Peran penyuluh

6,788 views

Published on

  • Be the first to comment

Peran penyuluh

  1. 1. Peran Penyuluh Pertemuan 3-4
  2. 2. Peranan penyuluhan dalam pemberdayaan masyarakat 1) menyadarkan masyarakat atas peluang yang ada untuk merencanakan hingga menikmati hasil pembangunan, 2) memberikan kemampuan masyarakat untuk menentukan program pembangunan, 3) memberi kemampuan masyarakat dalam mengontrol masa depannya sendiri, dan 4) memberi kemampuan dalam menguasai lingkungan sosialnya.
  3. 3. Peran penyuluh dapat dikategorikan ke dalam empat peran, yaitu 1. Peran fasilitator (Facilitative Roles), 2. Peran pendidik (Educational Roles), 3. Peran utusan atau wakil (Representasional Roles), 4. Peran teknikal (Technical Roles).
  4. 4. Peran fasilitator (Facilitative Roles) • Peranan fasilitator yang dilakukan oleh penyuluh antara lain sebagai orang yang mampu membantu masyarakat agar masyarakat mau berpartisipasi dalam kegiatan bertani, oarang yang mampu mendengar dan memahami aspirasi masyarakat, mampu memberikan dukungan, mampu memberikan fasilitas kepada masyarakat.
  5. 5. Peran pendidik (Educational Roles) • Seorang penyuluh juga harus mampu dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat tani. Memberikan proses belajar yang terus menerus agar menumbuhkan kesadaran. • Penyuluh juga memberikan informasi, dan memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  6. 6. • Fungsi pemberian pendidikan dan bimbingan yang berkelanjutan, yang artinya penyuluhan tidak akan berhenti begitu saja ketika mengetahui bahwa petani di tempat mereka berikan pendidikan, ternyata telah dapat melakukan perubahan. Namun, penyuluh tetap membantu mereka ke arah yang lebih baik lagi.
  7. 7. Peran utusan atau wakil (Representasional Roles) • Sebagai seorang yang bertugas untuk mengembangkan masyarakat, penyuluhan berperan sebagai utusan atau wakil yang berkaitan dengan interaksi pekerja pengembangan masyarakat melalui penggunaan media, hubungan masyarakat, jaringan antara pekerja pengembangan masyarakat dan pekerja yang relevan, dan berbagi pengalaman dan pengetahuan baik secara formal maupun informal antara pekerja pengembangan masyarakat dan antara masyarakat.
  8. 8. Peran teknikal (Technical Roles) • Fungsi penyuluhan lainnya adalah menjembatani kesenjangan antara praktek yang biasa dijalankan oleh para petani dengan pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang menjadi kebutuhan para petani tersebut.
  9. 9. • Fungsi penyuluhan dapat dianggap sebagai penyampai dan penyesuaian program nasional dan regional agar dapat diikuti dan dilaksanakan oleh petani, sehingga program- program masyarakat petani yang disusun dengan itikad baik akan berhasil dan mendapat partisipasi masyarakat
  10. 10. • Penyuluh berperan untuk membantu masyarakat desa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang belum terlakasana, untuk meningkatkan produktivitas.
  11. 11. • Penyuluh juga menyebarkan hasil- hasil penelitian, penyuluh berperan untuk memberikan akses kepada petani input produksi dan selalu merespon terhadap perubahan yang terjadi di sekitar.

×