e-magazine arsitektur. ruang 02|2010

4,339 views

Published on

Setelah merilis edisi pertama pada bulan Maret 2010, kini ruang hadir kembali pada edisi #2 dengan tema yang sedang hangat diperbincangkan, yaitu arsitektur hijau.

Seringkali kita melihat, mendengar dan membicarakan arsitektur hijau. Kata “arsitektur hijau” menjadi sebuah padanan kata yang rasanya membumi dan bersikap ramah terhadap lingkungan.

Sebenarnya, apa itu arsitektur hijau? Seberapa besar kita telah tenggelam dalam dunia arsitektur hijau? dan apa yang bisa dilakukan oleh arsitektur hijau untuk mengurangi beban lingkungan yang dialami bumi ini.

ruang #2 mencoba mengangkat tema arsitektur hijau, sebagai bagian dari kehidupan manusia yang berkelanjutan. Berbagai pandangan mengenai arsitektur hijau dikomunikasikan dan dikritisi dalam ruang #2. Arsitek prasetyoadi, realrich sjarief dan ivan nasution mencoba membagi pandangannya mengenai arsitektur hijau.

Simak pendapat beberapa alumni ITB, seperti Kusmayanto Kadiman dan Triharyo Soesilo mengenai arsitektur hijau dan simak juga perbincangan dengan Pak Hiramsyah S. Thaib, Presiden Direktur dan CEO Bakrieland Development,mengenai perkembangan arsitektur hijau di Indonesia. Tak lupa, nikmati pula perjalanan Goris ke Kopenhagen, Denmark untuk merasakan dan mengalami ruang-ruang pada Green Lighthouse, gedung yang diklaim dengan emisi karbon netral pertama di dunia

Selain itu, ruang#2 menyajikan beberapa karya arsitektur yang dibangun dengan pendekatan ‘hijau’ seperti yang bisa diliat pada bamboo house karya arsitek Budi Faisal atau Kawasan Gerbang Utara karya PDW. Pengambilan fotografi yang apik pada Bamboo House oleh Andhang Trihamdani melengkapi kenyamanan dalam menikmati arsitektur.

Selamat mengapresiasi
ruang | kreativitas tanpa batas

Published in: Design
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,339
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2,904
Actions
Shares
0
Downloads
209
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

×