TRYOUT 4 BHS INDONESIA PAKET D

3,448 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,448
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
330
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

TRYOUT 4 BHS INDONESIA PAKET D

  1. 1. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 1 Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2, bacalah dengan cermat! Banyak manfaat tersenyum bagi kesehatan tubuh dan jiwa seseorang. Melalui tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ini disebabkan saat kita tersenyum tubuh kita akan merasa lebih rileks sehingga daya tahan tubuh kita meningkat seiring aktivitas tersenyum yang kita lakukan. Dengan tersenyum akan membuat suasana hati kita menjadi semakin baik sehingga kita akan terlihat tampak lebih muda dan terlihat tampak lebih sehat. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah ... . A. sistem kekebalan tubuh seseorang B. manfaat tersenyum bagi kesehatan C. daya tahan tubuh setelah tersenyum D. sebab-sebab seseorang tersenyum E. cara tersenyum yang menyehatkan 2. Apa manfaat tersenyum bagi kesehatan tubuh? Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ... . A. Dengan tersenyum terlihat lebih muda. B. Aktivitas tersenyum sering kita lakukan. C. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh. D. Tubuh kita akan semakin lebih rileks. E. Tersenyum dapat dilakukan oleh setiap orang. Teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4, bacalah dengan cermat! (1) Ulos memiliki peranan yang sangat penting di dalam adat suku di Provinsi Sumatera Utara. (2) Kain tenunan khas Batak berwujud selendang itu merupakan lambang ikatan kasih sayang. (3) Tidak mengherankan jika di dalam upacara adat Batak selalu ada saat-saat menyelempangkan ulos kepada anak atau tokoh yang dihormati. (4) Untuk lebih memeriahkan upacara adat Batak, sering ditampilkan Tarian Tor Tor. (5) Hal itu dilakukan sebagai simbol penghormatan dan kasih sayang. 3. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor … . A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 4. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah … A. Menjelaskan penggunaan ulos pada suku Batak. B. menjelaskan peranan ulos dalam suku Batak. C. Menghimbau masyarakat untuk mengenal ulos. D. Memberitahukan cara menyelempangkan ulos. E. Menjelaskan asal-usul ulos di Sumatra Utara. Teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6. Bacalah dengan cermat! (1) Kepedulian untuk menghemat air bersih sangat diperlukan demi kelangsungan kehidupan kita dan kehidupan generasi penerus di masa yang akan datang. (2) Aktivitas kehidupan kita sehari-hari banyak melibatkan air bersih. (3) Air bersih kita gunakan mulai dari mandi hingga mencuci pakaian. (4) Dalam mencuci pakaian, biasanya kita membilas cucian tersebut hingga tiga kali agar benar-benar bersih. (5) Hal itu boleh saja dilakukan, tetapi kita perlu waspada karena Indonesia akan terancam krisis air bersih pada tahun 2025.
  2. 2. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 2 5. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 6. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah … A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (2) dan (4) D. (3) dan (5) E. (4) dan (5) Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8, bacalah dengan cermat! (1)Kondisi jalan raya di sepanjang pantura sangat memprihatinkan. (2)Banyak jalan yang rusak dan berlubang bahkan beberapa ruas jalan di sana tidak memiliki drainase. (3) Hal itu mengakibatkan jalan rusak karena genangan air selama musim hujan. (4)Para pengguna kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor harus lebih berhati-hati agar tidak terjebak oleh lubang yang ada di beberapa ruas jalan tersebut. (5)Mereka juga dianjurkan untuk tidak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi karena banyak sambungan jalan yang kurang baik sehingga membuat para pengguna jalan akan merasakan guncangan yang cukup keras. 7. Kalimat opini dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor … A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (5) D. (3) dan (4) E. (4) dan (5) 8. Arti istilah drainase (yang bercetak miring) dalam paragraf tersebut adalah …. A. saluran air B. kebersihan lingkungan C. lubang air D. petugas kebersihan E. tempat air Bacalah kutipan biografi berikut! Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono dikenal sebagai salah seorang sastrawan yang memberi sumbangan besar kepada kebudayaan masyarakat modern di Indonesia. Salah satu sumbangan terbesar Guru Besar Fakultas Sastra UI ini adalah melanjutkan tradisi puisi lirik dan berupaya menghidupkan kembali sajak empat seuntai atau kwatrin yang sudah muncul di zaman para pujangga baru seperti Amir Hamzah dan Chairil Anwar. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair, karena dia berkenalan dengan puisi secara tidak disengaja. Sejak masih belia putra Sadyoko dan Sapariyah itu, sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisannya. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra, sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di UGM, fakultas sastra. Anak sulung dari dua bersaudara abdi dalem Keraton Surakarta itu mungkin mewarisi kesenimanan dari kakek dan neneknya. Kakeknya dari pihak ayah pintar membuat wayang—hanya sebagai kegemaran— dan pernah memberikan sekotak wayang kepada sang cucu.
