Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presen tasi agama

642 views

Published on

  • Be the first to comment

Presen tasi agama

  1. 1. AJARAN AKHLAK DALAM ISLAM DISUSUN OLEH :1. Aryadita Minanda ( P07133111087)2. Ayu Damayanti ( P07133111088)3. Banny Suryani (PO7133111089)4. Bambang Suryadi Senin ( P07133111090)
  2. 2. PENGERTIAN AKHLAK Secara etimologis, kata Akhlak yang berasal dari bahasa arab Khuluq, berarti : perbuatan atau tingkah laku. Kata Khuluq berkonotasi dengan Khaliq ( pencipta ) dan “ makhluk ” ( yang diciptakan ), sehingga tuntutan berakhlaq harus didasarkan pada norma khalik serta kepentingan makhluk. Dalam arti teknis, akhlaq sama dengan etika ( Yun, etos ) atau moral ( Yun, Mores ), seperti ungkapan akhlaq islam adalah sama dengan Etika islam atau moral Islam.
  3. 3. • akhlak itu adalah hal – hal yang berkaitan dengan norma – norma atau nilai – nilai yang baik, yang seharusnya berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, dan norma – norma atau nilai – nilai yang buruk yang seharusnya tidak berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.• Di dalam AL-Quran, istilah yang baik disebut ma’ruf atau ma’rufat, dan istilah buruk disebut munkar .
  4. 4. • Hakekat akhlak yang berdasarkan Tauhid atau Akhlaq al – karimah ialah perbuatan baik ( ikhsan ), dimanapun seseorang berada sebagaimana yang diformulasikan Nabi SAW :• “ Berbuat patuh berarti engkau patuh kepada Allah seakan – akan engkau melihat- Nya, jika engkau merasa tidak melihat-Nya, tetapi sesungguhnya Allah senantiasa melihat engkau ”.• Akhlak adalah hal – hal yang berkaitan dengan norma – norma atau nilai – nilai yang baik, yang seharusnya berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, dan norma – norma atau nilai – nilai yang buruk yang seharusnya tidak berlaku dalam kehidupan bermasyarakat• Ada empat sifat yang wajib dimiliki serta dicapai oleh individu, yaitu sifat-sifat yang menyangkut masalah akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak. Empat hal ini tidak boleh dipisahkan pada pribadi seseorang sehingga harus selalu lengkap dan sempurna
  5. 5. MACAM-MACAM AKHLAQ:A. Akhlak yang baik itu ( Akhlaqul Karimah ) ialah pola perilaku yang berlandaskan pada dan memanifestasikan nilai-nilai iman,islam,danikhsan.•Dalam konteks ini Rasul bersabda :“Bahwa engkau beribadah kepada Allah seperti engkau melihat-Nya, jika engkau tidakmelihat-Nya, sesungguhnya Allah melihat engkau “. ( H.R Khamsah dari Umai bin Khatab ).Dalan Alquran kata – kata ikhsan ditunjukkan pada perbuatan – perbuatan , antara lain :1. Berinfaq, menguasai kemarahan, dan memaafkan manusia2.Sabar3.Jihat4.Takwa
  6. 6. Akhlak dan ikhsan adalah dua perantara yang berada pada satu sistem yang lebih besaryaitu akhlakul karimah. Dengan kata lain, akhlak adalah pranata perilaku yang mencerminkanstruktur dan pola perilaku manusia dalam segala aspek kehidupan. Sedangkan ikhsan adalah pranata nilai yang menentukan atribut kualitatif pribadi ( akhlak ).Jadi, akhlak yang berkualitas ikhsan adalah Akhlakul Karimah.•B. Akhalk yang jelek (akhlaqul sayyi’ah) yaitu pola perilaku yang jelek atau menyimpang dari ajaran agama , meliputidusta,munafik,iri,dengki,dll.
  7. 7. PENERAPAN AKHLAQ• penerapan akhlaq adalah pelaksanaan dari nilai Akhlakul Karimah untuk menjadi seorang muslim. Akhlakul Karimah dapat dilaksanakan melalui pendidikan yaitu :a) Pendidikan ( transfer ) tata nilaib) Pengembangan pengertian ( sosialisasi )c) Pengembangan pengetahuan menganalisisd) Pengembangan kemampuan membuat sintesise) Pengembangan kemampuan untuk menerapkanf) Pengembangan kemampuan untuk merevisi pola atau rencana
  8. 8. g. Penerapan Akhlakul Karimah dengan cara diatas ( A sampai F )disebut pendidikan dengan pendekatan mentalistik atau pendekatankognitif.h. Latihan ketrampilan atau perilaku tertentui. Tanya jawabj. Pengisian suatu pernyataan yang belum selesaik. Ketrampilan memecahkan masalah•Penerapan ( g sampai h ) adalah pendidikan yang bersifatmekanistik atau disebut pendekatan stimulus respon
  9. 9. TUJUAN AKHLAK• Tujuan akhlak adalah• menghasilkan nilai akhlak saja, bukan nilai materi, nilai kemanusiaan, atau nilai kerohanian. Selain itu, nilai-nilai ini tidak boleh dicampuradukkan dengan akhlak agar tidak terjadi kebimbangan dalam memiliki akhlak beserta sifat-sifatnya.
  10. 10. PERBANDINGAN AKHLAQ DAN ETIKA• Etika berasal dari bahasa Yunani “ ethos “ berarti watak atau adat dan asal kata moral yang sama artinya dengan etika dari bahasa latin mos jamaknya ialah mores yang berarti juga adat atau cara hidup. Di sini dapat dilihat, bahwa kedua perkataan itu etik dan moral menunjukkan cara berbuat yang menjadi adat karena persetujuan atau praktik sekelompok manusia.• Oleh karena itu, dalam masyarakat yang menggunakan sistem etika ini pada waktu tertentu akan membenarkan pelaksanaa nilai tata cara hidup tertentu dan pada waktu serta serta tempat yang lain tidak menerimanya. Umpamanya “ hidup bersama pada masyarakat bebas “ seperti didunia barat , yang menurut nilai akhlakul karimah tidak bisa dibenarkan. Jelas tampak kepada kita, bahwa sistem etika dapat bersifat bebas nilai khususnya nilai sakral, dan oleh karena itu sistem etika seperti ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Hablum Minallah.
  11. 11. SEKIAN DAN TERIMA KASIH

×