IPS Kelas 8 - Penentuan Harga Pasar (by adjiebrotot)

10,449 views

Published on

Presentasi Pelajaran IPS Kelas 8 KTSP Bab tentang Penentuan Harga Pasar dan Harga Keseimbangan

Published in: Education

IPS Kelas 8 - Penentuan Harga Pasar (by adjiebrotot)

  1. 1. Presentasi IPS: Oleh: Harso Adjie Broto Sukmono VIII-2 / SMP Negeri 1 Jakarta Website: www.adjiebrotot.com Twitter: @adjiebrotot Facebook: Adjie Brotot
  2. 2. Daftar Isi  Permintaan Barang dan Jasa Penawaran Permintaan • Pengertian Barang dan Jasa • Faktor-Faktor Permintaan Harga Keseimbangan • Pengertian Penawaran • Macam-Macam Permintaan • Faktor-Faktor Penawaran • Pengertian Harga Hukum Permintaan • Macam-Macam Penawaran • Fungsi Harga Kurva Permintaan • Hukum Penawaran • Terjadinya Harga Pasar Etika Ekonomi dalam Permintaan • Kurva Penawaran • Etika Ekonomi dalam Penawaran
  3. 3. SUB-BAB A Permintaan Barang dan Jasa
  4. 4. Pengertian PermintanPermintaan adalah kesanggupan pembeli untuk membeliberbagai jumlah barang dan jasa berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Misal: Saat akhir ramadhan/menjelang lebaran, banyak orang yang membeli baju baru, sarung, sejadah, dll sehingga permintaan melonjak. Namun saat lebaran berakhir, jarang orang yang mau membeli, sehingga permintaan menurun.
  5. 5. Faktor-Faktor PermintaanIntensitas KebutuhanIntensitas kebutuhan berarti mendesak atau tidaknya kebutuhan.Contoh:Pada musim wabah penyakit, kebutuhan akan obat-obatan akanmendesak, sehingga permintaan meningkat, sedangkan saatwabah penyakit berakhir, kebutuhan akan obat-obatan tidak lagimendesak. Selera Masyarakat Jika selera masyarakat pada suatu barang atau jasa sedang meningkat, permintaan barang atau jasa tersebut akan meningkat pula. Contoh: Karena batik menjadi peninggalan dunia yang diakui UNESCO, selera masyakarat akan batik meningkat, sehingga permintaan hal-hal berbau batik seperti baju batik, sepatu batik, jaket batik, gitar batik, dll meningkat pula.
  6. 6. Faktor-Faktor PermintaanKeuanganJika pendapatan meningkat, maka pengeluarannya akanmeningkat. Maka permintaan akan barang-barang juka akanmeningkat. Juga sebaliknya.Perkiraan HargaApabila kita memperkirakan bahwa harga barang dan jasa akan naik pada masayang akan datang, maka akan menambah permintaan barang atau jasa menjadinaik, sebaliknya, jika harga barang atau jasa akan turun harganya pada masayang akan datang, maka akan mengurangi permintaan barang dan jasa danmenunggu harga barang dan jasa benar benar turun. Adat dan Kebiasaan Adat dan kebiasaan masyarakat dapat memengaruhi jumlah barang yang diminta. Misalnya pada saat Idul Adha, disunahkan untuk memotong hewan qurban. Akhirnya, permintaan akan hewan qurban meningkat.
  7. 7. Faktor-Faktor PermintaanHarga Barang SubstitusiBarang substitusi adalah barang pengganti. Jika harga barangsubstitusi turun, maka permintaan terhadap barang yangdigantikan akan turun pula karena orang lebih suka membelibarang substitusi yang harganya relative murah.Contoh:Smartphone merupakan barang pengganti Laptop, ketika hargaSmartphone lebih murah daripada Laptop, maka permintaanakan smartphone akan semakin banyak. Harga Barang Komplementer Barang Komplementer adalah barang pelengkap. Jika harga komplementer naik, maka permintaan terhadap barang komplementarinya akan turun. Contoh: Kertas merupakan pelengkap Buku, jika harga kertas naik, maka harga buku juga ikut naik, akhirnya permintaan akan buku berkurang
