administrasi pendidikan dalam profesi keguruan

5,399 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
5,399
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
125
Actions
Shares
0
Downloads
103
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

administrasi pendidikan dalam profesi keguruan

  1. 1. NAMA KELOMPOK1. LILIK HIDAYATI (08360023)2. ARTIYAS RISMA LUDITA ( 09360135 )3. AFIF KURNIAWAN (09360159)4. RAHMA SILVIELIA (09360161)5. ROHMATU DIANFITRIYANA (09360164)6. ERVIRA ROSANA ROSALIA (09360165)7. M. RIZKI MAULIDANI (09360179) JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
  2. 2. ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PROFESI KEGURUAN A. Pengertian Administrasi PendidikanAdministrasi pendidikan ialah keseluruhan proses dengan sumber-sumber manusia yang cocok dibuat tersedia dan efektif bagi pencapaian maksud-maksud organisasi secara efisien
  3. 3. Pengertian Administrasi Pendidikanditinjau dari berbagai aspek kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan. proses untuk mencpai tujuan pendidikan. dapat dilihat dengan kerangka berpikir sistem. dapat dilihat dari segi manajemen. dapat dilihat dari segi kepemimpinan. dapat dilihat dari proses pengambilan keputusan. dapat dilihat dari segi komunikasi. kegaitan ketatausahaan yang intinya dalah kegiatan rutin catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspeknya, serta mempersiapkan laporan.
  4. 4. Fungsi Administrasi Pendidikan  pada dasarnya kegiatan amdinistrasi pendidikan dimaksudkan untuk pencapaian tujuan pendidikan itu. Tujuan itu dicapai dengan melalui serangkaian usaha, mulai dari perencanaan sampai melaksanakan evaluasi terhadap usaha tersebut. Pada dasarnya fungsi administrasi merupakan proses pencapaian tujuan melalui serangkaian usaha itu (Longenecker, 1964). Oleh karena itu, fungsi administrasi pendidikan dibicarakan sebagai serangkaian proses kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan itu.
  5. 5. Tujuan pendidikanTujuan pendidikan perlu dibicarakan di sini karena alasan sebagai berikut:a). tujuan pendidikan merupakan jabaran dari tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, pemahaman tentang hubungan keduanya perlu dilakukan.b), tujuan pendidikan merupakan titik berangkat administrasi pendidikan pada jenjang sekolah, danc), tujuan pendidikan itu juga merupakan tolak ukur keberhasilan kegiatan administrasi pendidikan di jenjang pendidikan itu.
  6. 6. Proses sebagai fungsiadministrasi pendidikanAgar kegiatan dalam komponen administrasi pendidikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan, kegiatan tersebut harus dikelola melalui sesuatu tahapan proses yang merupakan daur (siklus), mulai dari Perencanaan Pengorganisasi Pengarahan Pengkoordinasian Pembiayaan Pemantauan Penilaian
  7. 7. Lingkup Bidang GarapanAdministrasi PendidikanDari uraian di atas, tampak bahwa administrasi pendidikan pada pokoknya adalah semua bentuk usaha bersama untuk mencapai tujuan pendidikan dengan merancang, mengadakan, dan memanfaatkan sumber-sumber (manusia, uang, peralatan, dan waktu). Tujuan pendidikan memberikan arah kegaitan serta kriteria keberhasilan kegiatan itu.• Bidang administrasi materialkegiatan administrasi yang menyangkut bidang-bidang materi. Seperti: ketatausahaan sekolah, administrasi keuangan, alat-alat perlengkapan.• Bidang administrasi personal, yang mencakup di dalamnya persoalan guru dan pegawai sekolah dan sebagainya.• Bidang administrasi kurikulum, yang mencakup didalamnya pelaksanaan kurikulum, pembinaan kurikulum, penyusunan silabus, perisapan harian, dan sebagainya.
  8. 8. Peranan Guru dalamAdministrasi PendidikanDi sekolah guru berada dalam kegiatan administrasi sekolah, sekolah melaksanakan kegiatannya untuk menghasilkan lulusan yang jumlah serta mutunya telah ditetapkan. Dalam lingkup administrasi sekolah itu peranan guru amat penting.

×