Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt kehamilan

11,255 views

Published on

  • Be the first to comment

Ppt kehamilan

  1. 1. PENTINGNYA PEMERIKSAAN KEHAMILAN Oleh : MERA RAHMADANI
  2. 2. PEMERIKSAAN KEHAMILAN /ANC• Pemriksaan kehamilan adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan secara berkala dari awal kehamilan hingga proses persalinan untuk memonitor kesehatan ibu dan janin agar tercapai kehamilan yang optimal.
  3. 3. TUJUAN KUNJUNGANTujuan asuhan antenatal adalah :1. Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.2. Mempertahankan kesehatan fisik, mental dan sosial ibu dan bayi.3. Membangun kepercayaan antara keluarga dan tenaga kesehatan dalam menganjurkan meraka untuk berpartisipasi memilih dan membuat informed choise tentang asuhan yang mereka dapatkan.
  4. 4. JADWAL KUNJUNGAN ANCKunjungan Antenatal care adalah kunjungan ibu hamilke bidan atau dokter sedini mungkin semenjak iamerasa dirinya hamil untuk mendapatk Kunjungan antenatal sebaiknya paling sedikit4x selama kehamilan, yaitu : 1. Satu kali kunjungan pada trimester pertama ( sebelum 14 minggu) 2. Satu kali kunjungan pada trimester kedua (antara 14-28 minggu ) 3. Dua kali kunjungan pada trimester ketiga (antara 28-36 minggu dan sesudah minggu ke 36) 4. anpelayanan / asuhan antenatal.
  5. 5. TEMPAT KUNJUNGAN ANC• Bidan (BPS)• Dokter umum (klinik umum)• RS, Puskesmas, dan Rumah bersalin (Team antara bidan dan dokter SPOG)• Dokter spesialis obstetric dan gynekologi (SPOG)
  6. 6. •PEMERIKSAAN YANG DILAKUKAN KETIKA KUNJUNGANANC1. Timbang berat badan2 Ukuran tekanan darah,diukur setiap kunjungan
  7. 7. 3. Ukur tinggi fundus uteri4. Pemberian imunisasi Tetanus Toxoid atau TT lengkap5. Pemberian tablet zat besi minimal 90 tablet selama hamil,mulai diberikan pada usia kehamilan 20 minggu diminum 1 hari 1 tablet.6. Tes laboratorium (rutin dan khusus).7. Temu wicara (konseling).
  8. 8. TERIMA KASIH

×