Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
KELOMPOK 8
• Afifah Dhaniyah
• Firda Siregar
• Grace Enenta
DAMPAK SOSIAL SEGREGASI ETNIS
MADURA DI PERKOTAAN
Pengertian Segregasi:
Segregasi adalah pemisahan (suatu golongan dari go...
Dampak Sosial Segregasi Etnis Madura
Segregasi etnis Madura menunjukkan adanya wilayah
pemukiman yang terpisah dari pemuki...
Etnis Madura memiliki kecendrungan hidup yang
berkelompok dalam satu komunitas ketika bermigrasi ke daerah-
daerah urban.
...
Bentuk positif dari terbentuknya segregasi pemukiman
komunitas Madura yaitu:
1. Terbentuknya solidaritas yang kuat dalam k...
Tidak hanya memiliki sisi positif saja, sisi negatif pun ada dari
berdirinya suatu segregasi pemukiman etnis Madura. Yaitu...
Faktor Terbentuknya Segregasi
(Singgih, 2002:45):
1. Jumlah anggota
2. Kondisi ekonomi
3. Penyimpangan kultur
4. Pandangan...
Orang Madura asli masih manganut pola pemukiman tertentu
yang dikenal dengan sebutan taneyan lanjang. Dalam bahasa
Madura,...
Taneyan Lanjang
Taneyan Lanjang adalah Permukiman tradisional Madura yang terdiri
atas kumpulan rumah keluarga. Satu kelom...
Bentuk dari Taneyan Lanjang:
Dampak sosial segregasi etnis madura di perkotaan
Dampak sosial segregasi etnis madura di perkotaan
Dampak sosial segregasi etnis madura di perkotaan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Dampak sosial segregasi etnis madura di perkotaan

1,598 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Dampak sosial segregasi etnis madura di perkotaan

  1. 1. KELOMPOK 8 • Afifah Dhaniyah • Firda Siregar • Grace Enenta
  2. 2. DAMPAK SOSIAL SEGREGASI ETNIS MADURA DI PERKOTAAN Pengertian Segregasi: Segregasi adalah pemisahan (suatu golongan dari golongan lainnya); pengasingan pengucilan. Pengertian segregasi lainnya yaitu upaya untuk saling memisahkan diri dan saling menghindar dalam rangka mengurangi ketegangan dan menghilangkan konflik masing- masing pihak.
  3. 3. Dampak Sosial Segregasi Etnis Madura Segregasi etnis Madura menunjukkan adanya wilayah pemukiman yang terpisah dari pemukiman pada umumnya sehingga mengakibatkan terjadinya pengelompokkan pemukiman yang berlatar etnis Madura pada daerah tertentu.
  4. 4. Etnis Madura memiliki kecendrungan hidup yang berkelompok dalam satu komunitas ketika bermigrasi ke daerah- daerah urban. Bagi komunitas internal etnis Madura sendiri, segregasi pemukiman tersebut cenderung berdampak positif sebagai keberlangsungan sistem sosial pada masyarakat Madura di wilayah Wonokusomo, Kelurahan Semampir, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya sebagai unit kesatuan sosial yang kohesif (melekat).
  5. 5. Bentuk positif dari terbentuknya segregasi pemukiman komunitas Madura yaitu: 1. Terbentuknya solidaritas yang kuat dalam komunitas internal etnis Madura 2. Adanya penguatan identitas keetnisan (Madura) 3. Terbentuknya jaringan sosial ekonomi Sisi lain dari terbentuknya segregasi bagi etnis Madura yang berada diperkotaan memiliki dampak sosial terhadap masyarakat atau lingkungan sosial sekitarnya.
  6. 6. Tidak hanya memiliki sisi positif saja, sisi negatif pun ada dari berdirinya suatu segregasi pemukiman etnis Madura. Yaitu: 1. Segregasi pemukiman etnis Madura dicitrakan sebagai lingkungan yang kumuh dan cenderung tidak tertata (teratur) pemukimannya. 2. Tidak berfungsinya kelembagaan struktur sosial dalam unit sistem sosial yang lebih luas. 3. Kecendrungan eksklusifitas etnis madura dalam segregasi pemukiman sehingga menimbulkan banyak prasangka- prasangka sosial dari masyarakat luar berupa kekhawatiran- kekhawatiran terjadinya kerawanan sosial.
  7. 7. Faktor Terbentuknya Segregasi (Singgih, 2002:45): 1. Jumlah anggota 2. Kondisi ekonomi 3. Penyimpangan kultur 4. Pandangan terhadap kelompok minoritas 5. Status kelas 6. Konservatisme (ingin mempertahankan tradisi & stabilitas sosial)
  8. 8. Orang Madura asli masih manganut pola pemukiman tertentu yang dikenal dengan sebutan taneyan lanjang. Dalam bahasa Madura, taneyan berarti halaman dan lanjang berarti panjang. Jadi arti dari taneyan lanjang adalah pekarangan panjang. Dari segi fisik dan luas pekarangan, kurang tepat kiranya pemukiman mereka disebut taneyan lanjang. Karena rata-rata rumah suku Madura tidak memiliki pekarangan yang luas. Tetapi setidaknya nilai dari tradisi pemukiman taneyan lanjang masih melekat dalam pemukiman etnis Madura tersebut.
  9. 9. Taneyan Lanjang Taneyan Lanjang adalah Permukiman tradisional Madura yang terdiri atas kumpulan rumah keluarga. Satu kelompok rumah terdiri atas 2-10 rumah, atau keluarga batih yang terdiri dari orang tua, anak, cucu, cicit dan seterusnya. Hubungan keluarga kandung merupakan ciri khas dari kelompok ini. Apabila susunan ini terlalu panjang maka susunan berubah menjadi berhadapan. Taneyan Lanjang hanya memiliki satu halaman dimana halaman luas tersebut dimanfaatkan sebagai tempat menjemur hasil panen, tempat bermain anak-anak dan tempat diadakannya acara hajatan dalam keluarga tersebut.
  10. 10. Bentuk dari Taneyan Lanjang:

×