Logam non ferro

15,827 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
15,827
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
464
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Logam non ferro

  1. 1. Logam non ferro atau logam bukan besi adalah logam yang tidak mengandung unsur besi (Fe). Logam non ferro murni kebanyakan tidak digunakan begitu saja tanpa dipadukan dengan logam lain, karena biasanya sifat-sifatnya belum memenuhi syarat yang diinginkan. Kecuali logam non ferro murni, platina, emas dan perak tidak dipadukan karena sudah memiliki sifat yang baik, misalnya ketahanan kimia dan daya hantar listrik yang baik serta cukup kuat, sehingga dapat digunakan dalam keadaan murni. Tetapi karena harganya mahal, ketiga jenis logam ini hanya digunakan untuk keperluan khusus. Misalnya dalam teknik proses dan laboratorium di samping keperluan tertentu seperti perhiasan dan sejenisnya. Logam non Ferro ini terdapat dalam berbagai jenis dan masing-masing memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda secara spesifik antara logam yang satu dengan logam yang lainnya. Keberagaman sifat dan karakteristik dari logam Non Ferro ini memungkinkan pemakaian secara luas baik digunakan secara murni atau pun dipadukan antara logam non ferro bahkan dengan logam Ferro untuk mendapatkan suatu sifat yang baru yang berbeda dari sifat asalnya.
  2. 2. Pada dasarnya logam non-ferro ini memiliki sifatsifat seperti : • mampu dibentuk dengan baik • massa jenisnya rendah • penghantar panas dan listrik yang baik • mempunyai warna yang menarik • tahan karat • kekuatan dan kekakuannya umumnya lebih rendah dari pada logam ferro • sukar dilas
  3. 3. Unsur logam yang paling penting dan paling banyak digunakan dalam industry adalah besi karena hampir 90 % dari logam-logam yang digunakan dalam industry adalah besi. Selain besi,logam yang penting anatara lain: alumunium (Al), timbal (Pb), nikel (Ni), perak(Ag), seng(Zn), dan lain sebagainya. Yang digunakan dalam keadaan murni ataupun dalam bentuk paduannya. Logam – logam tersebut harus mempunyai sifat-sifat fisika atau mekanik yang sesuai dengan persyaratanpersyaratan yang dikehedaki. Logam non ferro adalah suatu bahan yang tidak mengandung besi, yang dapat digolongkan menjadi :  logam berat : nikel, seng, tembaga, timah putih dan timah hitam  logam ringan : alumunium, barium, kalsium  logam mulia/murni : emas, perak, platina  logam refraktori/tahan api : Molibdenum , titanium, wolfram, zirkonium  logam radio aktif : radium dan uranium.
  4. 4. Logam berat Logam berat dengan berat jenis lebih dari 5 kg/dm3. Sedangkan logam ringan dengan berat jenis kurang dari 5 kg/dm3. Logam berat dan logam ringan menurut keberadaannya terdapat dalam dua bentuk yaitu logam murni dan logam paduan. Logam murni yaitu logam dengan sifat-sifat : 1). Kadar kemurnian 99,9 %. 2). Kekuatan tarik rendah 3). Titik lebur tinggi 4). Daya hantar listrik baik 5). Daya tahan terhadap karat baik Logam paduan yaitu logam campuran dari dua macam logam atau lebih yang dicampur satu sama lain dalam keadaan cair, sehingga mempunyai sifat-sifat : 1). Kekerasan dapat ditingkatkan dari kekerasan logam asalnya. 2). Kekuatan tarik dapat diperbesar 3). Daya pemuaian dapat dikurangkan 4). Titik lebur dapat diturunkan atau dinaikkan dibanding logam-logam asalnya.
  5. 5. Logam ringan Logam ringan adalah apabila berat jenisnya lebih besar dari 5 kg/dm3. Misalnya : aluminium, magnesium, natrium, titanium, dan lain-lain. Beberapa contoh logam ringan yang dikenal antara lain : 1).Aluminium dan paduannya yang banyak digunakan untuk paduan logam ringan, misalnya duralumin yang biasa digunakan untuk badan pesawat terbang, kendaraan bermotor, kapal pesiar, alat-alat rumah tangga dan sebagainya. 2).Paduan magnesium digunakan hanya bila dalam konstruksi mesin yang factor berat menjadi pertimbangan utama. Sebab magnesium mempunyai daya gabung yang tinggi terhadap oksigen dan mudah terbakar. 3).Paduan titanium banyak digunakan untuk paduan aluminium sebagai logam ringan yang banyak dipakai pada konstruksi pesawat terbang.
  6. 6. Logam mulia Logam mulia adalah logam yang dalam keadaan tunggal sudah dapat dipakai sebagai bahan teknik, artinya dalam keadaan murni tanpa dicampur dengan bahan logam lain sudah dapat diproses menjadi barang jadi atau setengah jadi, dengan sifat-sifat yang baik sesuai dengan yang diinginkan. Pada umumnya bahan logam belum memiliki sifat-sifat yang baik apabila tidak dicampur dengan bahan lain nya dan tidak memenuhi syarat sebagai bahan teknik, kecuali logam mulia tersebut. Diantara logam mulia yang kita kenal adalah emas, perak dan platina. Logam mulia memiliki warna yang bagus, tahan karat, lunak dan terdapat dalam jumlah yang sedikit di alam. Emas dan perak memiliki sifat penghantar listrik yang sangat baik sehingga banyak dipakai untuk melapisi konektor-konektor pada perangkat elektronik.
  7. 7. Logam refraktori Logam refraktori yaitu logam tahan api. Logam refraktori memiliki sifat – sifat sebagai berikut :  Tahan terhadap suhu tinggi  Tahan terhadap perubahan suhu yang mendadak  Tahan terhadap lelehan terak logam, kaca dan gas panas Beberapa contoh logam refraktori, yaitu :  Molibdenum (Mo) Digunakan untuk Paduan baja, pipa-pipa, dan alat rontgen.  Wolfram/tungsten (W) Digunakan Untuk paduan baja, kawat pijar, dan bahan campuran elektoda las TIG/WIG.  Titanium Militer. Oleh karena kekuatannya, unsur ini digunakan untuk membuat peralatan perang (tank) dan untuk membuat pesawat ruang angkasa. Industri. Beberapa mesin pemindah panas (heat exchanger)dan bejana bertekanan tinggi serta pipa-pipa tahan korosi memakai bahan titanium. Kedokteran. Bahan implan gigi, penyambung tulang, pengganti tulang tengkorak, struktur penahan katup jantung. Mesin. Material pengganti untuk batang piston.
  8. 8. Logam radioaktif Logam radioaktif adalah bahan yang menunjukkan gejala radioaktif karena radionuklida. Radioaktif adalah radiasi elektromagnetik dan penyebaran partikel pada saat terjadi perubahan spontan suatu inti atom atau disebabkan pembelahan inti secara spontan. Diantara logam radioaktif yang kita kenal adalah uranium, radium dan plutonium. Beberapa contoh logam radioaktif dan kegunaannya :  Uranium Digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir  Radium Radium juga digunakan dalam memproduksi cat yang menyala dengan sendirinya, sumber netron dan dalam kedokteran. Dalam dunia kedokteran, radium digunakan dalam terapi kanker dan penyakitpenyakit lainnya  Plutonium Plutonium bisa digunakan sebagai bahan peledak dalam senjata nuklir dan menempatkannya sebagai unsur kunci dalam pengembangan tenaga nuklir untuk keperluan industri.

×