Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Peran guru tidak tergantikan oleh teknologi

Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan, meskipun perkembangan teknologi pembelajaran berkembang pesat , namun dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang bersifat multikultur peranan guru tetap dominan. Guru merupakan bagian integral dari sumber daya pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan sebuah pendidikan. Guru merupakan sebuah kunci dalam melakukan peningkatan mutu pendidikan

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Peran guru tidak tergantikan oleh teknologi

  1. 1. Medium of Language Teaching Tadris Bahasa Inggris Abdullah Firdaus Haqiqi Gunawan Ayu Wulandari Krisfinoy Anggiras 113-14-138 113-14-196 113-14-134 113-14-153Anggota Grup Dosen : Hanung Triyoko, M.Hum, M.Ed.
  2. 2. Mengapa gurutidak bisa digantikan begitu saja dengan teknologi?
  3. 3. Peran Guru dalam Pendidikan Efektivitas dan efisiensi belajar dan pembelajaran siswa di sekolah sangat bergantung kepada peran guru . IDEA Pengambil inisiatif, pengarah, dan evaluator Wakil masyarakat di sekolah Seorang pakar dalam bidangnya Penegak disiplin Pelaksana administrasi pendidikan Pemimpin generasi muda Penterjemah kepada masyarakat
  4. 4. Peran Teknologi dalam Pendidikan Teknologi komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikasi dengan basis teknologi IDEA Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita, bisnis, dan asosiasi profesi.
  5. 5. Guru tidak tergantikan oleh teknologi
  6. 6. Prof. Waldrip menyebutkan penerapan teknologi dalam proses belajar-mengajar yaitu, mengubah cara mengajar, mengubah cara berinteraksi dengan siswa, dan mengubah harapan yang pengajar miliki untuk siswa. Prof. Waldrip mengatakan, “Karena teknologi memiliki kemampuan terbatas berupa pemecahan masalah yang rasional. Ketika ada hal-hal yang irasional, manusia masih lebih unggul dalam menyelasaikan masalah.” “Teknologi itu hanya pengubah kebiasaan” IDEA
  7. 7. Alasan Guru tidak bisa digantikan oleh teknologi Alasan yang memperkuat peran strategis guru tidak bisa diganti atau diambil alih oleh media canggih apapun. Psikopedagogik Pedagogik moral Mewarisi nilai-nilai dan keutamaan-keutamaan hidup untuk menjadi pegangan para siswa dalam menjalani hidupnya dikemudian hari. Guru dalam melaksanakan tugas keguruannya tidak hanya sekedar berperan untuk mentransfer ilmu kepada anak didik.
  8. 8. Kesimpulan Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan, meskipun perkembangan teknologi pembelajaran berkembang pesat , namun dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang bersifat multikultur peranan guru tetap dominan. Guru merupakan bagian integral dari sumber daya pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan sebuah pendidikan. Guru merupakan sebuah kunci dalam melakukan peningkatan mutu pendidikan.

×