELUARANNYA LAJU PENGEMBALIAAN DALAM INI BISA DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR TINGKAT KELAYAKAN EKONOMIS DARI SUATU RENCANA INVESTASI APABILA IRR>MARR,MAKA HAL INI BERARTI BAHWA RENCANA INVESTASI YANG BERSANGKUTAN LAYAK EKONOMIS.APABILA ADA BEBERAPA ALTERNATIF RENCANA INVESTASI,MAKA DIPILI RENCANA INVESTASI YANG IRRNYA TERBESAR.
  10. 10. CONTOH SESEORANG MENYIMPAN UANGNYA DALAM TABANAS Rp 100.000,00.tentukanlah uang yang akan diterimanya setelah 5 tahun apabila sukubunga 15% pertahunnya? F= P (F/P,i,n) Seseorang menginginkan Rp 300.000,00 dalam waktu 3 tahun. Berapakah jumlah uang yang perlu ditabungkan orang tersebut saat ini jika suku bunga 15% per tahun? P=F(P/F,I,n) Seseorang menabung setiap tahunnya Rp 100.000,000. sukubunga jika 15%pertahun,tentukanlah jumlah uang yang akan diterimanya dalam 5 tahun? F=A(F/A,I,n)
  11. 11. contoh Bila seseorang membeli sebuah mobil seharga Rp 90.000.000,00 secara kredit dengan sukubunga 15% pertahun dalam jangka waktu selama 3 tahun,maka tentukanlah jumlah uang yang harus dibayar setiap tahunnya? A=P(A/P,I,n)

×