Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ada Apa dengan riba & utang

434 views

Published on

Sampaikanlah walaupun satu ayat

Published in: Leadership & Management
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ada Apa dengan riba & utang

  1. 1. RR II BB AA
  2. 2. Riba (bahasa) berarti az-ziyadah 'tambahan'. Riba (istilah) adalah pengambilan tambahan dari harta pokok (pinjaman) dengan cara yang batil.
  3. 3. RIBA TAMPIL DENGAN NAMA BARU: • Interest Rate • Cost of Fund • Bunga • Nisbah • Bagi Hasil • Biaya titip • Biaya Admin • Penalty • Denda • Uang jasa • Biaya sewa
  4. 4. BAHKAN…!!! Riba bisa tampil dengan nama “SYARIAH”
  5. 5. P A D A H A L ….
  6. 6. “Sesungguhnya Nabi SAW melarang qardh (Utang) yang menarik suatu MANFAAT” (HR al-Harits bin Abi Usamah)
  7. 7. “Setiap bentuk qardh (Utang) yang menarik manfaat maka itu adalah RIBA.” (HR Baihaqi)
  8. 8. “Jika seseorang memberi qardh (Utang) maka janganlah ia menerima HADIAH darinya” (HR Bukhari)
  9. 9. Rasulullah saw bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian memberi Utang (qardh), lalu ia diberi hadiah (oleh pengutang) atau si pengutang membawanya di atas kendaraannya maka jangan ia menaikinya dan jangan menerima hadiah itu, kecuali yang demikian itu biasa terjadi di antara keduanya sebelum utang-piutang itu” (HR. Ibn Majah)
  10. 10. “Jika salah seorang di antara kalian memberi Utang (qardh), dan si pengUtang menawarkan kepadamu makanan, maka janganlah kamu menerimanya. Dan jika pengUtang menawarkan tunggangan, janganlah ia menerimanya, kecuali yang demikian itu sudah biasa terjadi di antara keduanya sebelum utang-piutang itu.” (HR. Baihaqi)
  11. 11. “Kamu hidup di dalam sebuah negeri dimana RIBA tersebar luas. Karena itu, jika salah seorang berUtang kepadamu dan ia memberikan sekeranjang rumput atau gandum atau jerami, janganlah kamu terima, karena itu adalah RIBA.” (HR Bukhari)
  12. 12. R I B A “Riba itu mempunyai 73 pintu, sedangkan yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menzinahi ibu kandungnya sendiri” HR.Ibnu Majah dan al-Hakim
  13. 13. “Satu dirham yang diperoleh seseorang dari hasil riba, lebih besar dosanya 36 kali dari perbuatan zina dalam Islam” (HR.Baihaqi dari Anas bin Malik)
  14. 14. Rasulullah melaknat orang yang terkait riba. Beliau bersabda, “Hum sawaa’un, mereka itu sama (yaitu yang mengambil riba, memberinya, menuliskannya, dan yang menyaksikannya)” HR. Muslim dan Bukhari dari Abu Hudzaifah
  15. 15. “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa” (QS. Al-Baqarah:276)
  16. 16. “… padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan MENGHARAMKAN RIBA.” (TQS Al-Baqarah : 275)
  17. 17. الّطُهَذِي يينَبَ يَبَأْكُكُ الُ اومنَبَ الَرِّبَبَبَا لََبَ يَبَقُ اوممُ اومنَبَ إِي يلَّطُه كَبَمَبَا يَبَقُ اوممُ ا الّطُهَذِي يي يَبَتَبَخَبَبَّطُهطُ اهُ ا الَشَّطُهيْكُطَبَا نُ ا مِي ينَبَ الَْكُمَبَسِّبَ ذَبَلَِي يكَبَ بِي يأَبَنَّطُههُ امْكُ قَبَا لُ اَوما إِي ينَّطُهمَبَا الَْكُبََبَيْكُعُ ا مِي يثْكُلُ ا الَرِّبَبَبَا “Orang-orang yang makan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba…” (QS. Al-Baqarah: 275)
  18. 18. “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah dan TINGGALKAN sisa transaksi riba jika kalian memang orang-orang yang beriman. Jika kalian tidak melakukan itu maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan MEMERANGI kalian…” QS Al-Baqarah: 278-279)
  19. 19. Allah SWT berfirman. “Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari bertransaksi riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan) dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (bertransaksi riba) maka orang itu adalah PENGHUNI-PENGHUNI NERAKA, mereka kekal di dalamnya.” (TQS Al-Baqarah : 275)
  20. 20. Rosulilloh bersabda: لاَةٌ تُولقْ غبَةٌلُول صَةٌلاَةٌةٌ م بِنغَةٌيْ غرِن طُولهُولولرٍ

×