  3. 3. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 3 9. Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah … A. Sastrawan yang melanjutkan puisi lirik dan menghidupkan sajak empat seuntai. B. Memiliki kakek seorang guru yang gemar membuat wayang. C. Sejak kecil aktif menulis puisi seperti Amir Hamzah dan Chairil Anwar. D. Penyair pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. E. Seorang penyair yang gemar pada sastra sejak ia masih duduk di bangku SMP. Cermatilah tabel berikut! SURVEI BIAYA HIDUP PER BULAN PADA SEMESTER 2 TAHUN 2013 (dalam jutaan) 10. Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ... A. Pada bulan Juli biaya hidup mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. B. Biaya hidup pada bulan September lebih besar daripada bulan Oktober. C. Biaya hidup bulan November mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. D. Biaya hidup pada bulan Oktober lebih besar daripada bulan Agustus. E. Biaya hidup dari bulan September - Desember selalu mengalami peningkatan. 11. Simpulan isi tabel tersebut adalah … A. Biaya hidup setiap bulan mengalami kenaikan sangat dratis. B. Biaya hidup setiap orang mengalami penurunan. C. Biaya hidup dari Juli - Desember tidak stabil. D. Biaya hidup selalu mengalami kenaikan, kecuali bulan September. E. Biaya hidup dari Juli - Desember selalu mengalami kenaikan. 0 1 2 3 4 5 6 Series 1 Series 2 Series 3
  4. 4. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 4 Kutipan tajuk rencana berikut untuk soal no. 12 dan 13, bacalah dengan cermat! Berbagai bencana dan musibah sedang dialami bangsa Indonesia, seperti; tanah longsor, banjir bandang, hingga gunung meletus. Kondisi itu harus dijadikan pelajaran bagi mereka yang jauh dari bencana tersebut untuk mensyukuri dengan melakukan aktivitas yang bernilai dan bermanfaat. Misalnya, menjadi donatur yang kini sedang ditunggu warga Sinabung. Mereka menderita karena harus hidup di pengungsian, mungkin sedang resah memikirkan nasib mereka ke depan, dan dalam ketidakpastian. Keadaan seperti itu membuat mereka semakin menderita. Mereka sangat memerlukan bantuan dan uluran tangan pemerintah terutama untuk kejelasan masa depan mereka. Semoga pemerintah pusat bisa memberikan harapan dan memenuhi kebutuhan mereka. 12. Opini penulis tajuk dalam teks tersebut adalah … A. Musibah dan bencana merupakan pelajaran yang sangat berharga. B. Kita harus mensyukuri musibah dan bencana yang sedang kita hadapi. C. Berbagai penderitaan dialami oleh para pengungsi gunung Sinabung. D. Para pengungsi Sinabung sedang resah dan menderita memikirkan nasib mereka. E. Pemerintah diharapkan bisa memenuhi kebutuhan hidup para pengungsi Sinabung. 13. Pihak yang dituju dalam kutipan tersebut … A. para donatur B. masyarakat desa C. pengungsi Sinabung D. bangsa Indonesia E. pemerintah pusat Kutipan sastra Melayu Klasik berikut untuk soal nomor 14 dan 15, bacalah dengan cermat! Adapun raja di Kota Maligai itu namanya Paya Tu Kerub Mahajana. Maka Paya Tu Kerub Mahajana pun beranak seorang laki-laki, maka dinamai anakanda baginda itu Paya Tu Antara. Hatta berapa lamanya maka Paya Tu Kerub Mahajana pun matilah. Syahdan maka Paya Tu Antara pun kerajaanlah menggantikan ayahanda baginda itu. Ia menamai dirinya Paya Tu Naqpa. Selama Paya Tu Naqpa kerajaan itu sentiasa ia pergi berburu. Pada suatu hari Paya Tu Naqpa pun duduk diatas takhta kerajaannya dihadap oleh segala menteri pegawai hulubalang dan rakyat sekalian. Arkian maka titah baginda: “Aku dengar khabarnya perburuan sebelah tepi laut itu terlalu banyak konon.” Maka sembah segala menteri: “Daulat Tuanku,sungguhlah seperti titah Duli Yang Mahamulia itu, patik dengar pun demikian juga.” Maka titah Paya Tu Naqpa: “Jikalau demikian kerahkanlah segala rakyat kita. Esok hari kita hendak pergi berburu ke tepi laut itu.” Maka sembah segala menteri hulubalangnya:”Daulat Tuanku, mana titah Duli Yang Mahamulia patik junjung.” (Hikayat Patani) 14. Hal yang menunjukkan karakteristik sastra Melayu Klasik berupa istanasentris berdasarkan teks tersebut adalah … A. Raja duduk di atas takhta kerajaannya dihadap menteri, hulubalang, dan rakyat. B. Cerita mengisahkan kehidupan Sang Raja dan permasurinya di istana. C. Penggunaan kata ”Maka” di awal kalimat dan kata ganti ”hamba.” D. Struktur ceritanya sangat sulit dipahami oleh pembaca.
