Reportase jurnalisme lingkungan

1,386 views

Published on

Published in: News & Politics
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,386
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
547
Actions
Shares
0
Downloads
47
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Reportase jurnalisme lingkungan

  1. 1. Strategi & TaktikPeliputan Isu Lingkungan Disampaikan dalam pelatihan jurnalisme lingkungan AJI Ternate, 24 Juni 2012 Abdul Manan, Koran Tempo, Jakarta
  2. 2. Proses kerja jurnalistik,mulai dari pencarian bahanhingga dipublikasikan,tentang isu lingkungan
  3. 3. Berita pencemaran lingkungan di darat, laut, dan udara Pelestarian hutan, mahluk hidup, dan keanekaragaman hayati Aspek kebijakan, undang-Sejumlah undang, peraturan, tentangIsu lingkunganPokok Teknologi yang berdampak pada masalah lingkungan
  4. 4. Sejumlah Kebijakan media dalamIsu peliputan isu lingkungan (Apa yang membuat isu lingkungan tidak,Krusial atau kurang, mendapat tempat layak di media? Apakah karena beritanya dianggap kurang menarik dibandingkan politik, atau karena penulisan berita/laporannya yang buruk? Benarkah berita lingkungan kurang diminati pembaca?
  5. 5. Sejumlah Memahami profilIsu pembaca/penonton (seperti halnya yang lain, penulisan isuKrusial lingkungan harus mempertimbangkan profil pembacanya. Untuk media dengan segmentasi masyarakat kelas menengah, atau berpendidikan tinggi, tentu saja memiliki kebutuhan berbeda saat membaca isu lingkungan dibandingkan dengan masyarakat kelas bahwah atau yang memiliki pendidikan minim.
  6. 6. Sejumlah Pentingnya merumuskan angle yang tepat dan kuatIsu dalam beritaKrusial (Isu lingkungan, sejatinya, adalah masalah yang kita hadapi sehari-hari. Hanya saja, masalah itu kurang memiliki nilai kebaruan – syarat yang sering dituntut oleh kantor redaksi– agar sebuah berita bisa dimuat di media. Untuk itu perlu ada perumusan yang jelas soal isu yang akan ditulis, dan kita akan mengambil dari sudut berita yang bagian mana.
  7. 7. Sejumlah Pentingnya merumuskan angle yang tepat dan kuatIsu dalam beritaKrusial (Isu lingkungan, sejatinya, adalah masalah yang kita hadapi sehari-hari. Hanya saja, masalah itu kurang memiliki nilai kebaruan – syarat yang sering dituntut oleh kantor redaksi– agar sebuah berita bisa dimuat di media. Untuk itu perlu merumuskan angle (sisi) yang akan diambil dalam peliputan itu. minim.
  8. 8. Sejumlah Mengatasi kendala waktu yang terbatasIsu (Di sejumlah media, jumlah jurnalis kerap takKrusial proporsional dibanding dengan wilayah liputan. Akibatnya, waktu yang tersedia untuk melakukan liputan seringkali tak memadai. Akibatnya, ada kecenderungan jurnalis hanya berpikir praktis. Misalnya, dengan menghubungi narasumber yang lebih mudah dihubungi, meski dari segi kompetensi kurang memadai atau kurang tepat.
  9. 9. Dua Kunci Penguasaan terhadap masalah, isu, atau persoalan Penguasaan sejumlah aspek teknik penggalian bahan
  10. 10. Penguasaan Isu Penting menguasai masalah sebelum memulai liputan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk itu: - Membaca kliping media lain - Riset di internet - Mencari rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan, seperti blog, wikipedia, dan website lainnya
  11. 11. Penguasaan Isu Menghubungi orang yang memiliki kompetensi untuk yang memadai soal isu itu. Misal, akademisi, ahli, peneliti dan sebagainya. Melihat rujukan undang-undang atau regulasi lainnya yang mengatur soal ini. Jika memang ada, cek pengaturan lebih detail soal itu.
  12. 12. AspekTeknikLiputan Hal paling penting dari sebuah peliputan, termasuk isu lingkungan, adalah bagaimana mencari informasi di tempat yang tepat dan bertanya kepada sumber yang benar.
  13. 13. Sumber Utama (pelaku, pihak yang terlibat) Sumber Sekunder (saksi atau orang yang mendengar, pihak yang memiliki otoritas) Sumber Tersier (orang yang Pemilihan punya keahlian atau pengetahuan khusus, sptNara Sumber ahli, pengajar, pengamat dll.)
  14. 14. Teknik Wawancara Berita macam apakah yang akan kita buat dari wawancara? Berita tanya jawab? Atau sebagai penggalian informasi, yang nantinya akan diolah jadi berita?
  15. 15. Sebagai Penggalian Bahan Operator Ponsel Tingkatkan Pendapatan dari SMS JAKARTA – Operator-operator telepon seluler mulai melirik pasar layanan short message service (SMS) untuk meningkatkan pendapatan. Dengan jumlah pesan yang dikirimkan mencapai lebih dari 7 juta pesan per hari, pasar SMS memang menjadi lahan yang menggiurkan untuk menyedot pendapatan besar…
  16. 16. Sebagai Bahan Berita “Saya Dapat Dokumen BIN Tak Resmi dari Putu” Munculnya dua versi dokumen Badan Intelijen Negara (BIN) soal penyelesaian kewajiban pemegang saham (PKPS) bank telah menimbulkan kontroversi. Berikut petikan wawancara dengan Kepala Bappenas Kwik Kian Gie kepada DPR pekan lalu. Bagaimana Anda mendapatkan dokumen BIN versi Kepala BPPN? Begini, sebelum Sidang Kabinet 7 Jnauari dimulai, saya sedang duduk dan serius membaca. Lalu Pak Putu (Kepala BPPN, I Putu Ary Suta) menghampiri saya dan memberikan dokumen itu….
  17. 17. Strategi WawancaraSiapa yang kita hadapi? Mengenali kebiasaan nara sumberBagaimana memulai wawancara? Mulai dari pertanyaansulit, atau dari yang ringan? Atau To The Point saja?Kualitas pertanyaan. Pertanyaan yang bagus akanmendapatkan jawaban yang bagus pula.Sikap dalam wawancara.
  18. 18. Etika Peliputan Menghormati hak masy untuk memperoleh info yg benar Menempuh cara yg etis untuk memperoleh dan menyiarkan info serta memberikan identitas kpd sumber Menghormati asas praduga tak bersalah, tidak mencampurkan fakta dan opini, berimbang dan selalu meneliti kebenaran info serta tdk plagiat
  19. 19. Etika Peliputan Tidak menyiarkan informasi yang bersifat dusta, fitnah, sadis dan cabul serta tidak menyebut korban kejahatan susila Memiliki hak tolak , menghargai ketentuan embargo, informasi latarbelakang dan off the record sesuai kesepakatan Tidak menerima suap dan tidak menyalahgunakan profesi

×