Jaringan Komputer (KKPI) SMK

5,490 views

Published on

tugas mata pelajaran KKPI SMK Negeri 1 Blitar
"Jaringan Komputer"

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,490
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
77
Actions
Shares
0
Downloads
246
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jaringan Komputer (KKPI) SMK

  1. 1. Jaringan Komputer
  2. 2. Pengertian Jaringan komputer Jaringan komputer adalah suatu bentuk rangkaian dari beberapa komputer dan peralatan komunikasi lainnya yang saling berhubungan.
  3. 3. Macam-macam jaringan berdasar sistem  Jaringan Peer to Peer Suatu bentuk jaringan yang menghubungkan komputer dengan komputer maupun peralatan lainnya tanpa adanya server.  Jaringan Client Server Suatu jaringan komputer dimana salahsatu PC menjadi server.
  4. 4. Macam-macam jaringan berdasar skala  LAN (local area network) Jaringan komputer yang berbasis lokal artinya ruanglingkup kecil.  MAN (metropolitan area network) Jaringan komputer dengan ruanglingkup lebih besar dari LAN.  WAN (wide area network) Jaringan komputer dengan ruanglingkup yang lebih besar dari MAN.
  5. 5. Topologo jaringan Topologi adalah suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini. 1. • Topologi bintang 2. • Topologi cincin 3. • Topologi bus 4. • Topologi mesh/jala 5. • Topologi linier
  6. 6. 1. Topologi bintang  Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi (satu titik pertemuan) dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
  7. 7. 2. Topologi Cincin  Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  8. 8. 3. Topologi Bus  Topologi Bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
  9. 9. 4. Topologi Jala/Mesh  Topologi Jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.
  10. 10. 5. Topologi Runtut (linear topology)  Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator).
  11. 11. Peralatan Jaringan Peralatan dalam jaringan komputer meliputi : 1. Mobile/Desktop PC 2. Kabel 3. Switch/Hub 4. AP (access point) 5. Router
  12. 12. 1. Mobile/Desktop PC  Merupakan perangkat akses untuk pengguna, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA. Sedangkan Desktop PC harus ditambahkan Wireless Adapter melalui PCI (Peripheral Componentinterconnect) Card atau USB (Universal Serial Bus).
  13. 13. 2. Kabel  Dalam jaringan komputer dikenal banyak jenis kabel yang digunakan seperti Kabel Coaxial, Kabel UTP, kabel Fiber Optik, dll, tetapi yang paling banyak digunakan adalah kabel UTP. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) sendiri di bagi menjadi 2 jenis yaitu. 1. Kabel UTP straight untuk menghubungkan perangkat yang beda, misal komputer-switch 2. Kabel UTP Cross untuk menghubungkan perangkat yang beda, misal switch-switch
  14. 14. 3. Switch/Hub  Switch/Hub adalah perangkat untuk menghubungkan komputer-komputer dalam satu jaringan, switch/hub berfungsi sebagai titik pusat dalam topologi bintang. Sekarang fungsi hub telah banyak di gantikan oleh switch karena penggunaan switch lebih efisien dari pada hub.
  15. 15. 4. AP (access point)  Access-Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.
  16. 16. 5. Router  Router adalah perangkat dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang berbeda jaringan. Misal jaringan komputer di elektro dihubungkan dengan jaringan komputer yang ada di otomotif.
  17. 17. Kelas Jaringan  Ip address dibagi menjadi 2 bagian yaitu Network ID dan Host ID, Network ID yang akan menetukan alamat dalam jaringan (network address) sedangkan Host ID menentukan alamat dari peralatan. Ibaratkan Network ID Nomor jalan dan alamat jalan sedangkan Host ID adalah nomor rumahnya IP address dibagi menjadi kelas yaitu :
  18. 18. Kelas IP  Kelas A Kelas a adalah kelas dengan jumlah ip terbanyak yaitu sekitar 16.777.216 ip dan biasa di gunakan dalam jaringan yang berskala besar, misal jaringan Indosat, Telkomsel, dll.  Kelas B Kelas b adalah kelas dengan jumlah ip sekitar 65.538 ip dan biasa di gunakan dalam jaringan yang berskala menengah, misal jaringan dalam gedung.  Kelas C Kelas cadalah kelas dengan jumlah ip sekitar 256 ip dan biasa di gunakan dalam jaringan yang berskala kecil, misal jaringan dalam ruang.
  19. 19. Intan khoirun nisa /33

×