Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Dokumen.tips user manual-aplikasi-pcarepdf

434 views

Published on

manual user

Published in: Healthcare
  • D0WNL0AD FULL ▶ ▶ ▶ ▶ http://1url.pw/yUnf9 ◀ ◀ ◀ ◀
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

Dokumen.tips user manual-aplikasi-pcarepdf

  1. 1. User Manual Aplikasi FASKES (PCU) Divisi Teknologi Informasi April 2013
  2. 2. 1 I. PENDAHULUAN Aplikasi Pelayanan Dasar berbasis web ( web base) dibangun untuk mendukung bisnis proses pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). User di setiap Puskesmas dapat menjalankan aplikasi ini dengan menggunakan fasililitas jaringan internet dengan mengakses http://119.252.169.164/pcare Selanjutnya, jika mengakses melalui http://119.252.169.164/pcare maka akan tampil tampilan berikut ini :
  3. 3. 2 II. LOGIN APLIKASI Untuk melakukan Login Aplikasi, kita harus memasukan User Name dan Password. Kemudian tekan tombol LOGIN. Setelah login makan akan muncul tampilan berikut ini : III. ENTRY DATA User bisa mengakses Aplikasi pada daftar Aplikasi di atas jika sudah melakukan Login dengan memasukan user name dan password.
  4. 4. 3 Menu Aplikasi Pelayanan Dasar Menu Transaksi ini terdiri dari beberapa menu yang befungsi untuk memasukan data baru ataupun melakukan perubahan terhadap data yang sudah ada di dalam database. Menu Transaksi mencakup pengolahan data untuk Pendaftaran Pasien Baru dan Entri Data Kunjungan Pasien. Entri Data Pendaftaran Pasien Pada saat kita memilih menu Entri Pendaftaran Pasien maka akan tampil form seperti berikut ini :
  5. 5. 4 Adapun langkah-langkah pengisian Form Entri data Pendafataran Pasien adalah sebagai berikut : 1. Pilih Jenis Peserta apakah Peserta BPJS atau Peserta Umum 2. Pilih Jenis Kartu Apakah No Kartu, N I K, Atau No MR 3. Masukan No Kartu 4. Klik Tombol “Cari” 5. Maka detail dari data yang kita cari otomatis akan tampil Kemudian Entri detail data kunjungan : 1. Pilih Tanggal Pendaftaran 2. Pilih Jenis Perawatan 3. Pilih Jenis Kunjungan 4. Pilih Poli Tujuan 5. Entry Keluhan Kemudian lengkapi data Pemeriksaan Fisik 1. Entry Tinggi Badan 2. Entry Berat Badan Kemudian lengkapi data Tekanan Darah 1. Entry Sistole 2. Entry Diastole 3. Entry Respiratory Rate 4. Entry Heart Rate Setelah semua data di lengkapi kemudian klik tombol “Simpan”
  6. 6. 5 Setelah data di simpan, maka bagian Riwayat Kunjungan Peserta akan secara otomatis terisi.jika belum tampil klik tombol Refresh. Jika Pada bagian Hapus kita klik, maka Pada Daftar Pasien Nama Peserta yang kita pilih akan Terhapus .
  7. 7. 6 Entri Pelayanan Pasien Adapun langkah-langkah pengisian Form Entri data Kunjungan Pasien adalah sebagai berikut : 1. Pilih Tanggal Pendaftaran 2. Masukan No Antrian 3. Klik Tombol Cari 4. Maka detail dari data yang kita cari otomatis akan tampil 5. Pilih Tanggal Kunjungan. 6. Entry Keluhan Pasien 7. Entry diagnosa Berikut ini langkah-langkah mengisikan diagnosa: - Ketikan kata kunci pencarian minimal 3 huruf - Klik tombol “Serch” - Akan tampil daftar Diagnosa sesuai kata Kunci
  8. 8. 7 - Pilih salah satu Diagnosa Kemudian klik tombol “Apply” - Diagnosa akan muncul pada Kolom Diagnosa 8. Entry Anamnase Kemudian lengkapi data Pemeriksaan Fisik 1. Pilih Kesadaran 2. Entry Tinggi Badan 3. Entry Berat Badan Kemudian lengkapi data Tekanan Darah 1. Entry Sistole 2. Entry Diastole 3. Entry Respiratory Rate 4. Entry Heart Rate 5. Pilih Tenaga Medis 6. Pilih Status Pulang Setelah semua data di lengkapi kemudian klik tombol “Simpan” Setelah data di simpan, maka bagian Riwayat Kunjungan Peserta akan secara otomatis terisi Setelah data disimpan maka maka detail dari data akan tampil. Kemudian dilanjutkan proses entry tindakan.
  9. 9. 8 Untuk Entri data tindakan, bisa dilakukan dengan cara Klik pada menu Tambah Data Baru. Setelah Klik pada bagian Tambah Data Baru maka akan tampil form berikut : Pilih Jenis tindakan yang diberikan pada pasien, kemudian isi bagian keterangan dan kemudian klik tombol simpan. Setelah data tindakan di simpan , kamak secara otomatis data tindakan akan muncul pada Frame tindakan. Untuk Entry data obat, kita bisa Pilih Frame Obat. Setelah kita pilih frame Obat maka akan tampil menu Entri/Lihat Data obat :
