Layanan di Internet

397 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
397
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Layanan di Internet

  1. 1. Rangkuman: Layanan Di Internet Nama : Aisha Alyanur Kusuma Kelas : VIII G No.Absen : 02
  2. 2. A. Berbagai Layanan yang Ada di Internet Media Internet merupakan gerbang informasi dan komunikasi yang sangat luas. Internet tidak hanya menyajikan informasi dan layanan yang beragam, tetapi juga cepat. Sebab layanan internet yang setiap saat mengalami perkembangan, semua orang dapat dengan cepat mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia. Beberapa jenis layanan yang ada di Internet, antaralain WWW, Search Engine, E-mail, IRC/Chatting, Milis, dan E-commerce. 1. World Wide Web (WWW) World Wide Web atau sering disebut web atau w3. Web merupakan layanan di internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hyperteks atau yang sekarang berkembang menjadi HTML (Hypertext Markup Languange). Web pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners Lee pada tahun 1992. Sejak saat itulah web terus mengalami perubahan dan perkembangan dengan cepat. Web adalah layanan di internet yang paling diminati karena tidak hanya mencakup informasi dalam bentuk teks, namun juga dalambentukgambar, video, audio, hingga animasi. 2. Search Engine Search engine adalah fasilitas untuk mencari informasi di internet, berdasarkan kata kunci tertentu dan kemudian menampilkan hasil berupa sekumpulan dokumen di mana kata kunci ditemukan. Beberapa search engine diantaranya sebagai berikut, Google, Alvista, Yahoo! dan MSN. Sumber: http://www.esterling.co.uk 3. E-mail E-mail adalah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan surat elektronik. Melalui e-mail ini, para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim gambar, berita, atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan kertas (paperless). Sebelum dapat mengirim e-mail, kita harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu. Beberapa situs pembuatan alamat e-mail gratis adalah Yahoomail, Mailcity, Excite, Hotmail, dan lain-lain. Komunikasi menggunakan e-mail tentu memberikan beberapa keuntungan, antara lain: 1) Kerahasiaan terjamin, karena kalian memiliki kotak pos dari alamat yang 2) sudah diberi password, sehingga surat tidak bisa dibaca oleh orang lain. 3) Waktu dan tempat fleksibel, dapat dilakukan kapan dan di mana saja. 4) Dapat mendokumentasikan dengan baik setiap informasi atau file yangdianggap penting. 5) Mengurangi biaya pengiriman informasi dan jauh lebih cepat jikadibandingkan dengan pengiriman surat biasa.
  3. 3. Sedangkan kerugian komunikasi menggunakan e-mail antara lain: 1) Kesalahan sedikit saja dalam penulisan alamat dapat mengakibatkan email tidak sampai ke tujuan, kalian dituntut untuk teliti dalam menuliskan alamat e-mail yang dituju. 2) E-mail dapat hilang jika penyedia layanan internet terpaksa menghilangkan atau menolak sejumlah e-mail karena kotak pos sudah penuh. Pada saat lalu lintas jaringan internet padat, dapat pula mengakibatkan e-mail gagal terkirim. 3) Komunikasi dapat terhambat jika kalian terlambat membuka e-mail, sehingga dibutuhkan kedisiplinan dalam membuka e-mail. 4) Jika e-mail tidak di-sign out di suatu komputer, e-mail bisa dibaca atau disalahgunakan oleh orang lain yang memakai komputer tersebut. 5) Terlalu banyaknya e-mail notifikasi atau e-mail yang kurang penting akan memenuhi inbox, sehingga beberapa e-mail yang penting menjadi tidak terdeteksi. 4. IRC IRC merupakan singkatan dari Internet Relay Chatting, yaitu fasilitas komunikasi menggunakan teks (mIRC), suara (VoIP) dan video secara real time atau saatitujuga, sehingga masing-masing pengguna harus terhubung ke internet pada saat itu secara bersamaan. Beberapa software gratis untuk melakukan chatting adalah Yahoo Messenger, mIRC, Omegle, Skype, Google Talk, dan lain-lain. Sumber: http://blogs.cornell.edu 5. Milis Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal, yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Biasanya dikelola oleh orangorang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.. Jika salah seorang anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan menerimanya. Penyedia layanan ini contohnya adalah Yahoo!Groups dan GoogleGroups.
  4. 4. 6. E-commerce E-commerce atau perdagangan online adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. E-commerce ini melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Contoh perusahaan dalam bidang perdagangan elktronik adalah eBay, Yahoo!, Amazon dan Paypal. Sedangkan contoh situs perdagangan online adalah Kaskus, Berniaga dan TokoBagus. Sumber: http://berniaga.com/ B. Berkomunikasi Dengan E-mail 1. Membuat E-mail Langkah-langkah membuat alamat e-mail: 1) Buka Yahoo.co.id kemudian klik Buat Account 2) Isi form pendaftara e-mail sesuai dengan data anda: 3) Kemudian klik tombol “Buat Account” di paling bawah
