Permainan bola kasti

42,561 views

Published on

Published in: Technology, Education
4 Comments
15 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
42,561
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
4
Likes
15
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Permainan bola kasti

  1. 1. PROGRAM STUDIPENDIDIKAN JASMANI KESEHATANDAN REKREASISEKOLAH TINGGI KEGURUAN DANILMU PENDIDIKANSTKIP NUINDRAMAYUAlamat : JL. Raya Kaplongan no.28 Karangampel– Indramayu Phone (0234) 485046 Fax. (0234)486008DI SUSUN OLEH :TARWONOALI NURIDINMAKSUNASEP SAEFULLAHMATA KULIAH :PEMBELAJARAN ROUNDERSSEMESTER:IV (EMPAT)PENGAMPU :FATURRAKMAN, M.Pd
  2. 2.  Sejarah Singkat Bola KastiOlahraga kasti ini adalah olahraga masyarakat, dimanamasyarakat melakukannya pada waktu senggang atauwaktu lowong, terutama oleh anak atau muridsekolah. Olahraga ini termasuk olahraga tradisionalyang juga banyak diminati anak-anak remaja karenadalam permainan kasti meningkatkan ketangkasandan kekompakan regu atau pemain.
  3. 3. 1. Melambungkan Bola> Melambungkan Bola ke Atas> Melambungkan Bola ke Depan> Melempar Bola dari Atas Kepala2. Menangkap Bola> Menangkap Bola Lambung> Menangkap Bola Mendatar> Menangkap Bola Dari Bawah3. Memukul Bola> Memukul bola mendatar> Memukul bola merendah atau menyusur tanah> Memukul bola atas kepala4. Teknik Berlari> Berlari lurus> Berlari zig-zag
  4. 4. 1. Bola> Dibuat dari karet atau kulit yang di dalamnya diisisabut kelapa atau injuk> Ukuran keliling bola 19-21 cm,> Berat 30-70 gr atau 70-80 gr,dan> Diameternya 20 cm.2. Pemukul> Pemukul kasti terbuat dari kayu yang berbentuk stikpemukul.> Panjang kurang lebih 50- 60 cm.> Penampangnya berbentuk bulat telur (oval) denganukuran lebar 5 cm dan tebal 3,5 cm,> Serta panjang pegangan 15-20 cm.
  5. 5. Pemain pemukul berada di dalam garis atautempat bebas, cara bermain antara lain:1. Bola dilempar oleh salah seorang tim penjaga2. Bola tersebut dipukul oleh tim yang sedangmemukul3. Pemukul sesudah memukul harus cepatberlari ke daerah tiang pertolongan atautiang hinggap.
  6. 6. 1. Lapangan Kasti2. PemainKasti dimainkan oleh 2 regu tiap reguberjumlah 15 orang, 3 sebagai cadangan ataupengganti dan 12 sebagai pemain inti. Reguyang main disebut partai pemukul regu yangjaga disebut partai lapangan
  7. 7. 3. Tiang PertolonganTiang pertolongan terbuat dari bahan yang tidakmudah patah, seperti besi, kayu, piber ataubambu tiang pertolongan ditancapkan ditengah lingkaran dengan jari-jari 1 meter dantinggi tiang pertolongan dari tanah ialah 1,5meter, jarak tiang pertolongan dengan garispemukul adalah 5 meter dan jarak dari garissamping 5 meter.
  8. 8. 4. Tiang Hinggap atau Tiang BebasTiang hinggap dalam permainan kasti ada duabuah, yang ditancapkan dalam tanah lingkaranberjari-jari 1 meter. Kedua tiang tersebut ditancapkan dengan jarak 5 meter dari garisbelakang dan 10 meter dari garis samping kanandan kiri. Pemain yang sidah berada di tianghinggap aman dari incaran pemain penjaga yangmemegang bola selagi pemain pemukul tidakberpinddah ke tiang hinggap yang lainnya.
  9. 9. 5. Nomor DadaDalam permainan kasti setiap pemainharus memakai nomor dada yangterbuat dari kain, terpasamg didepandada dan punggung. Nomor dadaterdiri atas nomor 1-15, nomor urut 1-12 untuk pemain inti dan untuk nomor13-15 untuk pemain cadangan.
  10. 10. 6. Lama PermainanLamanya permainan di tentukan dengan dua macamcara yaitu,> Pertama ditentukan dengan waktuJika di tentukan dengan waktu maka lama permainanadalah 2 x 20 menit dengan istirahat 5 menit atau 2 x30 menit dengan istirahat 10 menit.> Kedua dilakukan dengan inning.Inning ialah jumlah pergantian regu pemukul menjadiregu penjaga atau sebaliknya. Jika ditentukan dengancara inning, jumlah inning dapat ditentukanberdasarkan kesepakatan kedua regu atau panitia.
  11. 11. 7. Pukulan BenarPukulan dinyatakan benar apabila:Bola setelah dipukul lewat garis pemukul danjatuh atau mengenai benda yang beradadidalam lapangan permainanBola setelah di pukul melewati garis pemukuldan jatuh atau mengenai benda di luar lapangansetelah melewati bendera atau pembatassetengah lapangan permainan.
  12. 12. 8. Pukulan Luput atau LuncasPukulan dinyatakan luncas (luput)apabila dalam usaha memukul kayupemukul tidak mengenai bola yangdilambungkan oleh pelambung.
