Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Kelompok 3:
• A f i f a h D h a n i y a h
• A f r i y a n t i Z a m i l i
• A g r i v i a n d a
• F i r d a S i r e g a r
...
Sejarah Ekonomi
A. Aliran Merkantilisme
Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan
bahwa kesejahteraan suatu...
B. Aliran Fisiokrat
Kaum Fisiokrat percaya bahwa alam diciptakan oleh Tuhan
penuh keselarasan dan keharmonisan. Hukum alam...
C. Aliran Klasik
1. Adam Smith. Beliau menekankan pada pembagian kerja.
Pembagian kerja terdiri dari: pembagian kerja sede...
3. Arthur Lewis adalah pencipta model pertumbuhan dengan suplai
tenaga kerja yang tidak terbatas.
4. Thomas Robbet Malthus...
Menurut Aliran Klasik, yaitu masalah pokok ekonomi terdiri
dari Produksi, Distribusi, dan Konsumsi.
• Produksi, adalah usa...
D. Sosialisme
Sistem Ekonomi Sosialis : Suatu sistem yang
memberikan kebebasan yang cukup besar untuk
melaksanakan kegiata...
E. Aliran Historis
Aliran ini berdasarkan pola pendekatan pada perspektif
sejarah. Mazhab ini mendominasi pemikiran ekonom...
F. Aliran Guna Batas
Menurut teori nilai sunjektif Analisis nilai suatu barang harus
berpangkal pada subjek pemakai berhub...
G. Aliran Aglo-Amerika
H. Keynesianisme
Keynesianisme atau Teori Keynes adalah suatu
teori ekonomi yang didasarkan pada ide ekonom John
Maynard K...
bentuk sejarah ekonomi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

bentuk sejarah ekonomi

337 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

bentuk sejarah ekonomi

  1. 1. Kelompok 3: • A f i f a h D h a n i y a h • A f r i y a n t i Z a m i l i • A g r i v i a n d a • F i r d a S i r e g a r • J e m m i S i r a i t • S u s i l a w a t i
  2. 2. Sejarah Ekonomi A. Aliran Merkantilisme Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya modal negara, dan besarnya volum perdagangan global. Merkantilisme mengajarkan pemerintahan suatu negara harus mencapai tujuan dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya, dengan mendorong eksport dan mengurangi import.
  3. 3. B. Aliran Fisiokrat Kaum Fisiokrat percaya bahwa alam diciptakan oleh Tuhan penuh keselarasan dan keharmonisan. Hukum alam penuh dengan keselarasan dan keharmonian berlaku kapan saja, dimana saja dan dalam situasi apa pun (bersifat kosmopolit). Kaum fisiokrat percaya bahwa sistem perekonomian juga mirip dengan alam yang penuh harmoni. Dengan demikian, setiap tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhannya masing-masing juga akan selaras dengan kemakmuran masyarakat banyak. Tokoh utama aliran fisiokrat adalah Francis Quesnay.
  4. 4. C. Aliran Klasik 1. Adam Smith. Beliau menekankan pada pembagian kerja. Pembagian kerja terdiri dari: pembagian kerja sederhana, pembagian kerja tersusun, pembagian kerja spesialis, dan pembagian kerja industri. Beliau juga berpendapat bahwa proses pertumbuhan ekonomi dilihat dari pertumbuhan output dan pertumbuhan input. 2. David Ricardo mengajukan teori keuntungan komparatif. David Ricardo menyatakan bahwa suatu Negara akan mendapatkan keuntungan dari perdagangan karena masing-masing pihak mengambil relative efficient tenaga kerjanya masing-masing.
  5. 5. 3. Arthur Lewis adalah pencipta model pertumbuhan dengan suplai tenaga kerja yang tidak terbatas. 4. Thomas Robbet Malthus permintaan akan investasi merupakan pendorong bagi perkembangan ekonomi, yaitu sumber capital, tetapi dapat juga menghambat perkembangan ekonomi karena memperkecil perimintaan. 5. Bapak dari Jemes Mill, Mill membolehkan campur tangan pemerintah berupa peraturan-peraturan dan kebijaksanaan- kebijaksanaan yang dapat membawa kea rah peningkatan efisiensi dan penciptaan iklim yang lebih baik. Kebanyakan pakar ekonomi sepakat bahwa ajaran klasik mencapai puncaknya di tangan J.S Mill.
  6. 6. Menurut Aliran Klasik, yaitu masalah pokok ekonomi terdiri dari Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. • Produksi, adalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda. • Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. • Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
  7. 7. D. Sosialisme Sistem Ekonomi Sosialis : Suatu sistem yang memberikan kebebasan yang cukup besar untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah mengatur berbagai hal dalam ekonomi untuk menjamin kesejahteraan masyarakat. Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialisme Kelemahan Sistem Ekonomi Sosialisme Disediakannya kebutuhan pokok oleh pemerintah Sulit melakukan transaksi Kegiatan ekonomi didasarkan perencanaan negara Membatasi kebebasan Produksi dikelola oleh Negara Mengabaikan pendidikan moral
  8. 8. E. Aliran Historis Aliran ini berdasarkan pola pendekatan pada perspektif sejarah. Mazhab ini mendominasi pemikiran ekonomi di Jerman abad ke-19 sampai abad ke-20. Friedrich List pelopor yang meletakan landasan bagi pertumbuhan pemikiran ekonomi mazhab Historismus ini.
  9. 9. F. Aliran Guna Batas Menurut teori nilai sunjektif Analisis nilai suatu barang harus berpangkal pada subjek pemakai berhubung dengan pemuasan kebutuhannya. Semua alat-alat produksi dari golongan yang lebih tinggi berturut-turut dan sambung menyambung mempunyai yang sama bagi subjek ekonomi. Subjek ekonomi memberikan nilai lebih pada pemakaian sekarang dibandingkan kelak pada barang yang sama. Perbedaan dalam perbandingan antara kebutuhan dan alat-alat pemuas kebutuhan dalam beberapa waktu. Seseorang secara sistematis menilai rendah untuk kebutuhan-kebutuhan yang akan datang.
  10. 10. G. Aliran Aglo-Amerika
  11. 11. H. Keynesianisme Keynesianisme atau Teori Keynes adalah suatu teori ekonomi yang didasarkan pada ide ekonom John Maynard Keynes. Teori ini mempromosikan suatu ekonomi campuran, di mana baik negara maupun sektor swasta memegang peranan penting.

×