Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presentasi Teks Prosedur Kompleks

9,475 views

Published on

Published in: Education
  • Dating direct: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ♥♥♥ http://bit.ly/2F7hN3u ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Presentasi Teks Prosedur Kompleks

  1. 1. `
  2. 2. Struktur teks prosedur kompleks Judul ^ Pendahuluan ^ Tujuan ^ Alat & Bahan ^ Langkah – langkah. Tujuan ^ langkah - langkah
  3. 3. judul Kalimat yang menunjukkan tentang isi dari teks tersebut. Contoh ; Cara Memasak Mie Instant
  4. 4. Tujuan Maksud yang ingin kita capai dari suatu hal Teks prosedur kompleks berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan/pengoperasian sesuatu. Contoh ; Berikut ini hal yang harus anda lakukan ketika mengikuti ujian. Dengan memperhatikan hal tersebut anda dapat mengerjakan ujian dengan baik dan lancar.
  5. 5. Langkah - Langkah Berisi langkah-langkah atau urutan yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai. Langkah - langkah harus urut dari yang pertama hingga terakhir. Contoh ; 1. rebus mi dalam 400 cc. 2. Sementara mi di rebus campurkan bumbu-bumbu ke dalam piring. 3. Tiriskan mi, kemudian campurkan mi kedalam campuran bumbu. Taburkan 4. bawang goreng dan mi siap disajikan.
  6. 6. Ciri ciri teks prosedur kompleks 1. Menggunakan pola kalimat perintah berupa: Kata kerja tanpa imbuhan me- b. Partikel -lah c. Kata larangan yaitu jangan 2. Teks prosedur menggunakan bentuk saran seperti : sebaiknya hendak-nya 3. Teks prosedur kompleks harus mempunyai syarat/pilihan yang jika tidak terpenuhi akan menghasilkan hasil yang tidak maksimal. 4. Kalimat Teks Prosedur kompleks harus jelas, logis dan singkat.
  7. 7. Ciri ciri kebahasaan teks prosedur kompleks 1. Partisipan manusia secara umum 2. Verba material, yaitu verba yang mengacu pada tindakan fisik. Seperti melakukan, menilang. 3. Verba tingkah laku, yaitu verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal. Seperti menolak, menerima. 4. Konjungsi temporal, yaitu konjungsi yang mengacu pada urutan waktu. Seperti pertama, kedua, ketiga dst.
  8. 8. • jelas : tidak membingungkan dan mudah diikuti • logis : Berkaitan dengan urutan penjelasan. Urutan yang sistematis yaitu dari yang penting ke tidak penting (misal : prosedur melakukan perjalanan), dari yang awal ke yang akhir (misal : prosedur memesan penginapan), dari yang umum ke yang khusus (misal : prosedur mendirikan tenda • singkat. : Hanya mencantumkan hal-hal penting, tidak berulang, sudah mencakup keseluruhan proses yang dibutuhkan.
  9. 9. Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna baru
  10. 10. Macam – Macam Kalimat Kalimat Deklaratif Kalimat Imperatif Kalimat intrOgatif
  11. 11. Kalimat Deklaratif kalimat yang isinya memberikan sesuatu pernyataan kepada pembaca atau pendengar Memberikan pernyataan dan informasi/berita tentang sesuatu Contoh; 1. Siswa membawa peralatan tulis yang diperlukan 2.Siswa memeriksa kelengkapan soal dan jawaban 3.Siswa mengisi identitas dengan lengkap dan benar. 4.Siswa mengerjakan soal dengan teliti dan jujur 5.Siswa memeriksa kembali tugas mereka yang sudah selesai
  12. 12. Kalimat imperatif kalimat yang isinya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu Fungsi : Untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu Contoh; 1. Usirlah kucing itu! 2. Ambilkan buku itu! 3. Jangan tidur disini!
  13. 13. Kalimat introgatif kalimat yang berisi pertanyaan Fungsi ; untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu Contoh; 1. Apakah peralatan tulis yang dibutuhkan sudah disiapkan? 2.Apakah kelengkapan soal dan lembar jawaban sudah diperiksa? 3.Apakah identitas sudah diisi dengan lengkap dan benar?
  14. 14. Terima kasihO

×