  8. 8. 1. Permintaan Menurut Daya Beli KonsumenPermintaan EfektifPermintaan Potensial permintaan yang disertai daya beli masyarakat Permintaan efektif adalah atau konsumen.Permintaan Absolutadalah permintaan yang disertai dengan Permintaan potensial kemampuan membeli, tetapi belum melakukan transaksi. Contoh: Aman memiliki Pancingan. Pancingan aman merupakan contoh Permintaan absolut adalah permintaan yang tidak disertai daya beli masyarakat atau konsumen. karena aman memiliki kemampuan untuk Permintaan Efektif Contoh: Aman ingin menyewa jasa mancing di laut, aman mampu membelinya dan sudah membelinya menyewanya namun aman menggunakan uangnya untuk Contoh: Aman ingin membeli pentingSpeed Boat untuk memancing, keperluan yang lebih sebuah terdahulu. namun uang aman tidak cukup untuk membelinya.
  9. 9. 2. Permintaan Menurut Jumlah Permintaan Permintaan individu; adalah permintaan yang berasal dari seseorang Permintaan kolektif; adalah gabungan jumlah permintaan yang ada Contoh: Pada suatu hari, Aman dan Gabriel membeli umpan pancing. Aman membeli 5 kg udang dan 4 kg cacing. Sementara Gabriel membeli Udang dan Cacing masing-masing 3 kg. Permintaan Individu (kg) Permintaan No Jenis Barang Kolektif (kg) Aman Gabriel 1 Udang 5 3 8 2 Cacing 4 3 7
  10. 10. 3. Permintaan Menurut Subyeknya Permintaan Konsumen Permintaan Produsen Permintaan dari Masyarakat / Permintaan dari Industri atau Jasa yang Konsumen Untuk memenuhi memerlukan faktor-faktor Produksi seperti kebutuhan hidupnya. tenaga kerja, mesin, dan bahan baku. Permintaan Luar Negeri Permintaan Pemerintah Permintaan Barang/Jasa dari Permintaan dari pemerintah yang dibiayai luar negeri, hal ini akan oleh APBN untuk membiayai menimbulkan kegiatan ekspor pembangunan. Pemerintah juga yang mendatangkan devisa memerlukan bermacam-macam barang dan negara jasa untuk kelancaran pemerintahan.
  11. 11. The Law of Demand“Jika harga suatu barang dan jasa naik, jumlah barang atau jasa yangdiminta turun. Sebaliknya, jika harga suatu barang dan jasa turun, jumlahbarang dan jasa yang diminta naik.”Hukum permintaan hanya dapat berlaku dengan syarat ceteris paribus, artinyafaktor - faktor lain yang ikut memengaruhi naik turunnya permintaan, sepertiintensitas kebutuhan, pendapatan pembeli, dan selera masyarakat tidakberubah (konstan). Dengan kata lain, dalam hukum permintaan, hanya factorharga barang atau jasa yang berubah.
  12. 12. Kurva Permintaan Kurva permintaan adalah suatu garis yang menghubungkan titik titik potong antara harga barang atau jasa dan jumlah barang atau jasa yang diminta. Harga Pancingan PT. Aman Mancing Makmur (AMM) Harga (IDR) 1 Juta750 Ribu500 Ribu250 Ribu Jumlah (Pcs) 0 1 50 100
  13. 13. 1. Konsumen harus menyesuaikan permintaan dengan pendapatan yang dimiliki2. Jumlah Barang dan Jasa yang ingin dibeli tidak boleh berlebihan3. Konsumen harus mendahulukan barang/jasa yang lebih penting4. Tidak Terpengaruh Iklan/Bujukan. Konsumen harus membeli barang/jasa yang benar-benar dibutuhkan
  14. 14. SUB-BAB B Penawaran Barang dan Jasa
  15. 15. PENGERTIAN PENAWARANPenawaran adalah berbagai jumlah barang atau jasa yang ingin dijualoleh penjual atau oleh produsen pada waktu tertentu dan pada berbagaitingkat harga. Penawaran dilakukan agar barang atau jasa yang sudahdihasilkan bisa lebih laku terjual. Misal: PT. Azmi Technologies menawarkan Produk Terbarunya, Laptop Fisherman dengan cara Penawaran ditempat yang menetap, yaitu membuka Showroom Laptop.
