Proposal individu

817 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
817
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
37
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Proposal individu

  1. 1. Proposal PenelitianTindakan Kelas (PTK) Oleh: Nur Aeni /09141153
  2. 2. Judul penelitianUpaya PeningkatanKemampuan Menulis AksaraJawa dengan Media KartuAksara Jawa pada Siswa KelasIII SDN 01 Kanigoro .
  3. 3. PENDAHULUAN Siswa kelas III SDN 01 Kanigorobanyak yang mengalami kesulitan belajarmenulis Aksara Jawa. Hasil ulangan padamateri Aksara Jawa menunjukkan bahwamayoritas siswa dalam menjawab ataumenulis Aksara Jawa kurang tepat.Penyebab masalah ini adalah siswa kurangtertarik dalam mengikuti pembelajaranmenulis Aksara Jawa dan siswamenganggap bahwa menulis Aksara Jawaadalah hal yang sulit dan rumit.
  4. 4. Rumusan Masalah dan Pemecahannya Bagaimanakah peningkatan kemampuanmenulis Aksara Jawa dengan media kartu AksaraJawa pada siswa kelas III SDN 01 Kanigoro ?Langkah-langkah pemecahan adalah sebagai berikut.• Peneliti akan mengajar bahasa Jawa• Memberikan materi Aksara Jawa• Menerapkan secara langsung saat kegiatan pembelajaran dengan mengurutkan kartu Aksara Jawa.• Meminta siswa memberikan kesan-kesan tentang kegiatan dengan apa yang telah dipelajari.
  5. 5. Untuk meningkatkankemampuan menulis AksaraJawa dengan media kartuAksara Jawa pada siswakelas III SDN 01 Kanigoro .
  6. 6. Siswa Siswa mampu menulis Aksara Jawa secara tepat.Guru Guru menerapkan media kartu Aksara Jawa.Sekolah Memberikan sumbangan secara teoritik sehingga sekolah mempunyai siswa yang cinta bahasa Jawa.Peneliti lain Memberikan inspirasi dalam memecahkan persoalan di SD terkait pendidikan bahasa Jawa.
  7. 7. Kemampuan menulis Aksara Jawa Kemampuan yang dimiliki siswa menulis aksara Jawa.Media kartu Aksara Jawa Kartu yang berisi tulisan-tulisan aksara Jawa yang digunakan dalam pembelajaran.
  8. 8. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model “kolaborasi guru dan peneliti” dengan acuan model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart (1990). Siklus I terdiri dari:• Perencanaan: Melakukan studi pendahuluan terhadap pembelajaran bahasa Jawa dan membuat RPP.• Pelaksanaan tindakan dan observasi: Mempraktikan pembelajaran sesuai RPP dengan berbagai kegiatan yang diperlukan.• Refleksi: Peneliti mengadakan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Siklus 2 merupakan perbaikan /tindakan lanjutan dari
  9. 9. Latar dan Subjek Penelitian Penelitian dilakukan di kelas III SDN 01 Kanigoro dengan subjek siswa kelas III sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.Teknik Pengumpulan Data Dokumentasi dan tes.Instrumen Penelitian Peneliti sendiri tes soal kinerja.Teknik Analisis Data Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif melalui tes, pengamatan dan dokumen.
  10. 10. Tindakan dilakukan mulai bulanDesember sampai Februari.No. Kegiatan Bulan 1. Perencanaan Desember 2012 2. Pelaksanaan Januari 2013 3. Refleksi Februari 2013 4. Tindak lanjut Februari 2013
  11. 11. Malawi, Ibadullah dan Siswono, Edy. 2012. Penelitian Tindakan kelas. Madiun:IKIP PGRI Madiun.Nurhasanah dan Turmianto, Didik. 2007. Kamus Besar Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD & SMP. Jakarta: Bina Sarana Pustaka.

×