Successfully reported this slideshow.

Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mengisi Kemerdekaan

8,974 views

Published on

Sebagai warga negara yang baik kita wajib meneladani perjuangan para pahlawan mulai dari sebelum merdeka yang meliputi perjuangan fisik dan diplomasi sampai setelah kemerdekaan hingga sekarang..
Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri

Published in: Education
  • Be the first to comment

Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mengisi Kemerdekaan

  1. 1. Oleh : Kelompok 1945 Lidya Mely A (1.13.2.9619) Dita Fitriani ( 1.13.2.9518) Diana Lestari ( 1.13.2.9519)
  2. 2. Perjuangan secara Fisik Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Akan tetapi, ada pihak-pihak yang tidak mengakui kedaulatan pemerintahan Republik Indonesia. Ketika negara kita memproklamasikan kemerdekaan, tentara Jepang masih ada di Indonesia.
  3. 3. 1. Masa 1945-1949 Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, maka perjuangan selanjutnya ialah mengisi dan mempertahankannya, melaksanakan konstitusi negara berupa UUD 1945 dan dasar negara yakni pancasila yang telah disahkan. Terjadi pula sebuah penyimpangan konstitusional, yakni perubahan sistem kabinet presidensiil menjadi kabinet parlementer sesuai dengan usulan KNIP yang telah disetujui presiden dan kemudian diumumkan dengan maklumat pemerintah tanggal 14 November 1945. Sejak itu, maka pertanggungjawaban menteri-menteri kepada parlemen.
  4. 4. Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia, namun bangsa Indonesia harus menerima berdirinya negara yang tidak sesuai dengan kehendak UUD 1945 yang mana sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi Negara Indonesia Serikat (NIS).
  5. 5. 2. Perjuangan secara Diplomasi Selain menggunakan perjuangan bersenjata, para pemimpin bangsa melakukan perjuangan diplomasi. Yaitu perjuagan melalui perundingan dengan beberapa negara. Berikut ini beberapa contoh perjuangan diplomasi bangsa Indonesia dalam berbagai forum internasional.
  6. 6. Contoh perjuangan secara diplomasi 1. 2. 3. 4. Perundingan Linggarjati Perundingan Renville Perundingan Roem – Royen Konferensi Meja Bundar (KMB)
  7. 7. Kita memiliki hak untuk memimpikan impian kemerdekaan. Seseorang yang mengatakan bahwa saat ini kita berada pada masa “tidak ada pahlawan”, mereka hanya tidak tahu di mana mencarinya.
  8. 8. 1. BELAJAR Belajar – adalah hal yang paling utama dalam mengisi kemerdekaan. Belajar tidak harus berbentuk sekolah formil yang menjadi kewajiban di Negara ini. Banyak sekali media-media pembelajaran yang bisa gunakan untuk mendapatkan ilmu, paling tidak mendapatkan pengalaman. Tapi bukan belajar untuk hal negative saja ya, apa gunanya belajar kalau tidak menjadikan manusia yang bermoral.
  9. 9. Dengan banyak belajar dan mendapatkan pengalaman, setidaknya kita selaku kaum muda telah belajar mandiri tanpa banyak mengeluh dan meminta dari Negara ini. Pendidikan itu penting. Jangan tanyakan apa yang sudah diberikan Negara untukmu, tapi tanyakan apa yang sudah kau berikan untuk negaramu.
  10. 10. 2.Terjun kedunia sosial banyak sekali dunia sosial yang bisa dipilih untuk saling berbagi antar sesama umat manusia terlebih kita ini saudara sebangsa. Media dunia sosial pun sudah sangat banyak yang bisa digunakan di era teknologi informasi ini, jadi kita tidak harus terjun langsung ke-lapangan untuk bersosialisasi. Itulah mengapa situs-situs jejaring disebut juga jejaring sosial media, karena hanya dengan sebuah media kita sudah bisa bersosialisasi antar sesama. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup tanpa ada manusia lain disekitarnya.
  11. 11. 3.Menggeluti olahraga Olahraga saat ini tidak hanya sekedar untuk menyehatkan tubuh saja. Olahraga juga dimanfaatkan untuk ajang berkomunitas antar sesama pecintanya.dan dengan olah raga ini kita dapat bersaing dengan negara lain baik di ajang sea games, olimpiade dan lain sebagainya bukan hanya menjadi peserta bahkan banyak dari putra putri indonesia menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa. Contohnya christ jhon dengan juara di bidang tinju dunia, taufik hidayat di bidang bulu tangkis dan banyak masyarakat indonesia lain nya yang mendapatkan penghargaan di cabang olahraga lain nya, jadi kita generasi muda harus mengikuti jejak mereka.dan ingat kata pepatah. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
  12. 12. 4. Berpolitik Mungkin terjun untuk berpolitik bukanlah sebuah pilihan, namun paling tidak anak muda itu harus menyimak kondisi politik di negerinya sendiri. Walau tidak mengerti soal politik itu sendiri, dengan hanya menyimak perkembangan politik yang terjadi paling tidak dapat menggugah rasa prihatin akan kondisi negeri ini.dimana hukum dapat diperjual belikan, contohnya para koruptor semakin meraja lela,meskipun para koruptor sudah masuk ke dalam jeruji besi namun mereka tetap menikmati fasilitas yang layak, berbeda dengan para nara pidana lain nya.
  13. 13. 5.Berwirausaha Banyak pelajaran yang bisa diambil dalam berwirausaha. Berwirausaha akan mengajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, mengatur segala sesuatunya dengan terstruktur, berani ambil resiko, belajar mandiri, dan lain-lain. Selain itu dengan berwirausaha atau membangun sebuah usaha, secara tidak langsung kita telah membantu dalam mengurangi pengangguran yang terus bertambah setiap tahunnya. Berwirausaha tidak harus dengan biaya yang besar. Walau dengan modal yang kecil namun dengan pengelolaan yang baik dan terstruktur, berwirausaha pun menjadi suatu hal yang menyenangkan.Dulu ketika kekayaan besar hanya dapat dibuat oleh perang, perang adalah bisnis; tetapi sekarang ketika kekayaan besar hanya dapat dibuat oleh bisnis, Bisnis adalah perang!
  14. 14. 6.Nge-Blog Kegiatan nge-Blog cukup efektif dalam membuka cakrawala, berbagi informasi dengan orang banyak, sekaligus secara tidak langsung dengan nge-Blog kita telah menjadi bagian dari unsur media. Banyak sekali yang bisa kita bagikan kepada orang banyak dengan nge-Blog. Apa yang kita ketahui dan kuasai itu sudah bisa menjadi topik dalam blog kita. Terlebih kalau yang kita berikan ternyata berguna untuk temanteman atau adik-adik kita dalam menambah ilmunya selain yang didapat dari sekolah.
  15. 15. Sekian dan terima kasih...

×