Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ario Mifta. Aksi Hari Bumi (Laporan Aksi Aktivis Peneleh April - Mei 2016)

Pada tanggal 25 November 2015, kelompok profesi sains terbentuk dan diprakarsai oleh sahabat/i Pengurus Cabang PMII kota Malang, yang menghendaki adanya sebuah wadah untuk mempersatukan seluruh rayon PMII sains se kota Malang. Gagasan ini disambut baik oleh sahabat-sahabat yang berlatar belakang sains, karena selama ini diskusi PMII sebatas isu politik kampus dan isu terkini. Oleh karena itu, kelompok profesi sains bermaksud untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya.

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ario Mifta. Aksi Hari Bumi (Laporan Aksi Aktivis Peneleh April - Mei 2016)

  1. 1. Perjalanan Kelompok Profesi Sains PMII Kota Malang Pada tanggal 25 November 2015, kelompok profesi sains terbentuk dan diprakarsai oleh sahabat/i Pengurus Cabang PMII kota Malang, yang menghendaki adanya sebuah wadah untuk mempersatukan seluruh rayon PMII sains se kota Malang. Gagasan ini disambut baik oleh sahabat-sahabat yang berlatar belakang sains, karena selama ini diskusi PMII sebatas isu politik kampus dan isu terkini. Oleh karena itu, kelompok profesi sains bermaksud untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya. Kelompok profesi sains memberikan wadah untuk berdiskusi mengenai riset, ilmu pengetahuan eksak, pengembangan organisasi dan mempererat silaturrahmi. Aktivis sains sering kehilangan arah dalam arus pergerakan, maka kelompok profesi terwujud untuk membangun misi yang sama, tanpa melupakan orientasi akademik. Kelompok profesi sains bisa diikuti warga rayon dan komisariat sesuai bidang keillmuannya. Output yang diharapkan adalah membuat projek nyata dari isu aktual. Pemilihan koordinator kelompok profesi sains dilaksanakan di rayon Palapa Komisariat Brawijaya tanggal 27 November 2015. Meskipun perwakilan pengurus rayon Ar- rozi tidak hadir. Pemilihan dilakukan karena pada pertemuan sebelumnya sudah diundur. Akhirnya, terpilihlah sahabati Ely Hidayati (kord, rayon ibnu sina), sahabat Misbahul Munir (kord. Rayon Palapa) dan sahabat Ario Miftahul Hikmah (kord. Rayon Galileo). Tak jarang orang menganggap saintis adalah pemikir, sok sibuk dan apatis. Orang- orang sains jika dikumpulkan maka kegiatan pertama yang dibahas adalah tugas kuliah, laporan praktikum dan ngerumpi. Tapi nyatanya tidak demikian, aktivis eksak sekarang memiliki kegiatan yang mengasyikkan. *** Inilah kegiatan kami, 8 Desember 2015, silaturrahim ke sekretariat rayon Galileo. Disana kami melakukan ta’aruf, pembuatan biodata anggota kelompok profesi sains dan pembahasan agenda ke
  2. 2. depan. Malam itu cukup menyenangkan meskipun sahabat/i rayon Ar Rozi belum bergabung, pertama kalinya kami silaturrahmi dengan pengurus rayon Galileo sebagai tuan rumah. Jagongan malam itu memutuskan untuk mengadakan acara gathering lagi tanggal 20 Februari 2016, dengan agenda belajar menanam hidroponik dan outbond. Program yang dirancang setelah libur kuliah. 20 februari 2016, akhirnya kegiatan gathering dan outbond kelompok profesi sains dilaksanakan. Agenda yang sudah dirancang jauh hari ini belum terlaksana secara maksimal, masih terdapat sahabat/i rayon Palapa dan rayon Ar-Rozi yang tidak berpartisipasi. Meskipun demikian, kami memulai kegiatan pertama di Greenhouse UIN Maliki Malang yaitu belajar menanam tanaman secara hidroponik. Kegiatan ini didukung oleh Sahabat Bumi sebagai Tuan Rumah dan Penanggung Jawab Greenhouse. Di sini kami belajar menanam tanaman sayuran dengan media air bernutrisi hara dan botol bekas minuman mineral. Setelah agenda selesai, kami pergi ke kalimetro untuk melakukan outbond untuk pengakraban. Kegiatan ini ditutup dengan rujakan dan sharing-sharing ringan terkait rencana agenda selanjutnya. 07 April 2016, ngopi ringan di bebek telo sekaligus silaturrahmi dengan koordinator biro pemberdayaan ekonomi dan kelompok profesi Sahabat Huda. Disana, kami memutuskan untuk fokus ke pembuatan logo kelompok profesi sains, membuat akun media sosial dan menulisprogresifitas kelompok profesi sains se kota Malang. 12 April 2016, Akhirnya, moment yang dirindukan beberapa lama ini tercapai, atas partisipasi semua rayon eksakta PMII se kota Malang, Ibnu Sina, Palapa, Galileo dan Ar- Rozi. Dalam acara ini, kami membahas agenda bulan April yaitu peringatan hari bumi. Dikarenakan kodinasi hari bumi belum selesai maka dilakukan rapat keduadi rayon palapa tanggal 16 April 2016. Rapat kedua menghasilkan konsep bahwa peringatan hari bumi tanggal 22 April 2016 kami melakukan diskusi tentang lingkungan.
  3. 3. 22 April 2016,di taman kunang-kunang tepat peringatan hari bumi kami lakukan.Diskusi dengan tema Aktualisasi Nilai Pergerakan Dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan topik “Pencemaran Lingkungan di Perkotaan dan Potensi Sumberdaya Alam Indonesia”. Kegiatan diskusi ini diikuti oleh sahabat/i pengurus komisariat PMII Sunan Ampel. Setelah kegiatan ini selesai, kita juga sharing terkait kelompok profesi sains pengurus komisariat Sunan Ampel dan pengurus cabang. Kelompok profesi selalu berusaha melaksanakan kegiatan rutin dan menyesuaikan kondisi anggota. Semoga kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksana menjadi stimulus kegiatan berikutnya untuk mempererat silaturrahmi rayon eksak di kota malang. *Terima kasih, kelompok profesi ini ada atas partisipasi sahabat-sahabat dari Rayon Galileo, Rayon Palapa, Rayon Ar Rozi dan Rayon Ibnu Sina, tanpa adanya sahabat-sahabat, tidak akan terbentuk kelompok saintis aktivis yang progresif di kota Malang. (Penulis adalah sahabati shinta kader PMII Pencerahan Galileo komisariat Sunan Ampel Malang dan sahabati dian kader PMII Ibnu Sina Komisariat Sunan Kalijaga Malang. Kedua penulis adalah anggota Kelompok Profesi Sains PMII Kota Malang ) Sumber: http://pmiikotamalang.or.id/perjalanan-kelompok-profesi-sains-pmii-kota-malang/

×