  5. 5. 4) Setelah itu akan muncul pertanyaan rahasia yang bisa membantu anda jika lupa password. Pilih salah satu pertanyaan dan isi jawaban anda: 5) Selanjutnya akan muncul CAPTHA/Kode Verifikasi. Isi dengan benar, lalu klik “Kirim Kode” 6) Jika Kode Verifikasi yang anda kirimkan cocok/benar, maka akun anda sudah berhasil dibuat, dan akan muncul tampilan: 2. Mengirim E-mail Langkah-langkah mengirim e-mail: 1) Klik ”Compose Message” yang berada pada slide bar sebelah kanan. Kemudian akan muncul tampilan:
  6. 6. Sumber: http://massol507.wordpress.com To : diisi dengan alamat e-mail yang dituju Cc/Carbon Copy : diisi sebagai tembusan ke alamat yang dituju (tidak wajib diisi) Add Bcc/Blind Carbon Copy : diisi dengan tembusan ke alamat tertentu, tetapi alamat tembusan tidak dapat dilihat oleh si penerima (tidak wajib diisi) Subject : diisi dengan judul/inti surat Isi surat diisi di bagian lembar kerjapaling bawah yang lebar. 2) Setelah semua diisi, klik tombol ”Send”. Jika e-mail telah terkirim akan muncul tampilan: 3. Melampirkan Berkas di E-mail Dengan fasilitas attachment, kalian dapat menyertakan lampiran berupa file pengolah kata, pengolah angka, maupun gambar ketika mengirim e-mail. Langkah-langkah melampirkan berkas die-mail: 1) Pada halaman penulisan e-mail klik tombol “Attach Files” 2) Klik tombol “Browse” dan pilih berkas yang akan dilampirkan. Selanjutnya, klik Open.
  7. 7. 3) Kemudian klik Attach Files, sehingga proses Attaching files akan berjalan. Jika prosesnya sudah selesai, klik Back to Mail untuk kembali ke jendelapengiriman e-mail. 4. Membalas E-mail Langkah-langkah membalas e-mail: 1) Buka inboxmail, klik salah satu e-mail yang ingin dibalas 2) Kemudian klik “Reply”. 3) Lalu, ketikan isi surat balasan pada lembar kerja yang telah disediakanSetelah selesai, klik Send.
  8. 8. 5. Menutup E-Mail Untuk menutup e-mail anda hanya perlu klik “Sign out”. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan e-mail anda. C.Membuat Blog Blog (web log) adalah salah satu layanan yang ada di Internet. Blog merupakan sebuah catatan harian yang ditayangkan secara online, yang ditulis oleh seorang blogger. Situs yang menyediakan layanan gratis pembuatan blog diantaranya Blogger, Wordpress dan Multiply. Berikut adalah cara untuk membuat blog: 1) Kunjungi situs www.blogger.com 2) Isi form Log In dengan username/alamat serta password gmail anda Sumber: http://b-bolon.blogspot.com/ 3) Lalu klik tombol “Lanjut ke Blogger” seperti gambar di bawah ini:
  9. 9. 4) Klik “Blog Baru”. Selanjutnya, isi formulir data blog anda: Judul, digunakan sebagai nama blog Alamat Blog, merupakan URL alamat blog Template, ada beberapa template yang disediakan blogger untuk anda, pilih salah satu yang anda sukai/sesuai kebutuhan. 5) Lanjutkan dengan klik tombol “Buat Blog”. Blog anda pun sudah jadi dan bisa mulai untuk blogging. D. Cara Membuat Akun Facebook 1) Kunjungi situswww.facebook.com 2) Isilah data-data anda pada form pendaftaran yang tersedia, lihat contohnya di bawah ini : Sumber: http://www.pitikkedu.net 3) Jika sudah ter-isi semua klik tombol “Sign Up” 4) Setelah itu Anda mungkin akan diminta melakukan pengisian CAPTCHA sebagai prosedur keamanan dari facebook. 5) Pada langkah berikutnya, anda bisa menambahkan teman-teman anda yang ada di yahoo, windows live hotmail, skype, dll. Namun, langkah ini bisa di leawti dengan klik “Skip this step”
  10. 10. 6) Pada langkah kedua ini, anda bisa mengisi data-data nama sekolah, nama kampus, pekerjaan, tempat tinggal sekarang, tempat tinggal asal kemudian menekan tombol "Save & Continue" atau jika anda tak ingin mengisinya maka tinggal dilewati saja dengan klik tombol "Skip" 7) Langkah selanjutnya, anda bisa mengupload foto yang nantinya akan muncul sebagai foto profil. Gambarnya bisa diambil dari hard drive komputer ataupun dari hasil jepretan webcam. Untuk mengupload foto dari komputer, tekan tombol "Upload a photo" sedangkan untuk mengambil gambar dari webcam silahkan tekan tombol "Take a photo". Jika sudah muncul gambarnya, kemudian tekan tombol "Save &Continue"
  11. 11. Refrensi Tulisan:  Buku TIK Global kelas IX  Buku LKS TIK Cerah kelas IX semester 2  http://www.caratutori al.com/  http://www.detikpedi a.com/  http://up-anisa9b.blogspot.com/  http://languagekomputer.blogspot.com /  http://christiantatelu.bl ogspot.com/  http://bbolon.blogspot.com/  http://www.pitikkedu. net  http://cdn.ghacks.net/  http://carabuatdaftar.b logspot.com/

×