Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sistem Pernafasan Manusia

Mengenai Sistem Pernafasan Manusia,pelajaran kelas 7 SMP

  • Be the first to comment

Sistem Pernafasan Manusia

  1. 1. SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELOMPOK 4: - ALFIYAH DHIYA ATIKA - RASYID KHALIFA - BAGOES NUGROHO
  2. 2. Mekanisme pernafasan Pertama kali oksigen masuk melalui hidung lalu masuk ke faring lalu ke trakhea dan masuklah ke paru- paru di dalam bronkus.
  3. 3.  ORGAN PERNAFASAN 
  4. 4. Ini adalah bronkus atau cabang dari trakhea (tenggorokan).Fungsinya menyalurkan udara ke bronkiolus. Inilah cabang dari bronkus yg bernama bronkiolus.Di sini terjadi pertukaran udara.Dan di ujungnya terdapat alveolus.
  5. 5. Di dalam paru-paru inilah terjadi banyak proses dalam pernafasan.Termasuk 2 organ tadi Trakea adalah nama lain dari tenggorokan,di sana okseigen yg masuk disaring sebelum menuju ke bronkus. Faring adalah persimpangan antara tenggorokan& kerongkongan.
  6. 6. Laring adalah organ yg melindungi trakhea,organ ini juga terlibat dalam produksi suara. Alveolus adalah bentuk jamak dari alveoli yaitu gelembung2 kecil di ujung bronkiolus
  7. 7. ekspirasi&inspirasi • Ekspirasi adalah proses pengeluaran oksigen • Inspirasi adalah proses pengambilan oksigen MAAF GAK ADA GAMBAR   
  8. 8.  PENYAKIT ORGAN PERNAFASAN   Asma  • Kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi seperti debu,bulu,ataupun rambut.Kelainan ini dapat diturunkan.Kelainan ini juga dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.  Pneumonia  • Penyakit infeksi yg terjadi karena alveoli meradang&terisi cairan.Biasanya diakibatkan oleh virus,bakteri,jamur, kepedihan zat-zat kimia atau cedera jasmani pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya
  9. 9.  PENYAKIT ORGAN PERNAFASAN   EMFISIMA  • Penyakit ini mengakibatkan kantung udara menjadi hancur perlahan yg menybabkan sesak nafas,batuk kronis,dan mengurangi luas permukaan paru-paru.Biasanya disebabkan oleh merokok.  PLEURITIS  • Penyakit ini menyebabkan radang pada pleura.Gejalanya nyeri pada dada,sesak Napas, dan perasaan “ditikam”. Disebabkan penumpukan cairan,darah,virus&bakteri yg mengiritasi.
  10. 10. JUST NOTE • Proses pernafasan dipengaruhi oleh otot diafragma&otot antara tulang rusuk. • Saat proses inspirasi:Otot diafragma mengerut,rongga dada membesar,dan udara-pun masuk. • Saat proses ekspirasi:Otot diafragma&otot antar tulang mengerut,rongga dada mengecil,dan udara-pun keluar.

×