  13. 13. 9. Pukulan SalahPukulan salah apabila bola setelah dipukul tapi masih berada di areal pukulatau jatuh diareal pukul. Serta bolakeluar lapangan sebelum melewatigaris tengah.
  14. 14. 10. Hak Memukul> Setiap pemain dari regu pemukul memiliki hakmemukul satu kali pukulan dalam satukesempatan.> Pembebas (velouser) memiliki hak memukulsebanyak tiga kali, seorang pemukul dinyatakansebagai pembebas apabila ia satu-satunyapemain yang ada di ruang bebas.
  15. 15. 11. Lambungan BenarLambungan dinyatakan benar apabila:> Bola dilambungkan sesuai dengan arahpermintaan pemain pemukul.> Bola melaju dalam ketinggian antara lututdan kepala pemain pemukul.>Bola melaju tanpa ada gerakan putaranyang di sengaja.
  16. 16. 12. Nilai> Seorang pemukul yang benar pukulannya dapat kembali keruang bebas atas pukulannya sendiri nilai 2. Kejadian tersebutdisebut RUN> Seorang pemukul yang benar pukulannya dapat kembali keruang bebas atas bantuan pukulan teman nilai 1> Partai lapangan mendapat nilai satu apabila dapatmenangkap bola pukulan lawan sebelum kena tanah.> Nilai 2 diberikan apabila seorang pemain dan regu pemukuldengan pukulannya sendiri dan benar dapat langsung kembalike ruang bebas tanpa dimatikan lawan atau dinyatakan mati
  17. 17. 13. Pemain MatiSeorang pemain dari regu pemukuldinyatakan mati apabila anggota tubuhselain kepala terkena lemparan bola dariregu penjaga selama perjalanan, danpemain mati bila sengaja menerima boladengan kepala atas lemparan penjaga.
  18. 18. 14. Bola MatiBola mati adalah bola yang sudah tidak bisadimainkan kembali di dalam permainan ataulapangan. Adapun beberapa bola yang dianggap matiantara lain:> Bola dipegang pelambung dan pelambung berdiripada tempatnya> Apabila Pada pukulan salah atau tidak kena> Apabila bola hilang sehingga dicari tidak ketemu> Terjadi Pergantian bebas
  19. 19. 15. Pergantian Partai atauPergantian Tempat> Pergantian Bebas> Pergantian Tidak Bebas
  20. 20. 16. PerwasitanWasit berada di luar lapangan baik sebelah kanan maupun kiri, ada pun tugas wasitserta kode tiupan peluit antara lain:> Bila permulaan permainan wasit memanggil kedua kapten dari masing-masing timuntuk melakukan tos atau siapa yang mulai permainan terlebih dahulu baik sebagaipemukul maupun penjaga.> Mengatur jalannya pertandingan> Mengecek kesiapan skoring sit> Mengecek nama pemain dan nomor dada> Wasit meniup peluit 3 x panjang untuk memulai pertandingan> Pada saat memanggil pemain pemukul untuk memukul wasit meniup peluit 3xpendek.S> Pada saat pukulan salah wasit melakukan kode tiupan peluit sebanyak 2x pendek.> Bila terjadi pemain terkena lemparan bola sebelum tiang pertolongan atau tiangbebas dan ruang bebas, wasit meniup peluit 1x panjang tanda pergantian bebas.> Bila bola hilang wasit meniup peluit 3x pendek> Setelah permainan selesai permainan atau waktu habis wasit meniup peluit 3xpanjang
  21. 21. 17. Skoring SitSkoringsit adalah pembantu wasit untuk jalannyasuatu pertandingan, tugasnya adalah:> Mengecek pemain.> Menyamakan nomor dada dengan nama yang ada diskoring sit yang diberikan oleh masing-masing regu.> Memanggil pemain yang akan melakukan pukulan.> Bila ada pergantian pemain skoring sit lah yangbertanggung jawab atas kecocokan yang ada padaskoring sit tersebut.> Menghitung nilai masing-masing regu.> Menghitung pukulan salah pemain pemukul
  22. 22. Adapun beberapa tujuan dari bermain kasti bagi pendidikan jasmaniantara lain:1. Melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa kita.2. Dapat mengembangkan berbagai macam funsi tubuh.3. Meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman.4. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan.5. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknikyang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.6. Dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yangbaik7. Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.8. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas9. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknikyang terlibat dalam aktivitas suatu permainan.10. Mendapatkan olahraga yang murah meriah.
  23. 23. Selamatmencoba!!!!!!!!!

×