Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Etika bisnis (3rd week)

2,555 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Etika bisnis (3rd week)

  1. 1. ETIKA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRILAKUINDIVIDU, KELOMPOK, DAN DUNIA BISNIS Pertemuan ke-3
  2. 2. Prilaku individu menentukan dalamterciptanya tindakan yang etis dalamsebuah lingkungan bisnis.4 Prinsip teori keutamaan:1. Kejujuran2. Fairness3. Kepercayaan4. Keuletan Sifat-sifat diatas diperlukan oleh pelakubisnis. Karena dengan menggabungkanatau mengkombinasikan ke empat sifatdiatas, akan dapat menciptakan sebuahlingkungan bisnis yang etis.
  3. 3. Prilaku tiap individu akan mencerminkan bagaimana sebuah kelompok atau organisasi dijalankan.Dampak dari prilaku tidak etis tentu saja akanmenciptakan sebuah lingkungan dimanakesepakatan bisnis akan sulit untuk dicapai. Kepentingan yang terlalu dipaksakan dari tiap-tiap individu yang berbeda akan memunculkan dilema tersendiri.Disinilah peran etika diperlukan untuk menyatukanvisi dari tiap-tiap individu. Panduan yang telah diberikan oleh prilaku etika sebenarnya sudah cukup jelas, hanya tinggalbagaimana tiap individu mampu untuk melakukantransfer antara situasi dan penerapan etika dalam sebuah situasi yang sedang atau akan terjadi.
  4. 4. Dalam hubungannya etika dengan dunia bisnis memiliki dua carauntuk menjelaskan makna dari etika yang akan disampaikan.1. Etika sebagai praksisMaksud dari etika praksis merupakan nilai-nilai dan norma-normamoral sejauh dipraktekkan atau tidak dipraktekkan. Tentu sajauntuk mengukur nilai norma tersebut, maka perlu dilakukanpraktek.Banyak contoh untuk menjelaskan etika sebagai praksis,diantaranya seringnya kita dengar kata-kata seperti:“Dalam dunia modern etika bisnis mulai menipis”.Tentu saja maksud dari perkataan diatas memiliki makna bahwa,dengan tingkat persaingan yang ketat saat sekarang ini makabanyak pebisnis yang tidak mengindahkan etika dalam berbisnis.Prilaku persaingan tidak sehat atau kecurangan dalam berbisnisseringkali dilakukan demi mencapai sebuah keuntungan yangmaksimal.Sehingga etika sebagai praksis merupakan sebuah pandanganmoral mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  5. 5. 2. Etika sebagai refleksiDalam etika refleksi penekanan lebih diarahkanmengenai apa yang seharusnya dilakukan baik itumenyangkut yang boleh dan tidak boleh dilakukan.Setiap orang yang dihadapkan dalam suatu situasitertentu diajak untuk berfikir kritis dan menelitikejadian tersebut dari sudut pandang ilmiah.Refleksi menjelaskan kepada kita tentang sebuahkejadian tidak etis seperti misalnya perampokan,pembunuhan dalam sudut pandang kajian keilmuan.Sehingga dari hal tersebut didapatkan sudutpandang baru setelah sebelumnya dikaji secarakritis, metodis, dan sistematis. Sehingga munculperkembangan ilmiah yang baru dari situasitertentu.
  6. 6. Dalam terapan didunia bisnis pada umumnya, etikadijalankan pada tiga taraf.1. Taraf Makro Dimana aspek-aspek makro yang menyangkut kehidupan orang banyak menjadi perhatian khusus. Terutama perekonomian suatu negara dan pendistribusian penggunaan kekayaan negara terhadap penduduknya.2. Taraf Meso (menengah) Dalam taraf ini masalah etika lebih menyoroti hubungan antara organisasi-organisasi yang terkait dalam sebuah kerjasama bisnis seperti serikat buruh, lembaga konsumen, perhimpunan profesi dan lain-lain.
  7. 7. 3. Taraf Mikro Taraf mikro lebih mengarah kepada individu dalam hubungan terhadap ekonomi atau bisnis, dalam hal ini kajian yang lebih ditonjolkan yaitu bagaimana tanggung jawab etis dilaksanakan oleh tiap-tiap lini dalam organisasi seperti karyawan majikan, bawahan, produsen, distributor, dan konsumen.
  8. 8. TUGAS 1• Pembagian kelompok• Presentasi pada pertemuan ke 7 (sebelum uts) kasus pelanggaran etika bisnis• Dalam bentuk presentasi & analisa kasus ditinjau dari segi etika bisnis berdasar materi yang telah diberikan• Minggu depan sudah ditentukan akan meneliti kasus apa…sehingga tidak ada kelompok yang sama• Pada saat presentasi tiap kelompok mengumpulkan slide yang telah diprint (1 lembar ada 2 slide)• Buat slide & cara penyajian semenarik mungkin• Waktu presentasi maksimal 30 menit/kelompok• Slide presentasi sedikit kalimat,buat yg simpel dengan gambar & video• Seluruh anggota kelompok wajib berbicara (presentasi)

×