Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Petunjuk manual aplikasi online monitoring span

13,334 views

Published on

Published in: Government & Nonprofit
  • Be the first to comment

Petunjuk manual aplikasi online monitoring span

  1. 1. Chapter:Error!Notextofspecifiedstyleindocument. 1 Petunjuk Pengguna Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN) Ver 1.0
  2. 2. 1 Daftar Isi Login ke Aplikasi ……..……………………………………………………………………………………………………………………………. 3 Langkah-langkah awal ………………………………………………………………………………………………………………………. 3 Modul Manajemen User ………..…………………………………………………………………………………………………………….. 4 Monitoring Pergantian User ……………………………………………………………………………………………………………… 4 Modul Spending Authority (SA) …………………..……………………………………………………………………………………….. 6 Informasi Revisi DIPA ……………………………………………………………………………………………………………………….. 6 Sisa Pagu Belanja Realisasi dan Encumbrance ………………………………………………………………………………….… 8 Modul Payment Management (PM) ……..……………………………………………………………………………………………. 10 Monitoring Posisi Invoice ………………………………………………………………………………………………………………… 10 Hold Invoice ………………………………………………………………………………………………………………………………….… 11 Daftar Penolakan PMRT ………………………………………………………………………………………………………………….. 13 History Invoice ……………………………………………………………………………………………………………………………….. 15 Penyelesaian SP2D …………………………………………………………………………………………………………………………. 16 Daftar SP2D per Satker …………………………………………………………………………………………………………………… 18 Modul Government Receipt (GR) ……………………………………….……………………………………………………………… 20 Monitoring Status Laporan Harian Penerimaan ……………………………………………………………………………… 20 Monitoring Status Imbalan Jasa Perbankan ……………………………………………………………………………………. 22 Monitoring Status PFK ……………………………………………………………………………………………………………………. 24 Monitoring Gaji ………………………………………………………………………………………………………………………………….. 26 Gaji Terindikasi Dobel …………………………………………………………………………………………………………………….. 26 Gaji Terindikasi Salah Tanggal ………………………………………………………………………………………………………… 27 Gaji Terindikasi Salah Bank …………………………………………………………………………………………………………….. 27 Gaji Terindikasi Salah Paygroup ………………………………………………………………………………………………………. 28
  3. 3. 2 Perbandingan Gaji Dengan Bulan Lalu …………………………………………………………………………………………….. 28 Monitoring Interkoneksi dengan Perbankan ……………………………………….………………………………………....... 29 Cek Status SP2D ……………………………………………………………………………………………………………………………... 29 Laporan SP2D Harian ke Bank Operasional I …………………………………………………………………………………... 31 Laporan SP2D terbit dengan tertanggal dihari yang sama ………………………………………………………………. 32 Laporan SP2D terbit di atas jam 3 tertanggal hari yang sama ………………………………………………………….. 33 SP2D Backdate ……………………………………………………………………………………………………………………………..... 34 SP2D Minus dan nol ……………………………………………………………………………………………………………………….. 35 SP2D Void ………………………………………………………………………………………………………………………………………. 36 Rekap Penerbitan SP2D ………………………………………………………………………………………………………………….. 38 Tim Developer dan Kontak ……………………………………………………………….…………………………………………….…. 41
  4. 4. 3 Langkah-langkah awal penggunaaan aplikasi online monitoring transaksi SPAN 1. Buka Browser (Mozilla Firefox, IE, Chrome, dll) 2. Masukan address: http://10.100 .244.253 3. Masukan username dan password Login ke Aplikasi
  5. 5. 4 Langkah-langkah penggunaan menu user management Menu: Modul MU > Monitoring Pergantian User Modul Manajemen User
  6. 6. 5 Menu manajemen user merupakan menu yang disediakan bagi Pejabat untuk memonitoring siapa, pada posisi apa yang aktif menggunakan SPAN. Jika memilih menu ini akan tampil seperti gambar berikut: Kepala Kantor/Kepala Subag Umum dapat mencari detil data user terntu dengan menekan tombol filter dan mengisi NIP seperti gambar berikut:
  7. 7. 6 Fitur-fitur Pada Modul Spending Authority (DIPA) 1. Informasi Revisi DIPA 2. Sisa Pagu Belanja Realisasi dan Encumbrance Langkah-langkah penggunaan menu informasi revisi DIPA Menu: Modul SA > Informasi revisi DIPA Modul Spending Authority (SA)
  8. 8. 7 Pada menu informasi revisi DIPA disediakan untuk memonitoring informasi DIPA setiap satker pada KPPN.
  9. 9. 8 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti kode satker dan nama satker. Langkah-langkah penggunaan menu sisa pagu belanja realisasi dan encumbrance adalah sebagai berikut Menu: Modul SA > Sisa Pagu Belanja Realisasi dan Encumbrance
