Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sejarah android Aditya Canakia

197 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sejarah android Aditya Canakia

  1. 1. Aditya C B
  2. 2. Keterangan sejarah android
  3. 3. SEJARAH ANDROID
  4. 4. SEJARAH ANDROID  Sejarah Lahirnya Android - Sudah tahukah kamu kapan android terlahir ? Sudah tahukah kamu apa itu android & siapa seorang pencipta android ? . Mungkin dari setiap orang pengguna android belum tau jawaban tentang pertanyaan tersebut, pertanyaan yang simple tapi sangat penting.  Apa itu android ?  Android adalah sebuah system operasi berbasis linux yang di rancang khusus untuk perangkat selular / telpon genggam yang biasa di sebut gadget atau smartphone (telpon pintar) dan computer tablet (tab).  Siapakah Pencipta Android ?  Android awalnya di kembangkan oleh android inc, sebuah perusahaan yang membuat software untuk ponsel yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat . Di tahun 2005 Google membeli/mengakusisi perusahaan yang waktu itu bernama Android sebuah perusahaan yang berkecimpung didunia mobile. Setelah diambil alih oleh Google, pada November 2007 Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan ponsel Google dengan OS (Operating System) mobile terbaru yang mereka namai Android. OS Android ini sebenarnya didasarkan pada kernel Linux dan dirancang digunakan oleh Open Handset Alliance yang terdiri dari sekelompok puluhan pembuat hardware, carrier dan perusahaan terkait perangkat mobile lainnya, diantaranya Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, dll. Open Handset Alliance dibentuk untuk mengembangkan Android yang bersifat open source yang sourcenya di berikan secara gratis bagi bagi para pengembang (developer).
  5. 5. SEJARAH ANDROID  Android berperan besar dalam perkembangan teknologi selama lebih dari enam tahun terakhir ini. Selama ini, banyak sekali orang telah dimanjakan oleh berbagai kemudahan yang diberikan oleh OS Android. Setelah Android muncul dan diakuisisi oleh Google, perusahaan ini kian fokus untuk berperang dalam kategori smartphone dan terus memberikan update terhadap sistem operasi yang diusungnya tersebut.  Sejak diakuisisi oleh Google dan diterapkan ke dalam sebuah perangkat, OS Android dikembangkan dengan kode yang dinamai berdasarkan nama dessert (pencuci mulut) dan diurut berdasarkan alfabet, seperti Cupcake (OS Android 1.5), Donut (OS Android 1.6), Eclair (OS Android 2.0 – 2.1), Froyo (OS Android 2.2 – 2.2.3), Gingerbread (OS Android 2.3–2.3.7), Honeycomb (OS Android 3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (OS Android 4.0–4.0.4), Jelly Bean (OS Android 4.1–4.3), dan KitKat (OS Android 4.4+). Ini dia ulasan transformasi OS Android dari masa ke masa :  Sebelum Android tersedia secara komersial dan diimplementasikan ke dalam sebuah perangkat, sebenarnya OS Android cukup lama mengalami perkembangan. Android merilis beberapa versi Software Developer Kit (SDK) atau hanya ditujukan untuk developer saja. Android versi SDK yang pertama kali muncul adalah Android 0.5 Milestone 3. OS Android versi ini muncul pada tahun 2007 dan tampil hampir mirip dengan BlackBerry. Pada bulan Agustus 2008, akhirnya Google mulai serius melakukan transformasi. Google merilis OS Android 0.9 beta yang hadir dengan desain lebih modern, home screen yang tampil dengan beberapa widget dan secara keseluruhan berhasil menghilangkan image BlackBerry.

×