Successfully reported this slideshow.
BAB 3

Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan
Perdagangan Elektronik (E-Commerce)

Kelompok 3 :
1.Aderia Arum
(...
Mengenal Perdagangan
Elektronik (e-commerce)

Adalah penggunaan jaringan komunikasi
dan komputer, untuk melaksanakan prose...
Manfaat-Manfaat yang Diharapkan dari
E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk
dapat mencapai perbaikan organisa...
Apa saja yang perlu
dibahas dalam
E-commerce ?
1. Kendala-Kendala E-Commerce, yaitu :

● Biaya yang tinggi
● Kekhawatiran ...
Strategi E-Commerce dan Sistem Interorganisasional
A. Manfaat DOS
☼ Efisiensi Komparatif
☼ Efisiensi Internal
☼ Efisiensi ...
Manfaat-Manfaat Tidak Langsung IOS

1. Mengurangi Kesalahan
2. Menurunkan Biaya
3. Meningkatnya Efisiensi Operasional
4. M...
Strategi B2C Untuk E-Commerce
A.
B.
C.
D.


Produk-produk Digital.
Produk-produk Fisik.
Penjualan Maya Versus Campuran.
P...
Saran-Saran Keberhasilan
Penggunaan Internet
1. Pastikan situs web anda kuat.
2. Pastikan Browser dan struktur basis data ...
Dampak Internet pada Bisnis di Masa
Mendatang
E-Commerce sedang mengalami perkembangan
baik itu di Amerika Serikat maupun ...
menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan perdagangan elektronik (E-commerce)
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan perdagangan elektronik (E-commerce)

676 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan perdagangan elektronik (E-commerce)

  1. 1. BAB 3 Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce) Kelompok 3 : 1.Aderia Arum (12.241.062) 2. Ovica Y. Candra (12.241.052) 3. Susmiati (12.241.049)
  2. 2. Mengenal Perdagangan Elektronik (e-commerce) Adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer, untuk melaksanakan proses bisnis. Padangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk. Sebagian besar ecommerce terjadi antar bisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.
  3. 3. Manfaat-Manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Yaitu : 1. Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan. 2. Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan. 3. Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dari investasi pemilik.
  4. 4. Apa saja yang perlu dibahas dalam E-commerce ? 1. Kendala-Kendala E-Commerce, yaitu : ● Biaya yang tinggi ● Kekhawatiran akan masalah keamanan ● Piranti lunak yg belum mapan atau belum tersedia 2. Ruang Lingkup E-Commerce hal ini bersifat dinamis, dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah tiap hari. E-commerce memiliki arti penting karena memang menyumbangkan presentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen tersebut. 3. Jalan Menuju E-commerce perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yg akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
  5. 5. Strategi E-Commerce dan Sistem Interorganisasional A. Manfaat DOS ☼ Efisiensi Komparatif ☼ Efisiensi Internal ☼ Efisiensi Interorganisasional B. EDI ialah implementasi dominan dari suatu IOS. C. Ekstranet ialah cara lain dari membuat suatu IOS. D. Sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif ketika perusahaan memutuskan utk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dengan cara ini. E. Pengaruh Penerapan ☼ Tekanan Kompetitif ☼ Penggunaan Kekuasaan ☼ Kebutuhan Internal ☼ Dukungan Manajemen Puncak
  6. 6. Manfaat-Manfaat Tidak Langsung IOS 1. Mengurangi Kesalahan 2. Menurunkan Biaya 3. Meningkatnya Efisiensi Operasional 4. Meningkatkan Kemampuan untuk Bersaing 5. Memperbaiki Hubungan dengan Sekutu Dagang 6. Memperbaiki Layanan Pelanggan Kesimpulan : Manfaat tidak langsung bisa dilihat oleh manajemen puncak sbg alasan paling penting dlm menyetujui suatu strategi IOS
  7. 7. Strategi B2C Untuk E-Commerce A. B. C. D.  Produk-produk Digital. Produk-produk Fisik. Penjualan Maya Versus Campuran. Pemerintahan Elektronik. Langkah E-commerce Berikutnya : A. Perdagangan Bergerak. B. Nirkabel Berkelas.
  8. 8. Saran-Saran Keberhasilan Penggunaan Internet 1. Pastikan situs web anda kuat. 2. Pastikan Browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun Intuitif. 3. Menekankan isi. 4. Sering diperbarui. 5. Melihat diluar pelanggan. 6. Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. 7. Menjadikan Internet intuitif. 8. Berada dilokasi Web yang tepat. 9. Ciptakan rasa Kebersamaan. 10. Carilah Bantuan jika anda Membutuhkannya.
  9. 9. Dampak Internet pada Bisnis di Masa Mendatang E-Commerce sedang mengalami perkembangan baik itu di Amerika Serikat maupun diseluruh dunia. E-Commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yg lebih rendah dan layanan pelanggan yg lebih baik yg dimungkinkan oleh B2B adalah hal yg membuat organisasi bisnis kompetitif.

×