  10. 10. 9 Pada menu sisa pagu belanja realisasi dan encumbrance disediakan untuk memonitoring sisa pagu dari satker yang berada di wilayah KPPN.
  11. 11. 10 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti kode satker dan nama satker. Modul Payment Management (PM)
  12. 12. 11 Fitur- fitu Pada Modul Payment Management (Pembayaran) 1. Monitoring Posisi SPM/Invoice 2. Hold SPM/Invoice 3. Daftar Penolakan PMRT 4. Histori Invoice 5. Durasi Penyelesaian SP2D 6. Daftar SP2D per Satker Langkah-langkah penggunaan menu monitoring posisi SPM adalah sebagai berikut Menu: Modul PM > Monitoring posisi SPM Pada menu ini user dapat melakukan monitoring posisi setiap invoice yang sudha masuk ke dalam SPAN. Langkah-langkah penggunaan menu monitoring posisi SPM adalah sebagai berikut
  13. 13. 12 Menu: Modul PM > Hold SPM Pada menu ini, hold invoice adalah invoice yang sukses di FO tapi tidak muncul di MO dikarenakan pagu dipa tidak mencukupi, atau tagihan (bruto) melebihi termin.
  14. 14. 13 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti status invoice dan nomor invoice. Untuk status invoice, user dapat memilih status “Invoice belum dicancel” dan “Invoice sudah dicancel”
  15. 15. 14 Langkah-langkah penggunaan menu daftar penolakan PMRT adalah sebagai berikut Menu: Modul PM > Daftar Penolakan PMRT Pada menu ini, user dapat melihat apakah ada PMRT yang tertolak beserta alasannya sehingga KPPN dapat memberitahukan informasi tersebut kepada Satker.
  16. 16. 15 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti kode satker, nama file dan tanggal upload.
  17. 17. 16 Langkah-langkah penggunaan menu history invoice adalah sebagai berikut Menu: Modul PM > History Invoice Pada menu ini, user dapat memonitoring history dari invoice mulai diupload sampai menjadi SP2D dan siapa yang melakukan. Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti nomor invoice.
  18. 18. 17 Langkah-langkah penggunaan menu durasi penyelesaian SP2D adalah sebagai berikut Menu: Modul PM > Durasi Penyelesaian SP2D Pada menu ini, user dapat memonitoring waktu penyelesaian invoice sampai menjadi SP2D.
  19. 19. 18 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti jenis SPM, durasi, nomor invoice, kode satker dan tanggal.
  20. 20. 19 Langkah-langkah penggunaan menu daftar SP2D per Satker adalah sebagai berikut Menu: Modul PM > Daftar SP2D per Satker
  21. 21. 20 Pada menu ini, user dapat memonitoring daftar dan setil SP2D per Satker Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti kode satker dan nama satker.
  22. 22. 21 Fitur-fitur Pada Modul GR 1. Monitoring Status LHP 2. Monitoring Imbalan Jasa Perbendaharaan 3. Monitoring PFK Langkah-langkah penggunaan menu monitoring status LHP adalah sebagai berikut. Menu: Modul GR > Monitoring Status LHP Modul Government Receipt (GR)
  23. 23. 22 Pada menu ini, user dapat memonitoring status LHP setiap bank, setiap tanggal dan penanganan jika terjadi kesalahan pada LHP tersebut.
  24. 24. 23 Langkah-langkah penggunaan menu monitoring status IJP (Imbalan Jasa Perbankan) adalah sebagai berikut. Menu: Modul GR > Monitoring Status IJP Pada menu ini, user dapat memonitoring rekap jumlah transaksi penerimaan negara per tanggal per bulan sebagai dasar pembayaran imbalan jasa perbankan.
  25. 25. 24 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu memilih bulan yang ingin dilihat.
  26. 26. 25 Langkah-langkah penggunaan menu monitoring status PFK adalah sebagai berikut. Menu: Modul GR > Monitoring Status PFK Pada menu ini, user dapat memonitoring total dana penerimaan fihak ketiga yang diterima per bulan oleh negara.
  27. 27. 26 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu memilih bulan yang ingin dilihat.
  28. 28. 27 Fitur-fitur monitoring Cek Gaji 1. Terindikasi dobel 2. Terindikasi salah tanggal 3. Terindikasi salah bank 4. Terindikasi salah paygroup 5. Perbandingan gaji per bulan Menu: Cek Gaji > Terindikasi Dobel Pada menu ini dapat ditampilkan data SP2D yang terindikasi duplikasi atau terindikasi akan terbayar lebih dari satu kali. Parameter gaji dobel ini didasarkan pada SPM jenis gaji yang memiliki satu nomor invoice tetapi memiliki lebih dari satu nomor SP2D. Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu memilih bulan yang ingin dilihat. Monitoring Gaji
