Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

0

Share

Download to read offline

metodologi penelitian

Download to read offline

metodologi penelitian tentang analisis keberadaan ojek online di kota bandung

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to like this

metodologi penelitian

  1. 1. GD-311 METODOLOGI PENELITIAN GERI RAHMAT RUNANDI/ KELASA/23-2014-044/081321136116 1 ANALISIS PENGARUH KEBERADAAN OJEK ONLINE DI KOTA BANDUNG 1. Latar Belakang ‘kebiasaan’ terbaru yang mulai banyak dilakukan manusia dimana saja, yaitu memesan sebuah jasa transportasi dengan bantuan internet atau bisa disebut ‘transportasi online’. Banyakmacamtransportasi saatini,mulai Padajamaninidimanateknologisudahbisadiakses olehsemuagolongandansangatmudahdi dapatkan,informasi daninternetadalahsebuahhubungan yangtidakbisadipisahkan,dimanahampirsemuamanusiamendapatkaninformasi dari internet.Pada saatini banyakmanusiamemenuhi kebutuhannyamelaluiinternet,sepertimembelikebutuhanrumah tangga hingga memesan makanan, ada sebuah dari delman hingga pesawat tetapi salah satu yang sering digunakan sehari-hari adalah ojeg, untuk beberapa wilayah di indonesia memang banyak tempat berkumpulnya para penawar jasa ini, tetapi banyak juga wilayah yang jarang dilalui oleh mereka yang membuat sulitnya pemesanan untuk layanan jasa ini. Dengan adanya internet dimasa ini maka banyak yang telah memanfaatkannya dalam ruang lingkup transportasi, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi untuk pemesanan jasa transportasi ini. Bahkan beberapadiantaramerekayang mulai merambahke segi lainyang bukanhanya transportasi serperti pengantaran barang, makanan dan bahkan jasa pijat. Go-Jek menerima suntikanmodal senilai 550 juta dollar AS atau lebih dari Rp 7,2 triliun dari konsorsium global yang terdiri dari sejumlah investor baru, termasuk KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Markets. (http://tekno.kompas.com, diakses tanggal 23 oktober 2016). Dengan masuknya dukungan-dukungan investasi dari pihak luar, maka pemiliklayanan ini semakin semangatuntukmemperbesarlayananyangmerekamiliki.Sepertisalahsatu startupdiatasyangbaru saja menerima investasi besar-besaran dari pihak luar. Munculnya aplikasi-aplikasi online untuk sebuah jasa transportasi sangatlah tepat dengan kebutuhanmasyarakatdimasakini,tetapi disampinghal positifyangmuncul jugaterdapathal negatif yaitupara penjual jasaojekkonvensionalmerasatersaingi yangditandakandenganadanyabeberapa larangan agar pengendara ojek online tidak boleh memasuki daerah tertentu, bahkan ada kasus dimana pengendara ojek online babak belur menjadi bulan-bulanan para pengendara ojek konvensional. pengoperasian ojek dan uber taksi tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun2009 TentangLaluLintasdanAngkutanJalansertaPeraturanPemerintah Nomor74Tahun2014 Tentang Angkutan Jalan. (Sasono, Djoko. 17 Desemeber 2015)
  2. 2. GD-311 METODOLOGI PENELITIAN GERI RAHMAT RUNANDI/ KELASA/23-2014-044/081321136116 2 Kutipan diatas diambil dari seorang Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dalam konferensi pers di Jakarta, berita tersebut semakin memperkuat alasan para ojek konvensional gencar memburu para pengendara ojek online yang masuk ke daerahnya. Munculnyamasalahperselisihanantarapengendaraojekonlinedengankonvensional semakin membuatmasyarakattidakpercayaterhadapjasatransportasi konvensional tersebut,yangmembuat pendapatanmerekamenurundanbanyakdari merekayangberalihmenjadi pengendaraojekonline. Hal-hal tersebut membuat keberadaan jasa transportasi ini sangat diandalkan oleh masyarakat, ditambah lagi semakin banyaknya jasa yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, maka semakin banyak kebutuhan masyarakat sehari-hari yang dapat terpenuhi dengan adanya jasa ini. Oleh karena itu analisis pengaruh jasa transportasi ini sangat lah diperlukan untuk menunjang penilaianterhadapkebiasaandantingkatkebutuhanmasyarakat,yangdapatbergunauntukkemajuan teknologi dimasa yang akan datang. 2. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas,maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah, diantaranya: a) Di daerah mana saja ojek online berpengaruh baik untuk masyarakat? b) Apa dampak munculnya ojek online terhadap masyarakat kota Bandung? c) Apa saja pengaruh baik yang ditimbulkan ojek online untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari? 3. Tujuan Berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, maka tujuan-tujuan yang harus terpenuhi diantaranya: a) Untuk mengetahui informasi geografis letak-letak wilayah yang mendapat pengaruh baik dengan adanya ojek online. b) Mengetahui dampak keberadaan ojek online di kota Bandung berdasarkan kuisioner dan wawancara sample masyarakat. c) Mengetahui kebutuhan masyarakat sehari-hari yang terpenuhi karena adanya ojek online di kota Bandung.
  3. 3. GD-311 METODOLOGI PENELITIAN GERI RAHMAT RUNANDI/ KELASA/23-2014-044/081321136116 3 4. Batasan masalah Wilayah : Kota Bandung Waktu : september 2016
  4. 4. GD-311 METODOLOGI PENELITIAN GERI RAHMAT RUNANDI/ KELASA/23-2014-044/081321136116 4 DAFTAR PUSTAKA http://tekno.kompas.com/read/2016/08/05/09140077/gojek.dapat.kucuran.investas i.rp.7.2.triliun http://www.wavienews.com/2015/12/kemenhub-resmi-larang-gojek-dan- sejenisnya.html

metodologi penelitian tentang analisis keberadaan ojek online di kota bandung

Views

Total views

271

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

0

Actions

Downloads

5

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×