  5. 5. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 5 E. Isi cerita pada umunya berupa nasihat untuk para pembaca. 15. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah … . A. Patuh kepada perintah pemimpin. B. Menggantikan ayah yang telah meninggal. C. Menemani raja pergi berburu. D. Seorang anak laki-laki diangkat menjadi raja. E. Bermusyawarah dalam mengambil sebuah keputusan. Kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 16 s.d. 18 (1) Zafran mengalungkan tangannya ke leher Ian, ternyata ada yang bikin quotation seindah Ian. (2) Achiles pun takluk, jari Arial tiba-tiba berhenti membuat lingkaran di lapangan semen dan menatap Ian dalam. (3) ”Ian nggak salah juga lagi. Ia Cuma belum ngerti” Riani berkata pelan dan lembut...semuanya menatap kelembutan Riani dan setuju dengan Riani. (4) Di sinilah saatnya wanita dibutuhkan dengan kelembutannya itu, Riani sepertinya telah menjadi jagoan di antara mereka berlima. (5) ”Ia gue sibuk sendiri, sibuk jadi Genta, sibuk jadi Zafran, sibuk jadi Arial, sibuk sama semua yang kalian suka, padahal kan sebenarnya ada yang gue nggak suka dan ada yang suka sendiri, yang elo pada nggak suka”. (6) ”Tapi kan ada yang lebih penting dari sekadar selera...,” Genta ngomong pelan dan melanjutkan, ”yang penting kan kita bareng-bareng terus berlima...menghargai pendapat semuanya, selera semuanya, ketawa buat semuanya, sedih buat semuanya. (7)Lagian kita jangan pernah saklek bilang nggak suka sesuatu karena nggak ada yang saklek dan pasti di dunia ini; semuanya berubah. (8)Satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian,” Genta berfilosofi mengutip kata-kata Albert Einstein. (5 cm, Donny Dhirgantoro) 16. Watak tokoh Genta berdasarkan kutipan novel tersebut adalah … A. lemah lembut B. setia kawan C. agak sombong D. besar hati E. sangat ramah 17. Pendeskripsian watak tokoh Aku diungkapkan melalui … A. perilaku tokoh B. dialog antartokoh C. lukisan tempat tinggal tokoh D. jalan pikiran tokoh E. tuturan langsung pengarang 18. Kalimat pembuktian latar tempat dalam kutipan tersebut terdapat pada kalimat … A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
  6. 6. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 6 Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20. Setelah puas memandang keadaan rumah yang sangat menarik hati Nasrun itu, ia pun berjalan pula. Sambil menarik napas, Nasrun berkata dalam hatinya, ”Alangkah senang hidup orang Belanda suami istri itu. Anak sebagai anak balam, seekor jantan, seekor betina. Hidup sentosa tinggal pada sebuah gedung yang amat bagus. Kesusahan hidup sebagai aku ini, tentu tak ada pada mereka itu, karena gaji besar dan berlebih-lebihan. Mereka hidup seperti dalam surga, segalanya ada, tak ada yang dirusuhkan, sungguh iri hatiku melihatnya! Dia di negeri orang demikian senangnya, tetapi aku di negeriku sendiri begini jadinya.” (Tidak Membalas Guna, Tulis Sutan Sati) 19. Konflik yang dialami tokoh Nasrun pada kutipan novel tersebut adalah ... A. Menyalahkan kehidupan yang dialami orang lain. B. Sedih melihat kehidupan orang asing di negeri sendiri. C. Penyesalan atas kehidupan yang telah dilakukannya. D. Ingin memperoleh kebahagiaan seperti orang lain. E. Merenungi dalam hati kesusahan hidup sehari-hari. 20. Keterkaitan watak tokoh Nasrun dengan kehidupan masa kini adalah ... A. Sakit hati jika melihat orang lain hidup berbahagia. B. Mencontoh kehidupan orang lain yang ada di sekitar kita. C. Setiap orang menginginkan kehidupan yang lebih baik. D. Meminta gaji besar untuk menafkahi keluarga. E. Bekerja keras agar mendapatkan kesejahteraan. Cermati kutipan naskah drama berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22! Van Dijk :”Ingatlah, Tuan bertanggung jawab atas kematian mereka. Kalau tuan Percaya pada perhitungan setelah mati nanti, Tuan harus berpikir sekarang, apa yang akan Tuan pertanggungjawabkan kelak kepada Tuhan.” Moertomo : ”Kami adalah bangsa yang bertakwa kepada Tuhan. Adalah keyakinan kami bahwa hak-hak yang diberikan kepada kami oleh Tuhan harus kami bela. Bagi kami, tanah air adalah amanat Tuhan. Kami wajib menjaga dan menyelamatkannya. Perjuangan ini adalah perjuangan untuk menegakkan keadilan Tuhan ...” Van Dijk : ”Tuan mestinya jadi kyai, kapten!” (Bunga-Bunga Bangsa, Emil Sanossa) 21. Watak tokoh Moertono berdasarkan kutipan naskah drama tersebut adalah ... A. ramah B. bijaksana C. sabar D. penakut E. tegas 22. Konflik yang dialami tokoh Van Dijk dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ... A. Mengingatkan seseorang untuk bertobat kepada Tuhan. B. Keinginan untuk menjadi seseorang yang lebih baik. C. Takut terhadap hukuman yang akan diberikan Tuhan. D. Menyesal ata perbuatan yang telah dilakukan. E. Khawatir akan sikap dan tanggung jawab seseorang.
