Sistem Operasi Windows

15,627 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
15,627
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
296
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • 5. Tekan tombol Enter untuk Setup Windows Server 2003. Maka akan keluar tampilan Windows Licencing Agreement.
  • Sistem Operasi Windows

    1. 1. Microsoft Windows atau yang lebih dikenal Microsoft Windows atau yang lebih dikenaldengan sebutan Windows adalah keluarga dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh sistem operasi. yang dikembangkan olehMicrosoft, dengan menggunakan antarmuka Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. pengguna grafis.
    2. 2. Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilispada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan InterfaceManager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di MicrosoftCorporation , meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akanlebih "memikat" konsumen.Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanyamemperluas kemampuan MS-DOS.
    3. 3. Windows versi 2 muncul pada tanggal 9 Desember1987.Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannyadengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel forWindows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasiWindows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untukmelakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinyasaat aplikasi tersebut ditutup.
    4. 4. Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatansignifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untukWindows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atasMacintosh. Logo windows 2.0 tampilan windows 2.0
    5. 5. Dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 danWindows/386 2.1.Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versiyang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi denganemulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft(LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalamIBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalandalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modusVirtual 8086,yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386.
    6. 6.  Logo windows 3.0 tampilan windows 3.0
    7. 7. Sebagai respons dari dirilisnya IBM OS/2 versi 2.0 ke pasaran, Microsoft mengembangkan Windows 3.1, yang menawarkan beberapa peningkatan minor terhadap Windows 3.0 (seperti halnya kemampuan untuk menampilkan fontTrueType Fonts, yang dikembangkan secara bersama-sama dengan Apple), danjuga terdapat di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan dukunganterhadap multimedia. Versi 3.1 juga menghilangkan dukungan untuk modus real, sehingga hanya berjalan pada modu terproteksi yang hanya dimiliki oleh mikroprosesor Intel 80286 atau yang lebih tinggi lagi. Microsoft pun pada akhirnya merilis Windows 3.11, yang merupakan versi Windows 3.1 yang mencakup semua tambalan dan perbaikan yang dirilis setelah Windows 3.1 diluncurkan pada tahun 1992.
    8. 8. Sejak Windows 3.0, Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe sudah mulai berfungsi. Versi ini juga berisi skema warna bernama Hotdog  Stand, yang berisi warna cerah merah, kuning dan hitam. . Skema warna ini dirancang untuk membantu orang-orang yang buta warna saat melihat teks / gambar pada layar monitorLogo windows 3.1 tampilan windows 3.1
    9. 9.  Windows NT memiliki superioritas dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Windows NT dianggap sebagai sistem yang boros sumber daya. Hal ini mengakibatkan munculnya opini publik bahwa Windows NT hanya cocok untuk mesin-mesin yang besar dan juga jauh lebih mahal (seperti halnya workstation dengan DEC Alpha atau Intel Pentium yang kala itu memang masih baru). Windows NT juga tidak dapat bekerja untuk pengguna pribadi karena kebutuhan sumber dayanya yang tinggi. Selain itu, GUI yang digunakannya hanyalah salinan dari GUI Windows 3.1, yang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Workplace Shell milik OS/2 , sehingga alasan Windows NT merupakan pengganti bagi Windows 3.1 tidaklah masuk akal. Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. Windows NT merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida,setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.
    10. 10. Logo windows NT 3.1 tampilan windows NT 3.1
    11. 11. Windows 95 berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan modelpengalamatan memori flat 32-bit. Fitur-fitur itu menjadikanaplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyakmaksimal 2 gigabyte (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuksistem operasi), dan dalam teorinya mencegah aplikasi tersebutuntuk mengganggu ruangan memori yang dimiliki oleh aplikasiWin32 lainnya tanpa adanya persetujuan dari sistem operasi.
    12. 12.  Sebelum menggantinya dengan versi Windows yang baru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut:Windows 95 - rilis yang sebenarnya dari Windows 95Windows 95 A - mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Release 1(OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap instalasi.Windows 95 B - mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnyasistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0. Versi ini juga dikenal denganWindows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagaiWindows 97.Windows 95 B USB - atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi Windows 95yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus UniversalSerial Bus/USB.Windows 95 C - atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur di atas,ditambah Internet Explorer 4.0. Versi ini merupakan versi yang paling terakhirdirilis dari seri Windows 95.
