Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SENI LUKIS BALI MODERN
Saadilah
Shafa
Tio
Yieyiep
Zulfa M
SENI LUKIS BALI MODERN
MENGALAMI PERUBAHAN
Rerajahan, tantra, dan mantram memiliki keterpaduan
sangat erat dan saling mend...
 Upaya itu dilakukan dengan
mengungkapkan gagasan dan apresiasi seni di atas
kanvas secara bebas. Transformasi rerajahan ...
 Seni lukis bali modern mengalami banyak
perubahan dalam irama penuh kreasi, gagasan
dan kreativitas seniman yang bersumb...
 Perjalanan seni rupa tidak berjalan mulus
walaupun negara Indonesia sudah merdeka.
Pada tahun 1965 saat pemerintahan ord...
 Sejalan dengan program tersebut pemilik modal mulai
menanamkan modalnya di Bali untuk mendukung
pembangunan sektor pariw...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Seni lukis bali modern

2,419 views

Published on

Presentation about a Modern of Bali

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Seni lukis bali modern

  1. 1. SENI LUKIS BALI MODERN Saadilah Shafa Tio Yieyiep Zulfa M
  2. 2. SENI LUKIS BALI MODERN MENGALAMI PERUBAHAN Rerajahan, tantra, dan mantram memiliki keterpaduan sangat erat dan saling mendukung dalam membangkitkan kekuatan magis sesuai kepercayaan dan keyakinan masyarakat di Pulau Dewata. Transformasi rerajahan seni lukis Bali modern telah dimulai sejak masuknya pengaruh budaya luar, Rudolf Bonnte dan Walter Spies, seniman warga negara asing yang bermukim di perkampungan seni Ubud, telah memberikan pengaruh terhadap kehidupan seniman Bali. “rerajahan”, sehingga mampu mewujudkan karya seni Bali modern yang berkepribadian, original, dan segar.
  3. 3.  Upaya itu dilakukan dengan mengungkapkan gagasan dan apresiasi seni di atas kanvas secara bebas. Transformasi rerajahan diawali pada zaman Pitha Maha (1936). Perubahan dan pembaharuan terjadi karena transformasi melalui akulturasi dan asimilasi yang erat dengan penemuan baru. Rerajahan sebagai subyek materi di olah dan dilebur menjadi bentuk, fungsi dan makna baru pada seni lukis Bali modern, namun rerajahn yang erat hubungannya dengan Agama Hindu tetap di sakralkan. Metode transformasi mampu memberikan penghayatan terhadap ide dan gagasan pelukis melalui adopsi dan seterilisasi
  4. 4.  Seni lukis bali modern mengalami banyak perubahan dalam irama penuh kreasi, gagasan dan kreativitas seniman yang bersumber pada “rerajahan”. Rerajahan merupakan produk budaya Hindu,serta salah satu keunggulan lokal yang banyak digunakan dalam kegiatan ritual, sarana pengobatan.
  5. 5.  Perjalanan seni rupa tidak berjalan mulus walaupun negara Indonesia sudah merdeka. Pada tahun 1965 saat pemerintahan orda lama kegiatan kreativitas seniman sempat terpecah dan mandeg. Seniman tidak masih konsentrasi pada kreativitas seni untuk kepribadian, tapi perhatian seniman terbagi untuk kepentingan politik yang sedang bergolak.  Pemerintahan orde baru tahun 1966, dengan kebijakan program pembangunan dalam berbagai sektor, maka seniman Indonesia mulai mendapatkan kebebasan untuk kreativitas. Termasuk pertumbuhan seni rupa Bali juga bangkit lebih-lebih didukung oleh kebijakan program pemerintah, daerah Bali dicanangkan sebagai daerah pariwisata di kawasan Indonesia bagian timur.
  6. 6.  Sejalan dengan program tersebut pemilik modal mulai menanamkan modalnya di Bali untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata. Para pemilik modal juga menanamkan modalnya dalam bidang seni, sehingga muncul art shop dan gallery untuk menampung hasil kreativitas para perupa. Berbagai aliran dalam seni rupa modern berkembang, lebih-lebih dengan banyaknya lahir para perupa- perupa jebolan akademis menambah semaraknya modernisasi seni rupa. Melihat dari paparan diatas, dalam pembahasannya akan menekankan pada: kapan terjadi modernisasi seni lukis Bali dan bagaimana bentuk-bentuk karya seni lukis Bali setelah terjadi modernisasi tersebut.

×