  7. 7. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 7 . Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 25 HATIKU SELEMBAR DAUN hatiku selembar daun melayang jatuh di rumput nanti dulu, biarkan aku sejenak berbaring di sini ada yang masih ingin ku pandang yang selama ini senantiasa luput sesaat adalah abadi sebelum kau sapu tamanmu setiap pagi 23. Makna lambang kata yang dicetak tebal dalam puisi tersebut adalah … A. Kehidupan yang kurang baik. B. Taman hijau di halaman rumah. C. Tanaman yang tidak dipelihara. D. Tujuan akhir sebuah perjalanan. E. Lapangan tempat bermain 24. Suasana dalam puisi tersebut adalah ... A. sunyi B. sedih C. rindu D. kecewa E. sepi 25. Maksud isi puisi tersebut adalah ... A. Seseorang yang telah melupakan kewajibannya untuk beribadah. B. Pekerjaan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh masyarakat. C. Kehidupan seseorang di dunia yang fana selalu terlupakan. D. Suasana duka mencekam menghinggapi perasaan penyair. E. Kesempatan terakhir bagi seseorang untuk bertobat. 26. Cermati pantunberikut! Pergi ke Bali naik pesawat Ditemani seorang direktur Jika kita ingin sehat . . . Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... . A. Makanlah secara teratur B. Jangan tidur sambil mendengkur C. Kita harus memperbanyak tidur D. Tidak boleh berjalan mundur E. Kita boleh melupakan sayur 27. Cermati gurindam berikut! Apabila banyak berkata-kata Di situlah jalan masuk dusta Maksud isi gurindam tersebut adalah ... . A. Orang yang banyak bicara berpeluang untuk berdusta.
  8. 8. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 8 B. Orang yang banyak bicara sudah pasti banyak dusta. C. Orang banyak berdusta karena telah banyak berbicara. D. Orang yang banyak bicara harus bisa menutupi kebohongan. E. Orang berdusta dalam bicara akan melakukan kebohongan 28. Cermati kalimat-kalimatberikut! (1) Namun, menyandang sebagai wanita karir ternyata memberikan kosekuensi yang tidak kecil. (2) Saai ini, peran wanita Indonesia telah bergeser dari peran tradisional menjadi modern. (3) Hal itu dikarenakan ada dua kegiatan utama seringkali menyita waktu, tenaga, dan pemikiran yang membuat wanita rentan terhadap gangguan kesehatannya . (4) Mereka tidak hanya berperan mengurus rumah tangga, tetapi juga memiliki peran lain sebagai wanita karir hampir di setiap bidang pekerjaan. (5) Maka, menjadi wanita yang sukses baik dalam karir, rumah tangga, maupun kesehatan merupakan hal yang luar biasa. Urutan yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah … A. (1),(2), (4), (3), dan (5) B. (2),(3), (1), (5), dan (4) C. (2),(4), (1), (3), dan (5) D. (3),(4), (1), (2), dan (5) E. (4),(2), (3), (5), dan (1) 29. Cermati paragraf berikut! Data dinas perhubungan mengungkapkan bahwa angka kecelakaan pada tahun 2010 terjadi sebanyak 2000 kasus. Pada tahun 2011 terjadi sebanyak 3500 kasus. Dan tahun 2012 terjadi 5300 kasus kecelakaan. Sementara, pada tahun 2013 mencapai 6100 kasus. . . . Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ... A. Jadi, kita semestinya berhati-hati dalam berlalu lintas di jalan raya agar terhindar dari kecelakaan. B. Jadi, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan dalam empat tahun terakhir. C. Karena itu, anak yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi tidak boleh mengendarai kendaraan. D. Hal itu menunjukkan bahwa masih banyak pengendara yang belum berhati-hati dalam berlalu-lintas. E. Dinas perhubungan harus bertanggung jawab atas banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan raya. 30. Cermati paragraf yang rumpang berikut! Musuh kita saat beristirahat di kamar tidur bukan hanya nyamuk. Kutu busuk juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak mengganggu istirahat kita. Kutu busuk pandai menyembunyikan diri. Serangga kecil ini suka menyelinap di celah-celah kasur, sudut-sudut tempat tidur, atau bersembunyi di balik sprai. Keberadaan kutu busuk juga berbahaya karena bisa mengundang alergi dan beberapa penyakit. ...
