Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ekonomi makro ayu dan devy

5,987 views

Published on

Published in: Design
  • Dating for everyone is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F7hN3u ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F7hN3u ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Ekonomi makro ayu dan devy

  1. 1. MAKRO EKONOMI Kelompok 2 Ayu Wulandari Devy Shelviana Tentang…..
  2. 2. Penentuan Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Teori Pandangan Klasik Pandangan Keynes Pendekatan Masa Kini
  3. 3. Pandangan Ahli Ekonomi Klasik  Kemungkinan bahwa pada kesempatan kerja penuh akan berlaku keadaan tabungan masyarakat=investasi para pengusaha menyebabkan ahli ekonomi klasik berkeyakinan: “Supply creates its own demand”, yang berarti dalam perekonomian tidak berlaku masalah kekurangan permintaan agregat. Walaupun terjadi keadaan ini hanya bersifat sementara. Dan berkeyakinan bahwa mekanisme pasar akan melakukan penyesuaian.  Dan juga berkeyakinan bahwa kesempatan kerja penuh akan selalu tercapai karena bersifat fleksibilitas. Sehingga, pendapatan nasional ditentukan oleh kemampuan faktor-faktor produksi dlm suatu negara menghasilkan barang dan jasa.  Semakin besar kemampuan faktor-faktor produksi dlm suatu negara menghasilkan barang dan jasa, semakin besar pula pendapatan nasional yang diciptakan. Berlaku pula sebaliknya.
  4. 4. • Corak kegiatan ekonomi subsisten terdiri dari dua sektor dimana penerima-penerima pendapatan tidak menabung dan para pengusaha tidak menanamkan modal. • Nilai produksi yang diciptakan sektor perusahaan akan selalu sama dengan nilai seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh rumah tangga. • Para penerima pendapatan tidak melakukan penabungan. Ini berarti seluruh pendapatan sektor rumah tangga akan dibelanjakan.
  5. 5. Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem dan Modern Pendapatan faktor-faktor produksi (Gaji dan upah, sewa, bunga, dan untung) Aliran 1 PERUSAHAAN RUMAH TANGGA Aliran 2 Pengeluaran rumah tangga (konsumsi) Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem
  6. 6. • Corak Kegiatan Ekonomi Modern (Gaji dan upah, sewa, bunga, dan untung) PERUSAHAAN PENANAM MODAL LEMBAGA KEUANGAN RUMAH TANGGA Pendapatan faktor-faktor produksi Aliran 1 Aliran 2 Aliran 3 : TabunganKonsumsi rumah tangga Aliran 4 : Pinjaman Aliran 5 : Investasi
  7. 7. Dalam perekonomian yang lebih maju penerima-penerima pendapatan akan menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk ditabung. Ahli-ahli ekonomi Klasik tetap berkeyakinan bahwa walalupun rumah tangga akan menabung sebagian dari pendapatan yang diperolehnya, kekurangan dalam permintaan tidak akan terjadi dlm perekonomian.
  8. 8. Pandangan Keynes  Keynes berpendapat tabungan bukan bukan ditentukan oleh suku bunga tetapi oleh tingkat pendapatan masyarakat. Makin tinggi pendapatan, makin tinggi pula tabungan.  Keynes berpendapat suku bungu bukan ditentukan oleh penawaran dana untuk tabungan dan permintaan dan untuk investasi. Menurut Keynes suku bunga ditentukan olh permintaan dan penawaran uang.  Menurut ahli-ahli ekonomi Klasik tingkat upah adalah fleksibel. Hal ini akan menjamin keadaan dimana permintaan tenaga kerja akan sama dengan penawaran tenaga kerja.  Oleh sebab itu kesempatan kerja penuh akan selalu berlaku. Menurut Keynes tingkat upah tidak fleksibel. Walaupun terdapat banyak penganggura tingkat upah tidak akan turun dan pengangguran tetap wujud.  Menurut Keynes pendapatan nasional bukan faktor- faktor produksi yang tersedia tetapi oleh pengeluaran agregat (AE). Pengeluaran gregat yang wujud dlm ekonomi selalu kurang dari pendapatan nasional potensial, dan menyebabkan pengangguran tenaga kerja selalu wujud.
