Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kedisiplinan

25,701 views

Published on

Materi presentasi kedisiplinan ini adalah materi presentasi yang pernah saya bawakan pada saat menjadi pembicara pada Latihan Dasar Kepemimpinan di salah satu institusi pendidikan.

Published in: Education
  • Login to see the comments

Kedisiplinan

  1. 1. PENGERTIAN Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu system yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku. Disiplin adalah sikap menaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan tanpa pamrih.
  2. 2. Disiplin meliputi ketaatan dan hormat terhadap perjanjian yang dibuat antara suatu institusi dengan anggotanya. Disiplin berkaitan erat dengan sanksi yang perlu dijatuhkan kepada pihak yang melanggar. SUPM (Siswa dengan sekolah)
  3. 3. DISIPLIN MERUPAKAN unsur pengikat. unsur integrasi (penyatu). unsur yang dapat menggairahkan kerja atau sebaliknya.
  4. 4. FUNGSI DISIPLIN Sebagai sumber untuk menunjukan etos kerja Tujuan dapat tercapai
  5. 5. MACAM-MACAM DISIPLIN BERDASARKAN TINDAKAN Disiplin waktu Disiplin sikap Disiplin kerja
  6. 6. MACAM-MACAM DISIPLIN BERDASARKAN SUMBERNYA Disiplin Diri Pribadi Disiplin Sosial Disiplin Nasional Disiplin Organisasi
  7. 7. Upaya untuk menumbuhkan disiplin Keteladanan Teguran Sanksi yang tepat
  8. 8. JIKA TIDAK DISIPLIN Tujuan Tidak Tercapai Akan Terjadi Kekacauan
  9. 9. Disiplin Organisasi Pengertian Organisasi Menurut Chester I.Barnard , “organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.”
  10. 10. Tujuan disiplin berorganisasi Untuk memperoleh manfaat organisasi
  11. 11. Manfaat Organisasi Tercapainya sebuah tujuan Melatih mental bicara di publik Mudah memecahkan masalah Melatih Leadership Memperluas pergaulan Meningkatkan wawasan dan pengetahuan Membentuk karakteristik seseorang Kuat dalam menghadapi tekanan Mampu mengatur waktu dengan sangat baik Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya
  12. 12. Contoh disiplin berorganisasi Menghadiri rapat tepat waktu Melaksanakan keputusan organisasi dengan cepat dan tepat Melaksanakan perintah atasan
  13. 13. SELESAI
  14. 14. Kasus 1 Banu adalah pimpinan tertinggi suatu organisasi. Banu memiliki seorang wakil bernama Andre dan seorang bendahara bernama Nina. Pada suatu waktu, ibunya Nina sakit keras dan perlu dioperasi dengan membutuhkan biaya banyak. Terdesak oleh keadaan, Nina menggunakan uang organisasi untuk biaya operasi ibunya tanpa sepengetahuan Banu dan anggota lainnya atas saran Andre. Ketika ada suatu kegiatan, Banu baru tahu bahwa dana organisasi sudah tidak ada. Tindakan apa yang harus Banu lakukan terhadap anak buahnya? Dan apa yang harus dilakukan agar kegiatan tetap berjalan?
  15. 15. Kasus 2 Ronald adalah seorang Ketua OVA,dan Toni adalahwakil ketua OVA. Pada kegiatan perkemahan siswa SUPM yang dilaksanakan selama 5 hari, Ronald memiliki ide bahwa perkemahan harus dilakukan di pantai karena berbiaya murah. Sedangkan Toni menginginkan perkemahan dilakukan digunung Tanggamus karena terkait dengan pembinaan fisik dan mental siswa. Anggota yang lain tidak setuju keduanya, dan berharap perkemahan dilakukan dengan suasana yang berbeda. Jika anda sebagai Ronald, apa keputusan anda?
  16. 16. Kasus 3 Anda adalah Ketua OVA dari kelas TBP 3B. Oleh Pembina OVA, Anda diinstruksikan agar kegiatan sore hari ini dilakukan pada jam 16.00 WIB dengan materi kerja bakti. Di suatu kesempatan, Anda dipanggil diinstruksikan pula oleh pembina kesiswaan yang lain agar kegiatan sore hari ini materinya adalah ragam. Apa yang anda lakukan?

×