  16. 16. Faktor-Faktor PenawaranBiaya ProduksiBiaya produksi adalah semua biayayang dikeluarkan produsen untukmemproduksi barang atau jasa, sepertibiaya bahan baku, biaya tenaga kerja,dan biaya perawatan mesin. Jika biayaproduksi naik,maka penawaran barangatau jasa akan diturunkan. Jika biayaproduksi naik namun harga jual tetapmaka produsen akan merugi. Contoh Jika harga nangka, telur atau beras naik, maka biaya produksi nasi gudeg akan naik, maka pedagang nasi gudeg yang bermodal terbatas akan mengurangi produksi nasi gudegnya, alhasil, penawaran yang dilakukan oleh warung nasi gudeg di jogja akan menurun.
  17. 17. Faktor-Faktor Penawaran Teknologi Produsen yang memiliki teknologi modern dapat memproduksi barang dan jasa dengan lebih cepat dan lebih banyak. Jadi, Penawaran barang dan jasa akan semakin meningkat. Demikian sebaliknya, Produsen dengan teknologi yang rendah, maka Penawaran barang dan jasanya akan sedikit.ContohMembajak sawah dengan traktor dan mesin lebih cepat dibanding kerbau dantangan secara manual. Jika dalam 1 hari pembajak sawah dengan kerbau dapatmembajak 100m2 lahan, pembajak dengan traktor dapat membajak 300m2 lahan.Padi yang dihasilkan pembajak dengan traktor lebih banyak daripada pembajakdengan kerbau. Demikian pula dengan proses menjadi gabah dan beras. Akhirnyapetani dengan traktor dan mesin dapat mengolah dan menghasilkan lebih banyakberas dalam sehari, maka penawarannyapun semakin banyak.
  18. 18. Faktor-Faktor Penawaran Kebutuhan Akan Modal Jika produsen memerlukan uang dengan segera, mereka akan meningkatkan penawarannya agar segera diperoleh hasil penjualan berupa uang.ContohProdusen Getuk Goreng “Cap Aman” membutuhkan modal untuk membuattempat produksi Getuk Goreng yang baru. Maka, iya memperbanyakpenawaran Getuk Goreng agar segera mendapatkan uang untuk membuattempat produksi getuk goreng yang baru.
  19. 19. Faktor-Faktor Penawaran Harga Barang Lain Penjual atau produsen akan menmbah atau mengurangi penawarannya walaupun harga barang di pasaran sedang naik. Dengan demikian berkurangnya penawaran konsumen akan sulit memperoleh barang. Harga akan semakin melambung tinggi ketika harga naik, maka produsen akan memperbanyak penawarannya dan produsen akan memperoleh laba yang relatif banyak.ContohSaat itu, hampir semua orang di dunia suka mancing. PT. AMM merupakanperusahaan penjual pancingan terbesar di dunia. Untuk memperoleh keuntunganPT. AMM mengurangi Penawaran Pancingan, sehingga harga Pancinganmelambung naik. Saat Pancingan langka dan mahal, namun masyarakat tetapantusias memancing, PT. AMM meningkatkan penawarannya, sehinggamemperoleh keuntungan banyak karena Nilai Jual Pancingan yang mahal saat itu.
  20. 20. Macam-Macam Penawaran Penawaran individu; Penawaran individu adalah penawaran barang atau jasa yang berasal dari seorang produsen. Penawaran kolektif; Penawaran kolektif adalah penawaran yamg merupakan kumpulan dari penawaran individu.Contoh: Pada saat harga Laptop bertipe sejenis Rp. 5 juta, PT. Aman Technologies mewarkan Laptop sebanyak 240 unit sementara PT. Gabriel Corp. menawarkan sebanyak 300 unit. Sedangkan pada saat harga Laptop Rp. 6 juta, PT. Aman Technologies menawarkan laptop sebanyak 320 Unit dan PT. Gabriel Corp. sebanyak 400 Unit. Penawaran Individu (unit) PenawaranNo Harga Barang Kolektif PT. Aman Technologies PT. Gabriel Corp. (unit)1 Rp. 5.000.000 240 300 5402 Rp. 6.000.000 320 400 720
