Tugas kelompok agama islam bab 3 ii

1,459 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,459
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas kelompok agama islam bab 3 ii

  1. 1. <ul><li>ANGGOTA KELOMPOK : </li></ul><ul><li>Age Ryan Utomo </li></ul><ul><li>Ahadiya Rosalina </li></ul><ul><li>Bagus Rayi </li></ul><ul><li>M. Rafli </li></ul><ul><li>M. Dendy </li></ul><ul><li>M. Arfan </li></ul>
  2. 2. Asmaul husna artinya nama-nama Allah yangbaik. 10 asmaul husna yang akan kami bahas :
  3. 3. AR-RAHMAN AR-RAHMAN diartikan sebagai Maha Pemurah. Ar-Rahman juga berarti Zat yang berbuat baik atau Zat yang menghendaki kebaikan, yakni rahmat yang merupakan kebajikan dan kebaikan. Rahmat yang sempurna adalah memberikan kebaikan kepada semua hamba tanpa pandang bulu.
  4. 4. AR-RAHIM Ar-rahim berarti Maha Pengasih. Nama Ar-Rahim bermakna yang memiliki rahmat yang sampai (kepada yang dituju). Ar-Rahim bermakna Dzat yang menyampaikan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki.
  5. 5. AL-MALIK al malik artinya: Maha Merajai. maksudnya adalah, bahwa sesunguhnya allah merupakan raja dari segala raja, dialah yang merajai seluruh kehidupan yang ada dilangit dan di bumi ini, tiada tingkatan apapun yang dapat melebihinya, karena dialah yang memiliki semuanya,dan dialah yang mengatur kerajaan di bumi dan di langit.
  6. 6. AL-QUDDUS Al-Quddus berarti Maha Suci maksudnya Dialah yang memiliki kesucian yang hakiki, atau nyata, maka tidaklah bagi seseorang yang menganggapdirinya suci , karena hanyalah alloh, yang memiliki keuciantersebut.
  7. 7. AS-SALAM As-salam berarti Maha sejahtera. Nama ini terambil dari kata  salima  yang bermakna keselamatan dan keterhindaran dari segala yang tercela. Allah memiliki nama  as-Salaam , berarti Allah itu dzat yang memiliki keselamatan dan keterhindaran dari aib dan kekurangan. Ada juga yang berpendapat, bahwa Allah menghindarkan semua makhluk dari penganiayaan-Nya. Sedangkan menurut Al-Ghazali, makna  as-Salaam  adalah keterhindaran dzat Allah dari segala aib, sifat-Nya dari segala kekurangan, dan perbuatan-Nya dari segala kejahatan dan keburukan.
  8. 8. AL-MU’MIN Al-Mu’min berarti Maha Terpercaya. Almu’min juga bermakna sebagai Zat yang membenarkan orang-orang pilihan-Nya dengan menampakkan mukzizat dan keramah yang menunjukkan kebenaran mereka atau membenarkan diri-Nya bahwa Dia benar dalam janji Nya. Allah sebagai Al-Mu’min karena Allah merupakan sumber rasa aman dan keamanan dengan menjelaskan sebab-sebabnya dan menutupi jalan-jalan yang menakutkan.
  9. 9. AL-MUHAIMIN Al muhaimin diartikan sebagai maha memelihara. Arti kata 'al-muhaimin' adalah Penjaga atau Pelindung, Zat Yang Melindungi, Zat Yang Menjadi Saksi bagi hamba pilihan-Nya, dan memberinya keamanan dari segala ancaman. Al Muhaimin juga adalah Zat Yang memberikan kedamaian setelah ketakutan.
  10. 10. AL-AZIZ Al Aziz berarti Maha Perkasa. Dialah yang Maha perkasa yang tak ada satu pun kekuatan dapat mengalakan-nya. Sifat Maha Perkasa Allah SWT itu sempurna, kekal, dan tidak ada yang menyamal. Berbeda dengan manusia, keperkasaan manusia sangat terbatas. 
  11. 11. AL-JABBAR Al-Jabbar diartikan sebagai Maha Penakluk Al Jabbar sebagai salah satu sifat Allah Swt, juga mengandung arti Dzat yang mengatur atau memerintah segala makhluk ciptaan-Nya sesuai dengan kehendak dan iradah-Nya. Namun, hendaknya diingat, dalam kaitannya dengan perkara keyakinan agama, pengertian ini tidak menyiratkan sesuatu paksaan. Hal ini karena Allah telah menunjukkan dengan jelas antara yang haq dengan yang batil. 
  12. 12. AL-MUTAKABBIR Al Mutakabbir diartikan sebagai Yang Memiliki Kebesaran atau Yang Maha Besar. Mutakabbir dapat berarti ketidak-tundukkan. Dalam konteks ini Allah swt tidak pernah tunduk kepada siapapun selain dirinya sendiri. Kata Al Mutakabbir hanya muncul satu kali di dalam Al Qur’an yakni dalam surat Al Hashr 59: 23.

×