Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt displin

5,543 views

Published on

  • Login to see the comments

Ppt displin

  1. 1. PURTRI DEWI C.2009-31-007LAYANAN KONSULTASI
  2. 2. DESKRIPSI MASALAHAda seorang ibu yang menginginkan anaknya untukdisiplin mulai dari anak usia prasekolah. Disini diaingin menanamkan kedisiplinan kepada sang anakagar anak bisa membiasakan untuk melakukan hal-halyang sesuai dengan aturan yang ada dilingkungannyadan untuk berprilaku disiplin dalamperkembangannya dalam kehidupan sehari-hari .
  3. 3. MENANAMKANKEDISIPLINAN ANAKDITUJUKANKEPADAPARA ORANGTUA DANANAK USIAPRASEKOLAH
  4. 4. proses bimbinganyang bertujuanmenanamkan polaperilaku tertentu,kebiasaan-kebiasaantertentu ataumembentuk manusiadengan ciri-ciritertentu.Tata tertib atauperaturan yang harusdilakukan dalamkehidupan sehari-hari untuk melatihprilaku seseorangyang secara sukarelamengikuti seorangpemimpin.DISIPLIN
  5. 5. Disiplin sebagai upaya pengembangananak untuk berperilaku sesuai denganaturan dan norma yang diterapkanoleh masyarakat mempunyai beberapaunsur ,
  6. 6. 1. PeraturanPeraturan adalah ketentuan-ketentuan yang telahditetapkan untuk menata tingkah laku seseorang dalam suatukelompok, organisasi, institusi atau komunitas. Tujuanyaadalah membekali anak dengan pedoman perilaku yangdisetujui dalam situasi tertentu
  7. 7. tujuan dari hukuman adalah menghentikananak untuk melakukan sesuatu yang tidaksesuai dengan aturan yang berlaku agar anakjeraHukuman terjadi karena kesalahan,perlawanan atau pelanggaran yangdisengaja.
  8. 8. Fungsi dari Hukuman2. Mendidik1. Menghalangi
  9. 9. yakni sebagai berikut: Bila tingkah laku yang buruk muncul maka anak diberi hukuman. Ketikatingkah laku itu muncul lagi maka ibu-bapak harus ‘ajeg’ tetapmemberi hukuman pada anak. Hukuman harus dilaksanakan segera setelah tingkah laku yang tidakbaik dilakukan oleh anak. Hukuman seharusnya tidak dilaksanakan di depan anak-anak lain.Kalau tidak, anak bisa malu dan menjadi marah terhadap orangtua. Ibu-bapak harus menjaga bahwa tingkah laku yang salah itu, jangansampai diberi hadiah. Anak-anak tidak boleh dihukum terlalu berat atau terlalu sering,karena anak mungkin akan melarikan diri.
  10. 10. PenghargaanPenghargaan adalah unsur disiplin yang sangat pentingdalam pengembangan diri dan tingkah laku.Penghargaan tidak harus berupa materi tetapi dapatjuga berupa kata-kata pujian atau senyuman.
  11. 11. Pemberian hadiah jika dilakukan terus menerus akan menjadikurang baik untuk mendisiplinkan anak karena:• Hadiah kehilangan nilainya.• Anak dapat memperolehhadiahnya sendiri.• Anak hanya akan bertingkahlaku baik bila ada hadiahnya.•Anak akan merasa bila tidakada hadiah artinya ia dihukum
  12. 12. Cara Penanaman Disiplin Terhadap Anak UsiaPrasekolahDisiplin Negatifkebanyakan mereka tidakmenyadari bahwa merekatelah mengajarkan anakdengan cara disiplin yangnegatif, berupa hukumanfisik dan kata-kata yangdapat merugikanperkembangan anak.Disiplin PositifPembentukan disiplindengan cara-cara yangpositif tergantung padapengalaman, pengetahuan,sikap, dan watak orang tuadan guru, kesabaran danpengertian adalah hal yangsangat penting dalamproses pembelajarandisiplin anak.
  13. 13. Beberapa kebutuhan masa kanak-kanakyang dapat diisi oleh disiplin antaralain:1) Disiplin memberikan rasa aman dengan memberitahukan apa yang danyang tidak boleh dilakukan.2) Disiplin membantu anak menghindari perasaan bersalah dan rasa maluakibat perilaku yang salah.3) Dengan disiplin anak belajar bersikap menurut cara yang akan mendatangkanpujian yang akan ditafsirkan anak sebagai tanda kasih sayang dan penerimaanbagi penyesuaian yang berhasil dan kebahagiaan.4) Disiplin yang sesuai dengan perkembangan berfungsi sebagai motivasi bagianak untuk mencapai apa yang diharapkan darinya.5) Disiplin membantu anak mengembangkan hati nurani yang merupakanpembimbing dalam pengambilan keputusan dan pengendalian perilaku.
  14. 14. 5 LANGKAH MENDISIPLINKAN ANAk1. Tenang2. Percaya pada intuisi.3. Pemilihan waktu yang tepat.4. Percaya pada kemampuan ibu-bapak5. Percaya pada kemampuan anak
  15. 15. TIPS MENDISIPLINKAN ANAK Untuk menerapkan disiplin pada anak, ada aturanutama yang jelas. Namun tetap ada kelenturan dariaturan disesuaikan dengan situasi saat itu. Ibu-bapak dan anak harus memperluas pengetahuanmelalui buku, televisi, majalah dan media lainnya. Ibu-bapak tidak memaksakan keinginan tetapi lebihmengajar dan berbicara dengan anak. Sesuai denganusia anak. Mendisiplinkan anak tidak hanya dengan ancamanatau hukuman. Namun dengan membantu anakmemahami tujuan atau keuntungannya, bila iamelakukan perlaku itu. Jangan sering mencela anak sehingga anak jadi sedihdan malu.
  16. 16. SEKIANTERIMA KASIHWassalaamu’alaikum

×