  21. 21. The Law of Offer“Jika harga suatu barang atau jasa naik, jumlah barang atau jasa yangditawarkan naik. Jika harga suatu barang atau jasa turun, jumlah barangatau jasa yang ditawarkan ikut turun”Faktor lain yang memengaruhi penawaran dianggap tetap atau tidak berubah.Keadaan seperti ini disebut ceteris paribus.
  22. 22. Kurva Penawaran Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik potong antara harga barang atau jasa dan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan. Harga Getuk Goreng “Cap Aman” PHa S 40 Riburga 30 RibuB 20 Ribuara 10 Ribun S1 Qg 0 10 20 30 40 Jumlah Barang yang di Tawarkan
  23. 23. SUB-BAB C Harga Keseimbangan
  24. 24. Pengertian Harga Harga adalah nilai tukar suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang Uang adalahGabrielpembayaran yang sah alat Ryfan Kenny Uang Kartal Tujuh Ratus Lima Puluh Tiga Juta Rupiah Dua Milyar Uang yang diproduksi Bank Indonesia untuk dipergunakan 2,753,000,000.00Muhammaddalam kehidupan sehari-hari dan nominalnya terbatas. Azmi Amanullah Aman Contoh: Uang Logam & Uang Kertas. PT. AMAN TECHNOLOGIES Uang Giral Uang yang dikeluarkan bank-bank tertentu dan hanya berlaku untuk ditukarkan dengan uang kartal di bank-bank tertentu. Contoh: Cek & Giro Click to see larger images
  25. 25. FUNGSI HARGA- Sebagai Alat untuk mementukan pilihanDengan adanya harga, seseorang bisa menentukan barang/jasa yang harus dibelimenurut kebutuhan dan tingkat pendapatannya.- Alat untuk menetapkan tingkat pertukaranDengan adanya harga, sistem menukar barang menjadi lebih mudah. Sebuah barangdapat ditukar dengan barang lainnya dengan nilai harga yang sama.- Alat untuk menentukan tinggi rendahnya pendapatan realJika harga naik, maka seseorang hanya bisa membeli barang/jasa dengan jumlahterbatas, namun jika harga turun seseorang bisa membeli barang/jasa dengan jumlahyang banyak. Jadi Pendapatan real akan naik turun.
  26. 26. FUNGSI HARGA- Alat untuk menyeimbangkan permintaan dan penawaranJika permintaan banyak, maka harga akan turun, harga yang turun menyebabkanpenawaran turun. Bila penawaran turun, jumlah barang akan berkurang maka hargaakan naik. Jadi, Harga menyeimbangkan Permintaan dan Penawaran.- Alat untuk mengukur status sosial pembeliPembeli dengan status sosial tinggi biasanya membeli barang dengan harga yang lebihtinggi dibanding pembeli dengan status sosial rendah. Jadi, Harga dapat menentukanstatus sosial pembeli.- Alat untuk Mengalokasikan Faktor-Faktor ProduksiDengan adanya harga produsen atau pengusaha dapat menggunakan uangnya untukmembeli faktor-faktor produksi seperti S.D.A, S.D.M, Modal, dan Skill.
  27. 27. FUNGSI HARGA (CONTOH) Alat untuk menetapkan tingkat pertukaran Sebagai Alat untuk mementukan pilihan mengukur status sosial pembeli
  28. 28. Harga KeseimbanganHarga Keseimbangan (Equilibrium Price) terjadi saatJumlah barang yang diminta sama dengan Jumlah barangyang ditawarkan sehingga harga menjadi sama/seimbang.
  29. 29. Harga Keseimbangan Grafik Permintaan dan Penawaran PT. Aman Mancing Makmur 201210 Juta7 Juta Harga Keseimbangan5 Juta2 Juta1 Juta 0 1 10 20 30 40 50
  30. 30. TERI MAKASIH

×