  9. 9. Penentuan Tabungan dan investasi  Penentu tabungan Menurut Keynes besarnya tabungan yang dilakukan oleh rumah tangga bukan tergantung kepada tinggi rendahnya suku bunga. Hal tersebut terutama tergantung pada besar kecilnya tingkat pendapatan rumah tangga.  Penentu investasi Disamping suku bunga, faktor lain yang menentukan investasi adalah keadaan ekonomi masa kini, ramalan perkembangan masa depan, dan perkembangan teknologi.
  10. 10. Perbedaan pandangan mengenai penentu tabungan  Pandangan Klasik Kesimpulan: semakin tinggi suku bunga maka semakin banyak tabungan yang akan dilakukan masyarakat. Sf So S10 r0 r1 Jumlah tabungan SukuBunga
  11. 11.  Pandangan Keyness i.Tingkat pendapatan rendah, mengakibatkan tabungan masyarakat kecil. Karena tabungan masa lalu digunakan untuk membiayai hidupnya. ii.Pendapatan nasional tinggi, tabungan masyarakat besar. (-) Yo Y1 Yf Sf S 0 S1 Sf (+) Pendapatan nasional JumlahTabungan
  12. 12. Pandangan keynes mengenai penentuan kegiatan ekonomi  Menurut Keynes, faktor penentu kegiatan ekonomi suatu negara adalah permintaan efektif, yakni permintaan yang disertai kemampuan untuk membayar barang-barang dan jasa-jasa dalam wujud perekonomian.  Keynes membagi permintaan agregat kepada dua jenis pengeluaran, yaitu pengeluaran konsumsi oleh rumah tangga dan penanaman modal oleh pengusaha. Akan tetapi, dalam analisis makro ekonomi, pengeluaran pemerintah dan ekspor juga ikut mempengaruhi pengeluaran agregat.  Faktor yang mempengaruhi permintaan agregat yaitu: 1. Konsumsi rumah tangga 2. Investasi 3. Pengeluaran Pemerintah 4. Ekspor ke pasaran dunia
  13. 13. Peranan Permintaan Agregat dalam Kegiatan Ekonomi Analisis Keynes lebih banyak memperhatikan aspek permintaan. Dalam analisisnya ia berpendapat bahwa tingkat kegiatan ekonomi negara ditentukan oleh besarnya permintaan efektif. Analisis Keynes merupakan analisis jangka pendek. Oleh sebab itu apabila kegiatan ekonomi bertambah tinggi dan lebih banyak faktor-faktor produksi yang digunakan, pengangguran tenaga kerja dan faktor-faktor produksi lainnya akan berkurang.
  14. 14. PENENTUAN KEGIATAN PEREKONOMIAN NEGARA Pendapatan Nasional Pengeluaran Agregat Kegiatan Ekonomi 100 127 200 250 300 325 400 400 SEIMBANG 500 475 600 550 KONTRAKSI EKSPANSI
  15. 15.  Keseimbangan menentukan tingkat pendapatan nasional yang akan dihasilkan sektor perusahaan dan tingkat kesempatan kerja yang akan dicapai A 45 E C D B 200 400 600 0 200 400 600 Pendapatan Nasional (triliun rupiah) AE Y=AE PengeluaranAgregat (triliunrupiah)
  16. 16. Pendekatan terkini dalam penentuan kegiatan ekonomi  Sejak penerbitan buku the General Theory, analisis makroekonomi semakin berkembang. Terdapat pemikiran- pemikiran baru yang mengkritik dan menyokong pandangan keynes.  Analisis yang berhubungan dengan makroekonomi sesudah Keynes dapat dibedakan kepada empat pemikiran, yaitu:  1. golongan Monetaris  2. golongan Ekspektasi  3. golongan Segi Penawaran  4. golongan Keynesian Baru.

×