Kuliah 2 isbd - mbb

2,429 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,429
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
25
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kuliah 2 isbd - mbb

  1. 1. ISBD: ILMU SOSIAL dan BUDAYA DASAR MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)
  2. 2. Pengertian MBBMata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakatadalah kelompok bahan kajian dan pelajaranyang diperlukan seseorang untuk dapatmemahami kaidah kehidupan bermasyarakatsesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya
  3. 3. Visi MBBMerupakan sumber nilai dan pedoman bagipenyelenggaraan program studi gunamengantarkan mahasiswa memantapkankepribadian, kepekaan sosial, kemampuanbermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian,pemahaman sumber daya alam dan lingkunganhidup, dan mempunyai wawasan tentangperkembangan ilmu pengetahuan, teknologi danseni.
  4. 4. Misi MBBMembantu menumbuhkembangkan daya kritis, dayakreatif, apresiasi dan kepekaan terhadap nilai-nilaisosial dan budaya demi memantapkan kepribadiansebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individudan makhluk sosial.
  5. 5. ISBD; Program Pendidikan Umum• Pendidikan umum merupakan bidang kajian yang membekali peserta didik kemampuan dasar tentang pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai dasar kemanusisaan, sebagai makhluk Tuhan, pribadi, anggota keluarga, masyarakat, warganegara, dan sebagai bagian dari alam.
  6. 6. ISBD; Program Pendidikan Umum• ISBD mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan personal; kemampuan untuk menempatkan diri sebagai anggota masyarakat serta memiliki tanggung jawab sosial kemasyarakatan.• Tanggung jawab itu diwujudkan dengan keikutsertaan dalam memecahkan masalah sosial budaya sesuai dengan ilmu yang dimiliki.
  7. 7. ISBD Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya• ISBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya, sehingga mahasiswa mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan dan budaya.• Dengan demikian menjadikan mahasiswa peka, tanggap, kritis, serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.
  8. 8. ISBD Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya• ISBD digunakan untuk mencari pemecahan masalah kemasyarakatan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin ilmu sosial dan budaya.• Pendekatan dalam ISBD akan memperluas pandangan bahwa masalah sosial, kemanusiaan dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang.• Demikian pula, ISBD diharapkan dapat memberi wawasan akan pentingnya pendekatan sosial dan budaya dalam menangani masalah alam.• Artinya; pembangunan tidak hanya berdasarkan pertimbangan teknis semata, tetapi juga harus mempertimbangkan aspek sosial budaya masyarakat di sekitarnya.

×