  9. 9. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 9 Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah … A. Memang kutu busuk merupakan serangga yang harus dibasmi karena menimbulkan penyakit kulit. B. Jadi, masyarakat yang mampu akan memilih menggunakan kasur busa sehingga terhindar dari kutu busuk. C. Oleh karena itu, membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi kesehatan kita. D. Masyarakat Jakarta banyak yang tidak mengenal kutu busuk karena lingkungan mereka umumnya bersih. E. Pemprov DKI selalu memberikan penyuluhan kepada warganya untuk menjaga kesehatan. 31. Cermati silogisme berikut! Premis Umum : Setiap siswa yang ingin sukses harus mampu menggali potensi diri. Premis Khusus : Arin adalah siswa yang ingin sukses. Simpulan : ... Kalimat simpulan silogisme tersebut adalah … A. Arin harus menggali potensi diri agar sukses. B. Arin selalu berupaya menggali potensi diri. C. Arin harus mampu menggali potensi diri. D. Arin akan sukses jika menggali potensi diri. E. Arin menggali potensi diri karena sukses. 32. Cermati naskah pidatoberikut! Hadirin yang berbahagia, Hipertensi masih merupakan hal yang mengkhawatirkan banyak pihak terutama pemerintah. Hal itu disebabkan sampai saat ini hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menyumbangkan angka kematian tinggi di masyarakat. Banyak penderita hipertensi disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak baik. . . . Kalimat persuasif untuk melengkapi naskah pidato tersebut adalah … A. Marilah, kita jaga kesehatan dengan memperbaiki gaya hidup kita . B. Janganlah masyarakat menyia-nyiakan kehidupan yang ada di sekitar kita. C. Kehidupan yang sehat tidak bisa lepas dari pemeliharaan kesehatan. D. Masyarakat harus melaksanakan olah raga setiap pagi. E. Mari kita menyempatkan olah raga agar umur kita panjang. 33. Cermati paragrafberikut! Hidroponik kini menjadi ... baru di wilayah perkotaan. Hidroponik banyak digemari di perkotaan karena lahan semakin sempit. Kini, sebagian pencinta hidroponik mulai melirik ke ranah bisnis, tidak lagi hanya ... hobi. Mereka bertanam aneka sayuran dan mampu memenuhi ... sayuran ke restoran. Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … A. trend, sekedar, suplei B. trend, sekedar, suplay C. tren, sekadar, suplei D. tren, sekedar, suplai E. tren, sekadar, suplai
  10. 10. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 10 34. Cermati paragraf berikut! Sampah yang menjijikkan dapat diolah sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi. Kegiatan mengolah sampah menjadi kompos harus ... di masyarakat agar menjadikan sampah sebagai sumber ekonomi. Namun, terlebih dahulu masyarakat harus dapat memisahkan sampah organik dan anorganik. Langkah ini mampu ... gaya hidup masyarakat dan mengajak mereka untuk hidup sehat. Dengan memberinya nilai ekonomis, sampah akan dilihat warga kelas bawah yang berpenghasilan minim sebagai peluang untuk ... rezeki. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … A. ditumbuhkembangkan, mengubah, menambahi B. ditumbuhkembangkan, mengubah, menambah C. tumbuh kembang, merobah, menambah D. bertumbuhkembang, merubah, bertambah E. bertumbuh kembang, diubah, menambahkan 35. Cermati paragraf berikut! Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Demikian ungkapan populer yang kerap dilontarkan untuk menekankan pentingnya mencari ilmu. Namun, dalam hal ilmu lari, ada tempat yang lebih tepat untuk menimbanya, yakni Kenya. Itulah yang saat ini sedang dijalani enam belas pelari muda Cina. Cina terus mencari ... baru dengan menyekolahkan ... ke Kenya. Rencananya setelah berguru di Kenya, mereka akan berlatih ... selama dua bulan sebelum pulang ke Cina. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … A. terobosan-terobosan, pelari-pelari, terus-terusan B. terobosan-terobosan, pelari-pelarinya, terus-menerus C. terobos-terobosan, pelari-pelarinya, terus-terusan D. terosbos-terobosan, pelari-pelari, terus-terusan E. terobosan-terobosan, pelari-pelari, terus-terus 36. Cermati paragraf berikut! Manfaat membaca ternyata belum dirasakan oleh sebagian masyarakat kita. Padahal, membaca merupakan ... untuk menambah wawasan, menyerap informasi, dan mempertajam nalar kita. Itulah sebabnya kegiatan membaca harus dimulai sejak usia dini yang diawali dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Gemar membaca harus diterapkan di berbagai kalangan. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … . A. ujung pangkal B. induk semang C. tulang punggung D. akar masalah E. jendela ilmu 37. Cermati ilustrasi berikut! Jika kita mengikuti Trip Observasi (TO) ke desa, ada beberapa ketentuan yang harus kita ikuti. Ketentuan tersebut diantaranya adalah menebar senyum dan memberi salam bila bertemu dengan warga desa. Buat yang cerewet harus mengecilkan volume saat bercanda atau tertawa. Kita juga harus memahami tradisi dan kebiasaan sehari- hari yang hidup di desa tersebut. Kebiasaan kita di perkotaan tidak boleh langsung
  11. 11. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 11 diterapkan di desa karena belum tentu dapat diterima oleh warga desa. Intinya kita harus bisa berbaur dengan warga desa seperti diungkapkan dalam peribahasa . . . . Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …. A. harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading B. kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak C. menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri D. di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung E. tangan mencencang bahu memikul 38. Cermati paragraf berikut! Presiden mengatakan bahwa peranan pers sebagai pilar pengawal demokrasi ... . Beliau ... adanya kebebasan pers. Namun, beliau mengingatkan agar pers betul-betul memiliki sikap bertanggung jawab. Pemberitaan harus berdasarkan itikad baik yang merupakan sendi utama jurnalistik. Para jurnalis ... kode etik jurnalistik. Hal itu disampaikan Presiden dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional 2014 di Bengkulu. Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. A. akan baik, telah mendukung, sedang memahami B. penting sekali, akan mendukung, akan memahami C. besar sekali, telah mendukung, kurang memahami D. sangat besar, sangat mendukung, harus memahami E. sangat terasa, pasti mendukung, hanya memahami 39. Cermati paragraf berikut! Perpustakaan Nasional akan tetap memberikan pelayanan meskipun bencana banjir melanda berbagai wilayah. Mobil perpustakaan keliling akan mengunjungi tempat- tempat pengungsian sehingga anak-anak tetap dapat menikmati buku-buku berkualitas. Kondisi ini memang cukup memprihatinkan karena berdampak pada kondisi buku-buku yang ada. dan Perpustakaan Nasional akan tetap berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … . A. dan, bagi, jadi B. dan, supaya, tetapi C. bahkan, agar, padahal D. walaupun, agar, namun E. tetapi, untuk, bahwa 40. Cermati paragraf berikut! Hampir setiap anak menyenangi storberi. Buah tersebut merupakan anti oxidan yang hebat, namun para peneliti mengatakan bahwa ini adalah penelitian pertama yang menemukan bahwa stroberi dapat mengatasi faktor risiko terkait penyakit kardiovaskular. Kendati para peneliti mengakui bahwa mereka tidak mengetahui secara persis senyawa apa yang memberikan efek positif tersebut, para peneliti percaya bahwa antosianinlah senyawa yang dimaksud. Antosianin adalah pegment yang memberikan warna-warna tertentu seperti merah pada buah dan sayuran. Dalam penelitian lain, tim peneliti menemukan bahwa makan stroberi juga dapat melindungi tubuh dari radiator ultraviolet, mengurangi kerusakan pada mukosa lambung akibat minum minuman beralkohol.