  29. 29. 28 Menu: Cek Gaji > Terindikasi Salah Tanggal Pada menu ini dapat ditampilkan data SP2D yang terindikasi akan salah dalam memilih tanggal pembayaran. Parameter salah tanggal didasarkan pada SPM jenis yang dibayarkan tidak pada awal bulan. Menu: Cek Gaji > Terindikasi Salah Bank Pada menu ini dapat ditampilkan data SP2D yang terindikasi akan salah dalam memilih bank pembayar. Parameter salah bank ini didasarkan pada data bank pembayar dan bank penerima yang berbeda.
  30. 30. 29 Menu: Cek Gaji > Terindikasi Salah Paygroup Pada menu ini dapat ditampilkan data SP2D yang terindikasi akan salah dalam memilih paygroup saat membuat SP2D. Parameter salah bank ini didasarkan pada SPM jeni gaji yang dibayarkan bukan dari BO II. Menu: Cek Gaji > Perbandingan Gaji Dengan Bulan Lalu Pada menu ini dapat ditampilkan data rekap SP2D gaji per bulan dan daftar SP2D gaji yang telah diselesaikan di KPPN.
  31. 31. 30 Fitur-fitur Monitoring SP2D 1. Cek Status SP2D 2. Laporan Harian SP2D ke BO I 3. Laporan SP2D tertanggal hari ini 4. Laporan SP2D tertanggal besok 5. SP2D Backdate 6. SP2D minus dan 0 7. SP2D Void 8. Rekap penerbitan SP2D Langkah-langkah penggunaan menu cek status SP2D adalah sebagai berikut Menu: Bank > Cek Status SP2D Monitoring Interkonesi dengan Perbankan
  32. 32. 31 Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D gaji per bulan dan daftar SP2D gaji yang telah diselesaikan di KPPN. Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti nomor SP2D, nomor transaksi, kode satker, nomor Invoice, nama file xml, memilih nama bank, status, cara bayar dan tanggal SP2D.
  33. 33. 32 Langkah-langkah penggunaan menu laporan harian SP2D adalah sebagai berikut Menu: Bank > Laporan SP2D Harian ke BO I Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D gaji per hari pada KPPN.
  34. 34. 33 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal. Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D dihari yang sama pada KPPN. Menu: Bank > Laporan SP2D terbit dan tertanggal dihari yang sama.
  35. 35. 34 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal. Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D terbit di atas jam 3 dan tertanggal di hari yang sama pada KPPN. Menu: Bank > Laporan SP2D terbit di atas jam 3 tertanggal hari yang sama
  36. 36. 35 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal. Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D yang tanggal SP2D nya mendahului tanggal selesainya proses SP2D. Menu: Bank > SP2D backdate
  37. 37. 36 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal. Pada menu cek status SP2D disediakan untuk memonitoring data rekap SP2D yang nilainya minus dan nol. Menu: Bank > SP2D minus dan nol
  38. 38. 37 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal. Pada menu cek status SP2D disediakan untuk menampilkan informasi atas data SP2D yang telah divoid atau dibatalkan. Menu: Bank > SP2D void
  39. 39. 38 Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal.
  40. 40. 39 Langkah-langkah penggunaan menu rekap penerbitan SP2D (rekap data SP2D harian) adalah sebagai berikut. Menu: Bank > Rekap penerbitan SP2D
  41. 41. 40 Pada menu cek status SP2D disediakan untuk menampilkan informasi atas data SP2D harian yang telah diselesaikan pada KPPN. Untuk pencarian lebih detil, user dapat menekan tombol filter lalu mengisi informasi tambahan seperti memilih nama bank dan tanggal.
  42. 42. 41 Tim Developer Rinaldi Hidayat - Project Coordinator Donie Mahaputra - Project Manager and System Analyst Andi Saputra - Application Engineer Ernestina R - User Interface Designer Alifiyan R - User Interface Designer Luthfi Hakim - App. Designer Module SA/PM Bayu Yudistira - App. Designer Module UM Achmad Ford - App. Designer Module GR Arie Hasan - App. Designer Module XICO M. Iqbal Anshori - Database Administrator Agus Priyono - System Administrator Yusuf AB - System Administrator Email: commandcenter.span@gmail.com Telpon: (021) 3864784 – 3516976

×