Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

PRESENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Berisi Materi tentang teknologi informasi dan komunikasi

  • Login to see the comments

PRESENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  1. 1. 54123
  2. 2. Presentasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. 3. Kelompok 1 • Andi M. Syahrul Hadi • Lathifah Yasmine Wulandari • Mufidah Hidayat • Oktavian Budi Prasetya • Syifa Nabila • Yoga Romdoni
  4. 4. Pengertian Teknologi • Teknologi berasal dari bahasa Yunani, "Technologia", "Techneyang" yang berarti 'keahlian' dan "logia" yang artinya 'pengetahuan'Pengertian Teknologi dalam artian sempit yaitu mengacu pada objek benda yang digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia seperti mesin, perkakas atau perangkat keras. Pengertian Teknologi dalam artian Luas yaitu sistem, organisasi dan teknik.Jadi Teknologi merupakan perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada disekelilingnya secara lebih maksimal.
  5. 5. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi • Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan bagian dari IPTEK yang semua teknologinya berhubungan dengan pengembalian, pengmpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. TIK juga merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
  6. 6. Pendapat Para Ahli mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi • A. Menurut Wikipedia, TIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. • B. Menurut Eruc Deeson, Herper Collins Publisher Dictionary of Information Technology, Glasgow, UK, 1991, Teknologi Informasi merupakan kebutuhan manusia di dalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyrarakat secara keseluruhan • C. Menurut Puskur Diknas Indonesia TIK mencakup 2 aspek : – 1) Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebgai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi – 2) Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
  7. 7. Contoh Teknologi Informasi dan Komunikasi Nama Alat Penemu Gambar 1. Televisi John Logie Baird 2. Internet Leonard Kleinrock 3. Telepon Alexander Graham Bell 4. Komputer Charles Babbage 5. Telegraf Samuel Finley Breese Morse 6. Mesin Fax Alexander Bain
  8. 8. Pemanfaatan TIK bidang Pendidikan Pemanfaatan TIK Bagi Pelajar : 1. Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain 2. Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah 3. Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu 4. Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik 5. Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu. Pemanfaatan TIK Bagi Guru : 1. Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain 2. Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik 3. Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh 4. Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku. 5. Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.
  9. 9. Pemanfaatan TIK bidang Pemerintahan 1. Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka. 2. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudah diperoleh. 3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan. 4. Meningkatkan transparansi pemerintahan.
  10. 10. Pemanfaatan TIK bidang Ekonomi a. Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang. b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan c. Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet. d. Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak adae. Harga barang lebih murah.
  11. 11. Produk Teknologi yang Menggunakan Alat Kontrol pada Sensor Bak Air/ Tandon Air dengan Sumber Arus Listrik Tandon Air digunakan untuk penyimpanan air sementara. Biasanya lokasinya lebih tinggi dan sulit dijangkau. Salah Satu kekurangannya adalah terjadi tumpahan air dari tandon. Solusinya untuk mengatasi tumpahan itu adalah membuat alat yang dapat mengontrol ketinggian air secara otomatis. Rangkaian Kontrol ketinggian air otomatis ini dibuat dengan rangkain gerbang logika dasar dan transistor saklar untuk menggerakkan relai yang sederhana. Komponen yang diperlukan : 1.Transistor C1061 2.Transistor C8283. 3.Resistor 1 K Ω 4. Lampu 12 Volt Alat dan Bahan yang dipakai : A.Obeng B.B. Tang C.C. Solder Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm
  12. 12. Rangkaian Komponen Kontrol Bak Air A B A B 1 K Ω C 1061 C 828 12 V DC LampuKeterangan : Titik AB merupakan ujung kabel atau sensor yang dipasang di bak atau tandon air yang dipasang dengan ketinggian tertentu. Apabila sensor itu tersentuh air, maka lampu akan menyala. Hal ini berarti ketinggian air yang diharapkan sudah tercapai.
  13. 13. Cara Kerja Alat Tandon air dengan sumber arus listrik pengoperasiannya sangat mudah, kunci utamanya adalah sensor AB, yang dapat di setting untuk tingkat ketinggian air tertentu sesuai dengan keinginan. Cara Kerjanya yaitu jika ketinggian air sudah menyentuh sensor AB maka lampu indkator akan menyala yang berarti air tando sudah penuh. Untuk tujuan lain yang lebih efektif lampu indikator sebagai tanda kontol air dapat diganti dengan bel atau indikator bunyi.

×