Isu sosial dan etika dalam sistem informasi

4,993 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,993
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
124
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Isu sosial dan etika dalam sistem informasi

  1. 1. ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI GHANI AFFAN KAUTSAR (04639)
  2. 2. Isu Etika dan Isu SosialIsu Etika merupakan sebuah prinsip benar atausalah yang di gunakan seseorang sebagai pelakumoral, Etika mencakup analisis dan penerapankonsep seperti benar, salah, baik, buruk, dantanggung jawab untuk mengambil keputusan.Isu Sosial lagir dari adanya isu etika berkembangdalam masyarakat mengharap individumelakukan suatu hal yang benar.
  3. 3. Dimensi moral dalam era informasi1. Hak dan kewajiban informasi Sejauh mana hak dan kewajiban seorang idividu maupun organisasi dalam memperoleh informasi dan apa saja kewajiban mereka terhadap informasi.2. Kepemilikan hak dan kewajiban yaitu bagaimana hak hak yang dimiliki individu maupun organisasi dapat di lindungi dalam sebuah lingkup kehidupan digital seperti sekarang ini. Sehingga hak hak pribadi dan organisasi dapat terlindungi.3. Akuntabilitas dan Pengendalian yaitu bagaimana mengendalikan sistem informasi terhadap bahaya-bahaya yang mungkin terjadi dan juga akuntabilitas dalam penggunaan informasi.4. Kualitas sistem yaitu standar kualitas sistem yang harus di penuhi untuk melindungi hak- hak pribadi dan masyarakat serta menjaa agar ingormasi maupun privasi masyarakat tetap terjaga.5. Kualitas hidup yaitu nilai-bilai yang harus terus di jaga dan dilindungi oleh arus informasi.
  4. 4. Konsep dasar dalam sistem informasi1. Tanggung jawab mampu menarima konsekwensi semua biaya, kewajiban, dan keharusan dari keputusan yang telah di ambil.2. Akuntabiliti Mekanisme yang dapat dipercaya dalam membangun sikap tanggung jawab.3. Kewajiban (liability) ciri-ciri sistem politis dimana suatu badan hukum memberi suatu keputusan yang memberi izin kepada individu untuk mengganti kerugian dari informasi baik itu individu maupun sistem

×