Successfully reported this slideshow.

Abu yanto tugas resume aplinet

198 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Abu yanto tugas resume aplinet

  1. 1. TUGAS RESUME APLINET OLEH : ABU YANTO Kelas : A (1200631007) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2014
  2. 2. Class  adalah gambaran karakter dari sebuah benda/object. Sifat-sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut  Misal saya, anda dan yg lainnya adalah objek, yg termasuk dlm kelas manusia.  Ada berbagai jenis kendaraan darat seperti kendaraan roda dua(motor/sepeda), roda tiga(becak) dan roda empat(mobil) kendaraan berroda dua,tiga dan empat itu pada konsep OOP disebut sebagai Class, kita ambil satu contoh kelas kendaraan berroda empat (Mobil),  Mobil memiliki bentuk yang berbeda, warna yang berbeda, bentuk dan warna tersebut pada konsep OOP disebut sebagai Properties/Data  sedangkan cara berjalan, cara berhenti, cara menyalakan lampu pada mobil itu disebut sebagai method  Class adalah suatu template yang digunakan sebagai pola desain suatu objek. Class : rancangan mobil Objek : mobil nyata  Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa objek dari kelas mobil adalah sedan,truk, jip  Class harus di instansiasikan (dibuat objeknya) terlebih dahulu.
  3. 3. Atribut Atribut : Ciri pembeda antar obyek Object  Secara spesifik objek adalah sesuatu paket yang merupakan kumpulan data dan method (perilaku)  Data  Sesuatu yg menentukan karakteristik sebuah objek  Method  Aksi terhadap data (cara suatu objek melakukan sesuatu).  Sebagai contoh, objek manusia memiliki data-data seperti: tinggi badan, berat badan, warna kulit dsb. Sedangkan perilaku/method yang dimiliki manusia misalnya cara berjalan, cara bicara dan sebagainya  Dalam pemrograman, data-data di dalam objek akan direpresentasikan dengan variabel atau konstanta, sedangkan perilaku akan direpresentasikan dengan prosedur atau fungsi, yang kemudian disebut dengan method. KONSEP OBJECT ORIENTE 1. kelas kelas adalah konsep oo yang mengecapsulasi atau membungkus data abstraksi prosedur yang diperlukan untuk menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas. Kelaas juga merupakan deskripsi terengrnerasi (mils tempelate, pola cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama. 2. Ojebk Objek digunakan sebagai benda, orang tempat dan sebagainya yang ada di dunia nyata yang penting bagi suatu aplikasi, objek mempunyai atribut dan metode.
  4. 4. 3. Atribut Atribut mengambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana atribut tersebut berada 4. Metoda/servis/operator Metoda adalah prosedur atau fungsi yang tergabung dalam objek bersama debgan atribut, metode ini digunakan untuk pengksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut. 5. Message Massage adalah alat komunikasi antar objek, hubungan antar objek ditentukan oleh problem domain tenggung jawabsistem. 6. Event Event adalah suatu kejadian pada waktu yang terbatas yang menggambarkan rangsangan (stimulus) dari luar sistem KONSEP MVC DENGAN PHP Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC.[1] MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web Konsep penggunaan MVC yang terdapat pada PHP Frameworks 1. CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang gratis dan sumber terbuka untuk PHP.[2] CakePHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis bahasa pemrograman PHP. CakePHP juga menjadi salah satu framework pilihan yang memungkinkan seorang dpengembang web untuk membuat sebuah aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks.
  5. 5. 2. CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 2.1.3 3. Symfony adalah sebuah framework lengkap yang didesain untuk mengoptimalkan pengembangan aplikasi berbasis web dengan menyuguhkan beberapa fitur-fitur andalan. Untuk pemula, symfony mengelompokkan aturan-aturan bisnis aplikasi (business rules), lokiga server, dan tampilan presentasi. Symfony menyediakan bermacam-macam alat dan kelas-kelas yang ditujukan untuk memperpendek waktu pengembangan sebuah aplikasi web yang komplek. Sebagai tambahan, symfony mengotomatisasi tugas-tugas umum sehingga pengembang dapat memfokuskan diri pada spesifikasi aplikasi secara keseluruhan. Sebagai hasil akhir, dengan kelebihan- kelebihan ini berarti bahwa tidak perlu lagi menemukan (reinvent the wheel) ketika sebuah aplikasi web baru akan dibangun!

×