Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Menghadapi Pandemi dengan Teknologi, Kilas Balik JDS 2020

1,020 views

Published on

Menghadapi Pandemi dengan Teknologi, Kilas Balik JDS di 2020

Published in: Government & Nonprofit
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Menghadapi Pandemi dengan Teknologi, Kilas Balik JDS 2020

  1. 1. Menghadapi Pandemi dengan Teknologi KilasBalik2020 Laporan Akhir Tahun UPTD Pusat Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial (Jabar Digital Service)
  2. 2. Kami berencana meluncurkan Jabar Command Center (JCC) sebagai pusat komando yang memastikan pengambilan keputusan di Jabar lebih berdasarkan data pada awal 2020. Mewabahnya Covid-19 menggagalkan rencana peresmian megah fasilitas futuristik ini. Namun, JCC langsung mendapatkan tugas mulia yang tepat dengan tujuan dibangunnya. Pada 10 Maret 2020 JCC diresmikan Gubernur Ridwan Kamil sebagai Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). Laporan Akhir Tahun UPTD Pusat Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial (Jabar Digital Service) 11 Pikobar: Cepat menjawab tantangan dengan cara baru
  3. 3. Digital Tools Fitur yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk melakukan periksa gejala Covid-19 secara digital. Fitur ini hasil kerja sama dengan Prixa.ai. Periksa Mandiri Daftar Tes Masif Sistem ini dirancang agar masyarakat bisa mendaftar tes Covid-19 yang terjadwal secara otomatis dan minim kontak fisik. Log GPS Fitur bagikan lokasi di aplikasi Pikobar bagi pengguna yang bersedia membantu mempermudah upaya pelacakan kontak. Lapor Mandiri Fitur di aplikasi Pikobar bagi kasus dan kontak erat untuk melaporkan kondisi kesehatan kepada surveilans selama 14 hari. Laporan Akhir Tahun UPTD Pusat Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial (Jabar Digital Service) 24 Membangun ekosistem digital untuk tangani pandemi secara total JDS mengembangkan beberapa Digital Tools rekomendasi WHO yang terintegrasi dengan Pikobar untuk memudahkan proses test and trace.
  4. 4. Bad Data, Bad Decision. (Foto: Muhammad Fakhri/ Jabar Digital Service)
  5. 5. Virus mengharuskan kami untuk menjaga jarak, tapi kami juga berperan kunci dalam membantu Jabar menanggulangi pandemi. Kami pun memindahkan rutinitas di kantor ke ruang kerja virtual sebagai strategi untuk tetap produktif bekerja sambil patuh pembatasan sosial. Bekerja dari rumah tak hanya menyita waktu bersama keluarga di rumah, tapi juga merenggut kedekatan personal antar rekan JDS. Townhall virtual menjadi inisiasi untuk menjaga performa sekaligus bertukar solusi di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Laporan Akhir Tahun UPTD Pusat Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial (Jabar Digital Service) 65 Di balik layar penanganan pandemi Jabar Bergantian kerja di rumah dan di kantor, meminimalisasi penularan dengan mengurangi okupansi antar bilik kerja. (Foto: Adji Putra/Jabar Digital Service)
  6. 6. Pikobar tentunya akan disiapkan untuk bisa menangani bencana serupa di masa yang akan datang. Kita tidak berharap krisis seperti ini terulang lagi. Satu hal yang kami pelajari, Jika kita siap secara digital, kita bisa lebih sigap menghadapi bencana lainnya. Biondi Sanda Sima, Koordinator Implementasi dan Pengelolaan JDS & Anggota Satgas Covid-19 Jabar Sub-Divisi Pengujian Massal 77 Penutup (Foto: Muhammad Fakhri/Jabar Digital Service)

×