  10. 10. 9 Setelah kita klik Entri / Lihat Data Obat maka akan tampil form berikut ini : Untuk Entri data Obat langkah-langkah yangharus kita lakukan adalah : Pilih jenis Obat : Non- Racikan atau Racikan a. Untuk Jenis Obat Non – Racikan Berikut langkah-langkah untuk entri obat Non – Racikan : - Entri Nama Obat pada kolom Nama Obat atau Cari dengan cara klik pada tombol “Cari DPHO”. - Setelah Klik pada tombol “Cari DPHO”, maka akan tampil for berikut ini :
  11. 11. 10 - Ketik nama obat pada kolon kriteria pencarian kemudian klik tombol “Search” - Klik pada Obat yang kita cari, kemudia klik tombol “Apply” - Maka obat yang kita cari akan tampil pada kolon Nama Obat - Entri Signa Obat - Entri Jumlah Hari - Entri Jumlah Obat - Klk tombol “Simpan”. Maka data Obat akan tersimpan. - Setelah data obat tersimpan maka akan tampil pada tabel entri obat.
  12. 12. 11 b. Untuk Jenis Obat Racikan Berikut ini langkah-langkah entri obat Racikan : - Entri Signa obat - Entri nama obat DPHO pada field Nama obat atau klik tombol “Cari DPHO” untuk mencari nama obat. - Entri jumlah kemasan - Entri jumlah permintaan - Entri jumlah obat - Klik tombol “Simpan” Untuk Entri Penunjang Diagnostik, kita bisa klik di Tab Pen. Diagnostik Kemudian klik pada menu Tambah Data Baru, maka akan tampil form berikut ini:
  13. 13. 12 Berikut ini langka-langkah untuk entri Data Penunjang Diagnostik : 1. Entri kode PPK 2. Entri Tanggal Pelayanan 3. Entri data Tekanan Darah a. Sistole b. Diastole 4. Entri Keterangan Radiologi 5. Entri Detail Data Darah Rutin a. Hemoglobin b. Leukosit c. Eritrosit d. Laju Endap Darah e. Hematokrit f. Trombosit 6. Lemak Darah a. HDL b. LDL c. Cholesterol Total d. Trigliserid
  14. 14. 13 7. Gula darah a. Gula Darah Sewaktu b. Gula Darah Puasa c. Gula Darah Post Prandial d. HbA1C 8. Fungsi Hati a. SGOT b. SGPT c. Gamma GT 9. Fungsi Ginjal a. Creatinin b. Ureum c. Asam Urat 10. Fungsi Jantung/EKG a. Jantung / EKG 11. Pemeriksaan Lain a. Lain - lain 12. Kesimpulan a. Saran Dokter Setelah semua data selesai dilengkapi, klik tombol “Simpan”
  15. 15. 14 IV. MENU LIHAT DATA Pada Menu Lihat Data ini terdapat 2 sub menu diantaranya adalah: Jumlah Peserta Terdaftar Daftar Kunjungan Peserta 1. Menu Lihat Data Befungsi untuk memberikan informasi mengenai Jumlah Peserta Terdaftar di PPK tersebut. Setelah kita klik menu Jumlah Peserta Terdaftar, maka akan tampil form berikut ini : Pilih Bulan yang diinginkan maka akan muncul tampilan seperti berikut:
  16. 16. 15 2. Menu Daftar Kunjungan Peserta. Berfungsi untuk memberikan informasi tentang jumlah peserta yang berkunjung. Setelah menu ini di klik maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Pilih Kategori pencarian apakah Melihat daftar jumlah kunjungan peserta berdasarkan Harian atau Bulanan. Setelah itu pilih tombol “Cari Data”.maka data peserta akan muncul pada tabel.
  17. 17. 16 V. MENU TOOLS Menu Tools berfungsi untuk mengganti password. Setelah kita klik menu Ganti Password, maka akan tampil form berikut ini : Menu Seetting Aplikasi Khusus Untuk Menu setting aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh admin .Di dalam menu ini digunakan untuk menambah Daftar Poli, Rayonisasi , Tenaga Medis. Pada saat menu ini dipilih akan muncul tampilan seperti berikut
  18. 18. 17 Menambah Poli Pilih Menu Tambah Data Baru maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Piluh Poli Pelayanan yang akan di Tambahkan Kemudian Pilih status Kemudian Klik Tombol Simpan. Menambah Rayonisasi Untuk Menambah Rayonisasi Rujukan pilih Menu rayonisasi kemudian pilih Tambah Data Baru maka akan muncul tampilan sebagi berikut: Klik Tombol Kemudian Akan Muncul tampilan seperti berikut: Masukan Kriteria Pencarian Berupa Kode PPK atau Nama PPK setelah itu pilih ppk kemudian klik tombol apply. Maka akan muncul seperi berikut
  19. 19. 18 Pilih Status aktif atau Non aktif pilih Optional Jika PPK tersebut sebagai PPK Optional. Menambah Tenaga Medis Untuk Menambah Tenaga Medis di PPK tersebut caranya adalah klik Tambah Data Baru maka akan muncul seperti berikut: Entry Nama tenaga Medis Kemudian pilih Status aktif atau Non Aktif kemudian pilih Tombol Simpan. Menambah Tarif Untuk tambah Tarif dapat dilakukan dengan Meng-copy tarif PPK lain dengan cara pilih Copy tarif PPK lain maka akan muncul seperti berikut : Pilih Tarif Sumber (PPK yang akan dipakai sebagai acuan) Kemudia Klik tombol Proses.maka akan secara otomatis terisi.

×