Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt

2,430 views

Published on

bahasa indonesia

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ppt

  1. 1. ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
  2. 2. Kata Ganti dan Depan Oleh : ANNISA SEPTIANI
  3. 3. Kata ganti1. Pengertian Kata ganti adalah kata yang digunakan untuk mengganti kata benda. Selain itu, kata ganti digunakan untuk menghindari pengulangan penyebutan nama atau benda secara berulang- ulang, yang akhirnya dapat menimbulkan kebosanan.
  4. 4. 2. Macam-macam kata gantiBedasarkan fungsinya kata ganti dapat dibedakan menjadi 5 yaitu:Kata ganti orang, adalah kata yang menggantikan orang atau benda penggantinya.Kata ganti orang dibedakan menjadi 3, yaitu:Kata ganti orang pertama•Orang pertama tunggal : aku dan saya•Orang pertama jamak : kita dan kami.Kata ganti orang kedua•Orang kedua tunggal : kamu, saudara, dan engkau•Orang kedua jamak : anda dan kalianKata ganti orang ketiga•Orang ketiga tunggal : ia, dia, dan beliau•Orang ketiga jamak : mereka.Cara penulisan dalam kalimat, kata ganti orang ditulis terpisah (diberi spasi) dari katayang mengikuti atau mendahuluinya.Contoh : Aku menghadiri seminar di Bali bersama mereka. Engkau tidak pernah bilang bahwa dia adalah seorang penulis.
  5. 5. Kata ganti kepunyaan adalah kata ganti yang menunjukanmilik, biasanya terletak dibelakang kata benda yangditerangkan, dan bentuknya diringkaskan.Cara penulisan dalam kalimat, ditulis serangkai dengan katayang mengikuti atau kata yang mendahuluinya (kaecuali untukkau-)Contoh: Bukuku dipinjamnya. Kucingku bermain dirumahnya. Kurangkai kata-kata indah ini khusus untukmu.Kata ganti penunjuk adalah kata ganti yang digunakan untukmenunjuk sesuatu.Contoh: Buku ini yang aku cari. Saat itu saya tidak ada dirumah.
  6. 6. Kata ganti penunjuk adalah kata ganti yang digunakan untukmenunjuk sesuatu.Contoh : Buku ini yang aku cari. Saat itu saya tidak ada dirumah.Kata ganti penghubung adalah kata yang menghubungkansuatu kata benda dengan kata yang menerangkannya.Contoh : Rumah yang besar itu miliknya. Pria yang ramah itu disenangi teman-temannya.Kata ganti tanya adalah kata yang menanyakan benda atauyang dibendakan serta keterangannya.Cara penulisan dalam kalimat, ditulis terpisah dengan katayang mengikuti atau yang mendahului.Contoh : Bagaimana keadaanmu sekarang? Apa penyebab kecelakaan itu? Dimana kecelakaan itu terjadi? Siapa yang mengalami kecelakaan itu?
  7. 7. Kata depan1. Pengertian Kata depan adalah kata yang terletak di depan kata lain berfungsi menghubungkan atau merangkaikan kata dengan kata atau kata dengan kalimat.2. Macam-macam kata depan Bedasarkan fungsinya kata depan dibedakan menjadi 6: Kata di, ke, dan dari, dalam fungsi kata ini menyatakan tempat atau arah. Di : menunjukan pada suatu tempat. Ke : menunjukkan arah yang dituju. Dari : menunjukkan tempat yang ditinggalkan. Kata depan tersebut merupakan jenis kata depan asli (sejati). Namun demikian terdapat jenis kata depan yang lain yang berasal dari kata benda, kata kerja, dan lain-lain.
