Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

yusuf

275 views

Published on

pokoke

  • Be the first to comment

yusuf

  1. 1. Husen Asngari N1C 49124385JENIS-JENIS KAPAL
  2. 2. KAPALKapal, adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut seperti halnyasampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawaperahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah Inggris, dipisahkan antara shipyang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapatmembawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnyadimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang danperaturan atau kebiasaan setempat.Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautanyang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampaumenggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muatmaka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal.Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampaumenggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakanbangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karenakebutuhan manusia akan kapal yang kuat. Untuk penggeraknya manusia pada awalnyamenggunakan dayung kemudian angin dengan bantuan layar, mesin uapsetelah munculrevolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapalbermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane.Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.Berabad abad kapal digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang sampaiakhirnya pada awal abad ke-20 ditemukan pesawat terbang yang mampu mengangkutbarang dan penumpang dalam waktu singkat maka kapal pun mendapat saingan berat.Namun untuk kapal masih memiliki keunggulan yakni mampu mengangkut barangdengan tonase yang lebih besar sehingga lebih banyak didominasi kapal niaga dantanker sedangkan kapal penumpang banyak dialihkan menjadi kapal pesiar sepertiQueen Elizabeth dan Awani Dream.
  3. 3. Jenis Kapal Kapal Layar. Pada jenis ini kecepatan kapal tergantung pada adanya angin. Banyak kita jumpai pada kapal-kapal latih dan pada kapal barang tetapi hanya terbatas pada kapal- kapal kecil saja. Kapal Turbin Uap. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin semacam ini sangat rata dan uniform dan pemakaian uap sangat efisien baik pada tekanan tinggi ataupun rendah. Kapal Tanker. Mengingat sifat zat cair yang selalu mengambil posisi yang sejajar dengan garis air, pada waktu kapal mengalami keolengan dan hal ini terjadi pada tangki-tangki yang tak diisi penuh.
  4. 4. Kapal Pemadam Kebakaran. Kapal yang fungsinya membantumemadakan kebakaran pada kapal lain atau kebakaran padadermaga pelabuhan. Operasinya biasanya dilakukan sekitarpelabuhan. Kapal Peneliti ==> Kapal yang fungsinya mengadakan penelitiandi lautan, kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan-peralatanpenelitian. Kapal Perang. Arena fungsinya untuk berperang atau menjagakeamanan maka perencanaan dan konstruksinya lebih ditekankanpada segi kekuatan, sehingga faktor ekonomis kurang mendapatperhatian.
  5. 5. Kapal pesiar adalah kapal penumpang yang dipakaiuntuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiaruntuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yangdilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikanhotel berbintang. Sebagian kapal pesiar memiliki rutepelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asalkeberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidakkembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Kapal pesiar berbeda dengan kapal samudra (oceanliner) yang melakukan rute pelayaran reguler di lautterbuka, kadang antar benua, dan mengantarkan penumpangdari satu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lain. Kapalyang lebih kecil dan surat air kapalyang lebih rendahdigunakan sebagai kapal pesiar sungai.
  6. 6. Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapalyang membawa barang-barang dan muatan dari suatupelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapal jenis inimenyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya -memuat barang-barang perdagangan internasional. Kapalkargo pada umumnya didesain khusus untuktugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnyauntuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran.

×