  12. 12. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 12 Istilah yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah … . A. antibodi, pigmentasi, reaksi B. antioksidasi, pigmentasi, radikal C. antioksidan, pigmen, radiasi D. antioksigen, pigmentator, respons E. antigen, pegmentasi, responsi 41. Cermati iklan lowongan pekerjaan berikut! LOWONGAN KERJA Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi membutuhkan tenaga sekretaris, dengan persyaratan; minimal SMA, usia maks 25 tahun, mahir berbahasa Inggris, dan komputer. Lamaran ditujukan ke PT Ananda, Jalan Perjuangan 11, Jakarta (Medikom, 15 April 2014) Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tersebut adalah … . A. Sesuai iklan di Medikom, 15 April 2014, oleh sebab itu saya tertarik bekerja di perusahaan Bapak tersebut, mudah-mudahan Bapak dapat memperkerjakan saya. B. Berdasarkan iklan yang dimuat di Medikom, 15 April 2014, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. C. Karena saya telah berpengalaman, saya sangat berminat mengisi lowongan kerja di perusahaan bapak/ibu yang sedang membutuhkan sekretaris. D. Dengan ini saya ajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu untuk mengisi lowongan sebagai sekretaris sesuai iklan di Medikom, 15 April 2014. E. Dengan membaca iklan yang dimuat Medikom, 15 April 2014, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris dengan harapan dapat diterima, 42. Cermati ilustrasi berikut! OSIS SMA Budimulya 1 akan mengadakan Pameran Lukisan karya siswa dalam rangka memperingati Hari Kartini. Ketua OSIS mengundang pengurus kelas untuk menghadiri rapat persiapan acara tersebut. Rapat akan dilaksanakan hari Jumat, 28 Maret 2014, pukul 13.00 – 15.00, bertempat di Ruang OSIS. Penulisan pemerian yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah … A. Kami mengharapkan Saudara untuk hadir pada hari/tanggal : Jumat, 28 Maret 2014 pukul : 13.00 s/d 15.00 tempat : ruang OSIS B. Kami mengharapkan Saudara untuk hadir pada Hari/tanggal : Jumat/28 Maret 2014 Pukul : 13.00 s.d. 15.00 Tempat : Ruang OSIS C. Kami mengharapkan Saudara untuk hadir pada Hari dan tanggal : Jumat, 28 Maret 2014 Pukul : 13.00 – 15.00 Tempat : ruang OSIS
  13. 13. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 13 D. Kami mengharapkan Saudara untuk hadir pada hari, tanggal : Jum’at, 28 Maret 2013 pukul : 13.00 – 15.00 tempat : ruang OSIS E. Kami mengharapkan Saudara untuk hadir pada hari, tanggal : Jumat, 28 Maret 2014 pukul : 13.00 – 15.00 tempat : Ruang OSIS 43. Cermati judul karya tulis berikut! Mereka telah selesai menyusun penelitian tentang ”Krisis listrik dan air bersih memperburuk perekonomian di Indonesia.” Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah … A. Krisis listrik dan air bersih memperburuk perekonomian di Indonesia B. Krisis Listrik Dan Air Bersih Memperburuk Perekonomian Di Indonesia C. Krisis Listrik dan Air Bersih Memperburuk Perekonomian Di Indonesia D. Krisis Listrik dan Air bersih Memperburuk Perekonomian di Indonesia E. Krisis Listrik dan Air Bersih Memperburuk Perekonomian di Indonesia 44. Cermati topik karya tulis berikut! Topik karya tulis : menanamkan kepekaan sosial pada generasi muda Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah … A. Kini, generasi muda cenderung lebih egois dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. B. Kita harus belajar menanamkan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungannya. C. Bangsa Indonesia terkenal dengan sikap gotong royong dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. D. Generasi muda Indonesia sangat peka terhadap masalah yang sedang terjadi di lingkungannya. E. Generasi muda sebagai asset bangsa harus lebih peduli terhadap masyarakat di sekitarnya. 45. Cermati topik karya tulis berikut! Topik karya tulis : pola asuh anak pada era digital Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ... A. Bagaimana menerapkan pola asuh anak pada era digital? B. Mengapa harus menerapkan pola asuh anak pada era digital? C. Kapan kita menerapkan pola asuh anak pada era didital? D. Sejauh mana menerapkan pola asuh anak pada era digital? E. Siapa yang menerapkan pola asuh anak pada era digital? 46. Cermati puisi berikut! HUTAN KELABU Kau pun kekasihku Langit di mana berakhir setiap pandangan Bermula kepedihan rindu ini
