Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

pengenalan alat lab laboratorium

25,601 views

Published on

saya mahasiswa S-1 pendidikan biologi, hanya ingin membagi ilmu dengan ppt yg saya buat ini.

semoga dapat bermanfaat.
aamiin ^_^

Published in: Education
  • Be the first to comment

pengenalan alat lab laboratorium

  1. 1. YULANDARI NUSI431411111
  2. 2. Pengertian Alat LaboratoriumAlat laboratorium merupakan benda yangdigunakan dalam kegiatan di laboratorium yangdapat dipergunakan berulang–ulang.Alat di laboratorium berdasarkan bahan pembuatnya,meliputi :1. Alat dari gelas2. Alat dari logam3. Alat dari plastik4. Alat dari bahan lainnya seperti sikat tabung reaksidari ijuk, sumbat gabus dan mortar dari porselain.
  3. 3. ALAT DARI GELASBahan gelas mempunyai karakteristik khusus misalnya tahanpanas, yang ditandai dengan Pyrex, tanda dagang (trade mark) suatuperusahaan pembuat alat-alat gelas. Selain itu bahan gelas sepertiborosilikat dan soda lime merupakan bahan gelas yang mempunyaikarakteristik tertentu.Alat gelas yang sering digunakan dalam praktikum :1. cawan petri (petri dish)2. tabung reaksi3. pipet ukur4. dirglaski5. gelas preparat dan gelas penutup6. gelas ukur7. gelas beker8. ose
  4. 4. Sifat Alat dari Gelas Bening dan tahan zat korosif Tahan terhadap panas Keras tetapi rapuh
  5. 5. ALAT DARI PORSELENPorselen sebagai bahan pembuat alatlaboraturium mempunyai keunggulan tahan(resistant) terhadap suhu tinggi. Padapermukaan alat terbuat dari porselen biasanyadiumpam (glazir). Sifat dari alat yang terbuatdari porseln adalah tidak mudah terhembussinar.
  6. 6. ALAT DARI PLASTIKAlat dari plastic dapat dikelompokkan menjadi beberapabagian/kelompok tergantung dari bahan penyusunnya.Berikut adalah beberapa jenis plastik : Termoplastik yaitu sifatnya mudah meleleh karena panas,mudah larut dalam beberapa zat organic seperti Xlal,etherdan chloroform. PVC (Polyvinyl Klorida) yaitu lebih tahan panas terhadapzay kimia yang dikenal dengan nama pralon. Plexiglass (perspex) yaitu bening seperti kaca, dapatdigergaji atau dapat dibor,mudah disambung dengan perekatplastik,larut pada kloroform.Contoh dari alat dari plastik yaitu botol zat kimia
  7. 7. PEMELIHARAAN DAN PENYIMPANANALAT LABORATORIUMPrinsip yang perlu diperhatikan dalam penyimpananalat dan bahan di laboratorium:1. Aman2. Mudah dicari3. Mudah diambil
  8. 8. ALAT DARI LOGAMBahan logam memiliki sifat yang berupa campuran(alloy) Ada logam yang keras Ada logam yang lentur Ada logam yang tahan terhadap korosiAlat-alat laboratorium logam terbuat dari bahan besiatau kuningan. Kkusus bahan besi yang digunakanbiasanya terbuat dari besi cor. Agar tidak cepat berkaratalat laboratorium juga ada yang terbuat dari besi yangdilapisi dengan nikel atau krom.
  9. 9. Cara penyimpanan alat dan bahan dapatberdasarkan jenis alat, pokok bahasan, golonganpercobaan dan bahan pembuat alat: Pengelompokan alat–alat fisika berdasarkan pokokbahasannya seperti: Gaya dan Usaha (Mekanika),Panas, Bunyi, Gelombang, Optik, Magnet, Listrik,Ilmu, dan Alat reparasi. Pengelompokan alat–alat biologi menurut golonganpercobaannya, seperti: Anatomi, Fisiologi, Ekologi danMorfologi. Pengelompokan alat–alat kimia berdasarkan bahanpembuat alat tersebut seperti: logam, kaca, porselen,plastik dan karet.
  10. 10. Penyimpanan alat dan bahan selain berdasar hal – hal diatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: Mikroskop disimpan dalam lemari terpisah dengan zathigroskopis dan dipasang lampu yang selalu menyala untukmenjaga agar udara tetap kering dan mencegah tumbuhnyajamur. Alat berbentuk set, penyimpanannya harus dalam bentuk setyang tidak terpasang. Ada alat yang harus disimpan berdiri, misalnya higrometer,neraca lengan dan beaker glass. Alat yang memiliki bobot relatif berat, disimpan pada tempatyang tingginya tidak melebihi tinggi bahu. Penyimpanan zat kimia harus diberi label dengan jelas dandisusun menurut abjad. Zat kimia beracun harus disimpan dalam lemari terpisah danterkunci, zat kimia yang mudah menguap harus disimpan diruangan terpisah dengan ventilasi yang baik.
  11. 11. Sumber kerusakan alat dan bahan akibatlingkungan meliputi hal – hal berikut1. Udara2. Air dan asam basa3. Suhu4. Mekanis5. Cahaya6. Api
  12. 12. Cara menyimpan alat laboratorium IPACara menyimpan alat laboratorium IPAdengan memperhatikan bahan pembuat alattersebut, bobot alat, keterpakaiannya, sertasesuai pokok bahasannya. Penyimpanan alatmenurut aturan tertentu harus disepakati antarapengelola laboratorium dan diketahui olehpengguna /praktikan.
  13. 13. Cara menyimpan bahan laboratorium IPA denganmemperhatikan kaidah penyimpanan, seperti halnyapada penyimpanan alat laboratorium. Sifat masing-masing bahan harus diketahui sebelum melakukanpenyimpanan, seperti: Bahan yang dapat bereaksi dengan kaca sebaiknyadisimpan dalam botol plastik. Bahan yang dapat bereaksi dengan plastik sebaiknyadisimpan dalam botol kaca. Bahan yang dapat berubah ketika terkenan mataharilangsung, sebaiknya disimpan dalam botol gelap dandiletakkan dalam lemari tertutup. Sedangkan bahanyang tidak mudah rusak oleh cahaya matahari secaralangsung dalam disimpan dalam botol berwarnabening.
  14. 14.  Bahan berbahaya dan bahan korosif sebaiknyadisimpan terpisah dari bahan lainnya. Penyimpanan bahan sebaiknya dalam botol indukyang berukuran besar dan dapat pula menggunakanbotol berkran. Pengambilan bahan kimia dari botolsebaiknya secukupnya saja sesuai kebutuhanpraktikum pada saat itu. Sisa bahan praktikumdisimpam dalam botol kecil, jangan dikembalikanpada botol induk. Hal ini untuk menghindarirusaknya bahan dalam botol induk karena bahan sisapraktikum mungkin sudah rusak atau tidak murnilagi. Bahan disimpan dalam botol yang diberi simbolkarakteristik masing-masing bahan
  15. 15. TERIMAH KASIH

×