  8. 8. Menurut Pedoman Umum Bahasa Indonesia yang Disempurnakan "Kata depandi, ke, dan dari ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya kecuali di dalamgabungan kata yang sudah lazim dianggap sebagai satu kata seperti kepada dandaripada."Untuk menghubungkan dua klausa tidak sederajat, bahasa Indonesia tidakmengenal bentuk "di mana" (padanan dalam bahasa Inggris adalah"who", "whom", "which", atau "where") atau variasinya ("dalammana", "dengan mana", "yang mana", dan sebagainya).Penggunaan "di mana", "yang mana", dan lain-lain sebagai kata penghubungsangat sering terjadi pada penerjemahan naskah dari bahasa-bahasa Indo-Eropake bahasa Indonesia. Pada dasarnya, bahasa Indonesia hanya mengenal kata"yang" sebagai kata penghubung untuk kepentingan itu, dan penggunaannyapun terbatas. Dengan demikian, penggunaan bentuk "di mana" maupun "yangmana" harus dihindari, termasuk dalam penulisan keterangan rumusmatematika. Kaidah tata bahasa Indonesia memiliki kosakata yang cukup untukmenterjemahkan "who", "where", "which", "whom" tanpa menggunakan kata"di mana".
  9. 9. Contoh:•di mana → tempatKami ke restoran di mana teman merayakan pesta ulang tahunnya.(seharusnya) Kami ke restoran tempat teman merayakan pesta ulangtahunnya.•di mana → denganAcara berikutnya adalah “Kuis Remaja” di mana Kris Aria sebagaipresenternya. (seharusnya) Acara berikutnya adalah “ KuisRemaja”dengan Kris Aria sebagai presenternya.•di mana → yangPemerintah memberi bantuan kepada korban di mana mereka tertimpabencana alam. (seharusnya) Pemerintah memberi bantuan kepada korbanyang tertimpa bencana alam.•di mana → (subklausa)Perusahaan itu mengadakan pelatihan di mana karyawan dibina untukmenjadi tenaga terampil. (seharusnya) Perusahaan itu mengadakanpelatihan; dalam pelatihan itu karyawan dibina untuk menjadi tenagaterampil.
  10. 10. •yang mana → yangPenanggung jawab surat kabar itu akan dituntut untukberita yang mana dianggap melecehkan artis itu.(seharusnya) Penanggung jawab surat kabar itu akandituntut untuk berita yang dianggap melecehkan artis itu.•yang mana → sehingga/dana. Koperasi itu harus berjalan dengan baik yang mana kebutuhan setiap anggota dapat dipenuhi dari sini. (seharusnya) Koperasi itu harus berjalan dengan baik sehingga kebutuhan setiap anggota dapat dipenuhi dari sini.b. Wisatawan mancanegara meningkat terus yang mana negara tujuan wisata pun bertambah. (seharusnya) Wisatawan mancanegara meningkat terus dan negara tujuan wisata pun makin bertambah.
  11. 11. Kekisruhan ini mungkin disebabkan pengaruh olehEjaan Soewandi (1947) yang mengharuskan penulisandiserangkai dengan kata yang mengikutinya, baiksebagai kata depan maupun sebagai awalan.Penggunaan "di mana" (selalu ditulis terpisah) yangtepat hanyalah dalam sebagai kata tanya dalam kalimattanya, sebagai kata penghubung yang menyatakantempat, dan dalam bentuk "di mana-mana". Contoh:•Di mana ia menginap?•Kami akan berunding di mana ia akan menginap.•Di mana ia menginap, di situ keluarganya menginap.•Ia dapat menginap di mana-mana.
  12. 12. •Kata pada atau kepada berfungsi menanyakan waktu atau nama orang.Contoh : kami tunggu kehadiran saudara pada hari ini.•Kata depan akan berfungsi menanyakan waktu atau kegiatan yang akan dilaksanakan atauyang akan terjadi.Contoh : kampus kamu akan mengadakan kegiatan bakti sosial.•Kata depan dengan berfungsi menanyakan alat, keadaan, hubungan kesetaraan, danketerangan perbandingan.Contoh :a. Ayah memotong kayu dengan gergajib. Dengan tergesa-gesa mereka meninggalkan ruangan.c. Jakarta lebih panas dibandingkan dengan Lampung.•Kata depan atas berfungsi menghubungkan kata benda atau keta kerja dengan kataketerangan dan berfungsi menggantikan kata dengan dan demi.Contoh :a. kegiatan ini terselenggara atas kerjasama semua anggota masyarakat.b. Terimakasih atas bantuan anda.•Kata depan antara berfungsi menunjukkan jarak.Contoh :Lokasi perkemahan itu terletak antara Tangerang dengan Jakarta.
  13. 13. WASSALAMUALAIKUM WR.WB

×