  14. 14. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 14 Temaram kepadaku semata Memutih dari seribu warna ... Lalu kelabu menabuh nyanyian (Sapardi Djoko Damono) Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ... A. Awan hitam mulai terlihat B. Udara desa terasa sejuk C. Hujan senandung dalam hutan D. Menjadi lukisan mewah E. Cahaya dari sinar matahari 47. Cermati naskah drama berikut! Ibu Syaroffah : ”Dari mana aja kamu, Nak, kok baru pulang?” Abduh : ”Belajar, Bu.” Ibu Syaroffah :” Ya sudah, sekarang masuk yuk, kamu pasti laper kan? Sudah ibu siapin makanan kesukaan kamu.” Abduh : ”Ga ah, Abduh masih kenyang, kok. Sekarang Abduh mau istirahat aja.” Ibu Syaroffah : ”… ” Abduh : ”Pokoknya Abduh gak mau, Bu.” Ibu Syaroffah : “ ya, sudah.” Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ... A. Kamu memang sudah makan. B. Jangan terus-menerus belajar. C. Uang jajanmu sudah habis. D. Mari, kita segera laksanakan! E. Kamu harus makan dulu. 48. Cermati ilustrasi berikut! Novel ”Cinta Brontosaurus” karya Raditya Dika berisi tiga belas cerita komedi yang dikemas menjadi sebuah novel. Cerita dalam novel ini mengisahkan pengalaman nyata pengarang tentang percintaannya yang dihiasi dengan komedi yang lugu, lucu, dan konyol. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti. Kalimat resensi yang mengungkapkan kesimpulan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Novel Cinta Brontosaurus layak dijadikan obat penghilang kejenuhan karena ceritanya berisi komedi yang menarik dan lucu. B. Novel Cinta Brontosaurus mengisahkan pengalaman nyata pengarang yang berisi komedi dan percintaan. C. Cinta Brontosaurus merupakan novel komedi yang sangat diminati para pembaca dari kalangan generasi muda. D. Cinta Brontosaurus karya Raditya Dika berisi pengalaman cinta pengarang yang disajikan dalam bentuk komedi. E. Novel Cinta Brontosaurus karya Raditya Dika mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari.
  15. 15. PROGRAM IPA/IPS - B. INDONESIA - PAKET C- TRYOUT MKKS DKI JAKARTA 2013-2014 15 49. Cermati kutipan karya sastra berikut! TAPI Oleh : Sutardji Calzoum Bachri aku bawakan bunga padamu tapi kau bilang masih aku bawakan resahku padamu tapi kau bilang hanya aku bawakan darahku padamu tapi kau bilang cuma aku bawakan mimpiku padamu tapi kau bilang meski aku bawakan dukaku padamu tapi kau bilang tapi aku bawakan mayatku padamu tapi kau bilang hampir aku bawakan arwahku padamu tapi kau bilang kalau tanpa apa aku datang padamu wah ! Kalimat kritik berdasarkan kutipan tersebut adalah ... A. Semua puisi Sutardji Calzoum Bachri menggunakan bahasa sehari-hari dan diksi yang kurang tepat. B. Puisi Tapi karya Sutardji tidak mudah dipahami oleh pembaca karena Sutardji banyak menggunakan bahasa kias. C. Sutardji dalam puisi Tapi menggunakan kata bermakna inkonvensional sehingga maknanya sulit untuk dipahami. D. Puisi Tapi karya Sutardji Calzoum Bachri merupakan salah satu contoh puisi baru karena tidak terikat rima dan bait. E. Sutardji Calzoum Bachri piawai menyusun diksi sehingga menjadi puisi yang disebut oktaf. 50. Cermati kutipan karya sastra berikut! Jalan tanah yang sedang didakinya sudah licin dibasahi air yang menetes dari tubuh Karyamin dan kawan-kawan, yang pulang balik mengangkat batu dari sungai ke pangkalan material di atas sana sehingga medan yang harus ia lewati, amatlah berat. Sedikit saja, ia ceroboh atau lengah, ia bisa terpeleset, dan terjatuh bersama dua keranjang berisi batu yang dipikulnya." ( Ahmad Tohari, Senyum Karyamin) Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan karya sastra tersebut adalah ..... A. Realita masyarakat pedesaan adalah pekerja keras dan tidak pantang menyerah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. B. Jalan tanah yang digambarkan dalam Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari merupakan gambaran alam pedesaan yang masih alami dan sederhana. C. Tidak diragukan lagi bahwa Ahmad Tohari mampu mengungkapkan latar pedesaan yang menarik untuk dibaca oleh masyarakat perkotaan. D. Menurut saya, Ahmad Tohari telah berhasil mengungkapkan gambaran betapa berat dan berisiko pekerjaan yang harus dikerjakan masyarakat di desa. E. Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari mengisahkan tradisi di pedesaan yaitu hidup bergotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan.

×