    13. 13. Logo windows 95 tampilan windows 95
    14. 14. Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasiWindows baru, yang dikenal sebagai Windows 98.Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadapWindows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dandapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya,Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driverperangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memilikikapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yangterdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalamWindows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkandengan pendahulunya.
    15. 15.  Tekan del advanced bios features(enter) firs boot device cd room, lalu tekan esc masukkan CD esc-quit-yes(y) tekan enter boot from cd room pilih pilihan untuk mempartisi yaitu no2.start komputer with cd rom support(enter) loading Pada PROGRAM DOS ketik:F DISK(A:)f disk enter, tekan enter Lihat partisi yang telah dibuat pada menu nomer 4 enter choice:(3)enter untuk mendelete exstended&primari enter choice:(1)enter untuk mengaktifkan partisi isikan prosentase pada partisi sebesar 50% pilih no2(enter choice:(2)enter untuk exstended) buat satu buah logical setelah itu restart komputer kemidian lakukan perintah dos berikut : e:dir,CD WINDOWS98 , DIR CD SETUP , e:DIR*format.* , e:format c , e;format d setelah itu beri nama partisi ketik:setup? ketik:setup ketik continue&next klik user name next i accept agreement-use-next
    16. 16.  Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni: Logo windows 2000 tampilan windows 2000
    17. 17.  Cara menginstall windows 2000 1. Setting BIOS dengan first booting pada CD ROM 2. Masukkan CD Install Windows 2000 Server 3. Akan muncul tampilan awal instalasi Windows 2000 Server 4. Pilih To set up Windows 2000 now, press ENTER. tekan Enter 5. Setelah muncul Windows 2000 Licensing Agreement. Tekan F8 6. Masuk ke partition disk 7. Hapus semua partisi 8. Buatlah partisi baru dengan mengikuti panduan yang ada 9. Setelah selesai, tekan Enter dan pilih Format the partition using the NTFS file system 10. Pilih To format the drive, press F 11. Tunggulah selama proses pem-formatan 12. Jika proses sudah selesai komputer akan secara otomatis melakukan booting ulang 13. Biarkan komputer anda booting ke harddisk 14. Setelah muncul kotak dialog, pilih next. 15. Tunggulah selama proses Installing device 16. Pada kotak dialog Regional Settings, klik next
    18. 18. 17. Pilih beberapa komponen dengan memberi tanda centang, klik next 18. Pilih Typical settings, klik next 19. Tunggulah selama proses Instalasi komponen 20. Setelah selesai, klik Finish. Komputer akan me- restart 21. Setelah komputer sudah ter-install Windows 2000 Server, jalankan komputer 22. Masuk ke control panel 23. Pilih Add/Remove Programs 24. Pilih Add/Remove Windows Components 25. Pada menu Components, tandai Terminal Services dan Terminal Services Licensing. Klik next. 26. Pilih Remote administration mode. Klik next 27. Tunggulah selama komputer sedang proses. Klik Finish.
    19. 19.  memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update, kecuali System Restore. Windows Me juga dikritik karena munculnya masalah kestabilan, dan juga dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan di dalam modus real. Windows Me merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic Windows 9x dan MS-DOS.
    20. 20. 3. Tekan tombol Enter. Maka akan tampil seperti tampak pada gambar dibawah ini.4. Sesaat kemudian Windows Server 2003 akan menampilkan tampilanselamat datang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    21. 21.  7. Gambar Pemilihan file system
    22. 22.  13. Klik tombol Next, maka akan muncul jendela Your Product Key. Masukkan 25 digit key produk yang anda punya. Gambar Pengisian product key
    23. 23. 
    24. 24. 
    25. 25. 
    26. 26. 
    27. 27.  Windows Vista
    28. 28. logo windows vista tampilan windows vista
    29. 29. 
    30. 30. 
    31. 31. 
    32. 32. 
    33. 33. 
    34. 34.  a
    35. 35. 
    36. 36. logo windows 7 tampilan windows 7
    37. 37. 
    38. 38. Selanjutnya muncul tampilan seperti di bawah, langsung saja klik next
    39. 39. •Lalu, klik Install Now•Centang tanda persetujuan yang ada, lalu klik nextKarena kita sedang melakukan clean install maka pilih yang Custom (advanced
    40. 40. •Pilih partisi yang akan dipakai untuk menginstal windows seven (7), lalu klik next•Setelah proses di atas selese komputer akan otomatis restart sendiri lalu masukannama user dan nama komputer•Masukkan Windows Product key, biasanya ada di paket dvd intalasi nya.•Setelah selesai, install driver2 hardware komputer agar windows berjalan secaramaksimal, seperti driver vga, audio, chipset, network, bluetooth dan lain2.
    41. 41.  Kelebihan : 1. proses boot/shut down lebih cepat 2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit 3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD 4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol 5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
    42. 42.  Kelemahan / Kekurangan : 1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7 2. Bug pada Windows Player 12 3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7 4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7
    43. 43. Kesimpulan Operating system atau OS adalah Sistem perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sedangkan menurut American National Standart Institute(ANSI) Operating System adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagaibentuk layanan yang terkait.Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan

    ×