Chlorophyta
Oleh :
Adam.H /X1/01
Michael Dony.P /X1/
Krishnayanti C /X1/
Serafine Venti.A /X1/
Pendahuluan
Chlorophyta atau yang sering disebut dengan
ganggang hijau atau alga hijau adalah kelompok
alga yang memiliki ...
Ciri & Sifat
• Memiliki pigmen dominan berupa khlorofil dengan jenis Klorofil “A” dan
Klorofil “B”
• Umumnya banyak ditemu...
Struktur Tubuh
• Spirogyra :
Struktur Tubuh
• Euglena
Struktur Tubuh
• Chlamydomonas
Daur Hidup/Daur Reproduksi
• 1. Reproduksi secara Aseksual :
• Reproduksi secara Aseksual dilakukan dengan
cara pembelan b...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Pembelahan Biner : Hanya terjadi pada ganggang
uniseluler, seperti Chlorella, Euglena.
1 2 3 4 ...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Fragmentasi :
Fragmentasi terjadi pada ganggang hijau
multiseluler, yang berbentuk talus atau f...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Zoospora :
Pembentukan spora :
Pembentukan spora dapat terjadi pada ganggang uniseluler maupun
...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
2. Reproduksi secara sexual :
Reproduksi secara Sexual pada
Chlorophyta
dapat terjadi dengan ca...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Isogami :Perkembang biakan secara kawin
antara sel kelamin jantan dan sel kelamin
betina.
Melal...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Anisogami : Perkembangan secara generatif pada
organisme yang telah dapat dibedakan jenis kelam...
Daur Hidup/Daur Reproduksi
Oogami : Perkawinan antarorganisme yang
Berbeda jenis kelaminnya dan masing-masing jenis
Telah ...
Peranan Chlorophyta
Menguntungkan
• Digunakan dalam
penyelidikan metabolisme
di laboratorium.
• sebagai bahan baku untuk
o...
Contoh Spesies
Spirogyra
Spirogyra genus dari Chlorophyta
dari ordo Zygnematales . Ia biasa
ditemukan di air tawar. Spirog...
Contoh Spesies
Chlorella
Chlorella adalah genus mikroalga atau
ganggang hijau bersel tunggal yang
hidup di air tawar, laut...
Contoh Spesies
Ulva Lactuca
Ulva lactuca, adalah
sebuah ganggang hijau,
adalah spesies dari genus
Ulva. Ia menempel di bat...
Selesai
Biology - Chlorphyta
Biology - Chlorphyta
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Biology - Chlorphyta

1,511 views

Published on

Biology Presentation - Chlorophyta

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
1,511
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
69
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Biology - Chlorphyta

