1.2 Perangkat Keras Komputer (Hardware)


   Berdasarkan kegunaannya perangkat keras
   komputer digolongkan kedalam empat...
1. Unit Masukan (Input)

   Adalah alat untuk memasukan data ataupun
   program untuk diolah oleh komputer sehingga
   men...
1. Unit Masukan (Input)   Lanjutan


   c. Scaner                    d. Floppy disk Drive




   e. CD-ROOM dan CD-RW    f...
1. Unit Masukan (Input)   Lanjutan


   g. Voice Input
2. Unit Proses
   Unit proses yang berada dalam komputer adalah
   Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan
   pengatu...
2. Unit Proses      Lanjutan


   c. Motherboard              d. Processor




   e. Memory                   f. VGA Card
2. Unit Proses   Lanjutan


   g. I/O Card              h. Sound Card
3. Unit Keluaran (Output)

    Adalah   alat   untuk    menampilkan      hasil
    pengolahan yang dilakukan oleh CPU.
   ...
3. Unit Keluaran (Output)   Lanjutan


 c. Speaker
4. Unit Penyimpanan
  Adalah suatu media yang dapat menyimpan data
  secara permanen dalam jangka waktu panjang
  sehingga...
4. Unit Penyimpanan       Lanjutan

  c. USB Flash Drive             d. Compac Disk (CD)
     (Falsh Disk)                ...
Keyboard adalah peranti untuk
mengetik atau memasukkan
huruf, angka, atau simbol
tertentu ke perangkat lunak atau
sistem o...
Scanner merupakan suatu alat yang
digunakan untuk memindai suatu
bentuk maupun sifat benda, seperti
dokumen, foto dan lain...
CD-Rom adalah salah satu bagian hardware
computer yang berfungsi hanya untuk
membaca file yang terdapat dalam CD. dan
CD-R...
Voice input adalah input yang
digunakan untuk menampilkan
suara kedalam komputer.
Casing adalah sebagai tempat berdirinya
hardware komputer, seperti motherboard,
prosesor, hardisk, power supply dan
sebaga...
Motherboard adalah papan sirkuit yang
menjadi pusat bagi sistem komputer
yang di dalamnya ditanamkan berbagai
komponen yan...
Memory      Komputer,     biasanya
disebut dengan istilah : computer
storage, computer memory atau
memory,      merupakan ...
Card I/O adalah sebuah card yang
berfungsi         menghubungkan
motherboard dengan alat input dan
alat output.




Kartu ...
Monitor atau sering kita sebut Layar
tampilan Komputer. Istilah monitor
biasanya digambarkan pada sebuah
kotak layar yang ...
Speaker membawa sinyal elektrik
dan mengubahnya kembali menjadi
getaran untuk membuat gelombang
suara.
Hardisk adalah perangkat metal yang
biasanya ada di dalam sebuah komputer.
karena Hardisk merupakan satu-satunya
perangkat...
USB flash drive (sering juga disebut
Flashdisk atau UFD) adalah alat
penyimpanan data memori flash tipe
NAND yang memiliki...
DVD adalah sejenis cakram optik yang
dapat digunakan untuk menyimpan
data, termasuk film dengan kualitas video
dan audio y...
Kelas x bab 1 1.2
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kelas x bab 1 1.2

3,977 views

Published on

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,977
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
474
Actions
Shares
0
Downloads
203
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelas x bab 1 1.2

  1. 1. 1.2 Perangkat Keras Komputer (Hardware) Berdasarkan kegunaannya perangkat keras komputer digolongkan kedalam empat bagian utama, yaitu :
  2. 2. 1. Unit Masukan (Input) Adalah alat untuk memasukan data ataupun program untuk diolah oleh komputer sehingga menjadi sebuah informasi. Contohnya : a. Keyboard b. Mouse
  3. 3. 1. Unit Masukan (Input) Lanjutan c. Scaner d. Floppy disk Drive e. CD-ROOM dan CD-RW f. DVD-ROOM dan DVD-RW
  4. 4. 1. Unit Masukan (Input) Lanjutan g. Voice Input
  5. 5. 2. Unit Proses Unit proses yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan pengatur suatu sistem yang mengolah data sehingga menghasilkan suatu informasi. Perangkat-perangkat alat proses beserta kelengkapannya yaitu : a. Casing b. Power Suplay
  6. 6. 2. Unit Proses Lanjutan c. Motherboard d. Processor e. Memory f. VGA Card
  7. 7. 2. Unit Proses Lanjutan g. I/O Card h. Sound Card
  8. 8. 3. Unit Keluaran (Output) Adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Contohnya : a. Monitor b. Printer
  9. 9. 3. Unit Keluaran (Output) Lanjutan c. Speaker
  10. 10. 4. Unit Penyimpanan Adalah suatu media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu panjang sehingga suatu saat data tersebut dapat diambil atau dibaca kembali. Contohnya : a. Hard Disk b. Disket (Floppy Disk) Biasaya Kapasitasnya 1,44 MB
  11. 11. 4. Unit Penyimpanan Lanjutan c. USB Flash Drive d. Compac Disk (CD) (Falsh Disk) Kapasitasnya 700 MB e. Digital Video Disk (DVD) Kapasitanya 4 GB
  12. 12. Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik.
  13. 13. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah.
  14. 14. CD-Rom adalah salah satu bagian hardware computer yang berfungsi hanya untuk membaca file yang terdapat dalam CD. dan CD-RW adalah salah satu bagian hardware computer yang berfungsi untuk membaca file yang terdapat dalam CD, selain itu dapat memasukan data/file kedalam CD. DVD-Rom adalah salah satu bagian hardware computer yang berfungsi hanya untuk membaca file yang terdapat dalam CD dan DVD saja. dan DVD-RW adalah penggabungan fungsi dari CD-Rom, CD-RW dan DVD Rom yaitu bisa membaca file dalam CD dan DVD, serta bisa memasukan data/file kedalam CD dan DVD.
  15. 15. Voice input adalah input yang digunakan untuk menampilkan suara kedalam komputer.
  16. 16. Casing adalah sebagai tempat berdirinya hardware komputer, seperti motherboard, prosesor, hardisk, power supply dan sebagainya. Power Supply adalah pemasok utama daya listrik ke komponen-komponen sebuah komputer. Perangkat komputer seperti Processor, mainboard, memory, hardisk, VGA, CD/DVD, dan komponen lain yang terpasang didalam sebuah casing hanya akan bekerja bila didukung oleh satu perangkat penting yaitu Power Supply.
  17. 17. Motherboard adalah papan sirkuit yang menjadi pusat bagi sistem komputer yang di dalamnya ditanamkan berbagai komponen yang menyusun sistem komputer yang sangat penting, dan juga menyediakan konektor sebagai tempat untuk menghubungkan komponen lainnya. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
  18. 18. Memory Komputer, biasanya disebut dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis unit ditampilkan di layar monitor.
  19. 19. Card I/O adalah sebuah card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output. Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
  20. 20. Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.
  21. 21. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara.
  22. 22. Hardisk adalah perangkat metal yang biasanya ada di dalam sebuah komputer. karena Hardisk merupakan satu-satunya perangkat yang bisa menyimpan data pada saat komputer tidak dalam keadaan menyala (tentunya disamping beberapa perangkat penyimpanan external lainnya). Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau atau persegi panjang. Kapasitas umum adalah 1,44 MB.
  23. 23. USB flash drive (sering juga disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 MB sampai 512 GB. CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB.
  24. 24. DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini mencapai 4,7 GB – 8 GB.

×