  1. 1. Chlorophyta Oleh : Adam.H /X1/01 Michael Dony.P /X1/ Krishnayanti C /X1/ Serafine Venti.A /X1/
  2. 2. Pendahuluan Chlorophyta atau yang sering disebut dengan ganggang hijau atau alga hijau adalah kelompok alga yang memiliki pigmen hijau dominan yang berupa klorofil . Protista mirip tumbuhan ini sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, contohnya di genangan air, di sungai, laut bahkan di tempat lembab sekalipun…
  3. 3. Ciri & Sifat • Memiliki pigmen dominan berupa khlorofil dengan jenis Klorofil “A” dan Klorofil “B” • Umumnya banyak ditemui di lingkungan yang berair/basah dan lembab yang terkena cahaya matahri. Sebagian besar terdapat air tawar terdapat pula di tanah atau di dinding tembok yang lembab, di atas batang pohon dan dapat pula sebagai epifil (pada permukaan daun). • Dapat hidup secara mandiri/tunggal maupun berkoloni/berkelompok. • Memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa. • Tubuhnya ada yang multiseluler dan ada yang uniseluler. • Berkembang biak dengan cara Seksual (Isogami, Anisogami, Oogami) dan A- Seksual (Fragmentasi,pembentukan spora,dsb) • Merupakan salah satu sumber makanan terbesar yang dapat ditemukan di seluruh dunia, misal : Chlorella.Sp
  4. 4. Struktur Tubuh • Spirogyra :
  5. 5. Struktur Tubuh • Euglena
  6. 6. Struktur Tubuh • Chlamydomonas
  7. 7. Daur Hidup/Daur Reproduksi • 1. Reproduksi secara Aseksual : • Reproduksi secara Aseksual dilakukan dengan cara pembelan biner, membentuk zoospora, dan fragmentasi • A. Pembelahan biner dilakukan oleh ganggang hijau bersel satu. • B. Fragmentasi dilakukan oleh ganggang berbentuk benang atau ganggang berkoloni. • C. Pembentukan Zoospora (Spora Kembar).
  8. 8. Daur Hidup/Daur Reproduksi Pembelahan Biner : Hanya terjadi pada ganggang uniseluler, seperti Chlorella, Euglena. 1 2 3 4 5 6
  9. 9. Daur Hidup/Daur Reproduksi Fragmentasi : Fragmentasi terjadi pada ganggang hijau multiseluler, yang berbentuk talus atau filamen, dimana bagian tubuh yang putus dapat tumbuh menjadi ganggang baru .
  10. 10. Daur Hidup/Daur Reproduksi Zoospora : Pembentukan spora : Pembentukan spora dapat terjadi pada ganggang uniseluler maupun multiseluler. Spora dihasilkan dengan cara pembelahan dinding sel induk. Spora akan keluar setelah dinding sel induk pecah dan kemudian tumbuh menjadi ganggang baru.
  11. 11. Daur Hidup/Daur Reproduksi 2. Reproduksi secara sexual : Reproduksi secara Sexual pada Chlorophyta dapat terjadi dengan cara : 1.Isogami 2.Anisogami 3.Oogami
  12. 12. Daur Hidup/Daur Reproduksi Isogami :Perkembang biakan secara kawin antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Melalui saluran konjugasi.
  13. 13. Daur Hidup/Daur Reproduksi Anisogami : Perkembangan secara generatif pada organisme yang telah dapat dibedakan jenis kelaminnya. Namun ukuran sel kelamin yang dihasilkan berbeda ukurannya, Sel kelamin Jantan berukuran lebih kecil dari sel kelamin Betina.
  14. 14. Daur Hidup/Daur Reproduksi Oogami : Perkawinan antarorganisme yang Berbeda jenis kelaminnya dan masing-masing jenis Telah mempunyai alat kelamin (gametangium), Yaitu gametangium jantan dan betina, yang masing-masingmenghasilkan sel kelamin jantan dan sel telur.
  15. 15. Peranan Chlorophyta Menguntungkan • Digunakan dalam penyelidikan metabolisme di laboratorium. • sebagai bahan baku untuk obat-obatan, bahan kosmetik dan bahan makanan. • Sebagai salah satu sumber makanan terbesar yang tersebar di seluruh dunia. Merugikan • Apabila berada dalam jumlah banyak akan menghalangi masuknya sinar matahari bagi kehidupan laut. • Membutuhkan banyak oksigen, sehingga, mengurangi kadar oksigen dalam air.
  16. 16. Contoh Spesies Spirogyra Spirogyra genus dari Chlorophyta dari ordo Zygnematales . Ia biasa ditemukan di air tawar. Spirogyra mampu berfotosintesis , memiliki sel eukariotik. Pigmen utama yang dikandung alga hijau adalah klorofil. Tubuhnya berbentuk filamen yang tidak bercabang. Panjang tubuhnya mencapai 1 kaki (30,48 cm). Benang tersusun oleh protoplasma yang transparan dan setiap sel memiliki 1 atau lebih kloroplas yang memanjang dari ujung ke ujung berbentuk spiral.
  17. 17. Contoh Spesies Chlorella Chlorella adalah genus mikroalga atau ganggang hijau bersel tunggal yang hidup di air tawar, laut, dan tempat basah. Ganggang ini memiliki tubuh seperti bola berukuran sedang dengan diameter 2-10 μm , bergantung pada spesiesnya, . Di dalam tubuhnya terdapat kloroplas berbentuk mangkuk. Perkembangbiakannya terjadi secara vegetatif dengan membelah diri . Setiap selnya mampu membelah diri dan menghasilkan empat sel baru yang tidak mempunyai flagel. Ganggang ini sering digunakan di laboratorium untuk penyelidikan fotosintesis. Karena sifatnya yang unik, para ahli berpendapat bahwa Chlorella dapat ikut mengatasi kebutuhan pangan manusia pada masa yang akan datang.
  18. 18. Contoh Spesies Ulva Lactuca Ulva lactuca, adalah sebuah ganggang hijau, adalah spesies dari genus Ulva. Ia menempel di batu. Ia berwarna hijau ke hijau gelap. Chlorophyta ini adalah alga berbentuk lembarang yang terdiri atas dua sel. Ulva, di antara ganggang hijau lainnya, sangat subur di area di mana ada banyak nutrisi tersedia.
  19. 19. Selesai

×