Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Nama : winda lukitasari
kelas : 1d
melestarikan batik sebagai warisan budaya
indonesia
Indonesia dikenal bangsa-bangsa di dunia
sebagai salah satu negara dengan ragam
budaya tradisi yang bhineka namun
dibingka...
salah satu produk budaya Indonesia adalah Batik,
karena Batik merupakan produk budaya nenek
moyang bangsa Indonesia yang p...
batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan
telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya
jawa) sej...
Indahnya dan hidupnya masing motif batik akan lebih
terlihat dari hasil perpaduan proses pembatikan,
pewarnaan serta kuali...
Melestarikan Warisan Budaya “Batik”
Dengan cara mengenalkan batik kepada anak sedini mungkin
Bangsa Asing dari Negara Lain berlomba datang ke Indonesia untuk
mempelajari warisan budaya kita. Jika bule saja cinta dan...
Melestarikan Budaya Batik
Melestarikan Budaya Batik
Melestarikan Budaya Batik
Melestarikan Budaya Batik
Melestarikan Budaya Batik
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Melestarikan Budaya Batik

762 views

Published on

tugas ti dalam bk

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Melestarikan Budaya Batik

  1. 1. Nama : winda lukitasari kelas : 1d melestarikan batik sebagai warisan budaya indonesia
  2. 2. Indonesia dikenal bangsa-bangsa di dunia sebagai salah satu negara dengan ragam budaya tradisi yang bhineka namun dibingkai dalam tali persatuan dan kesatuan. Budaya bangsa tercermin melalui ungkapan filosofis “bhinneka tunggal ika”. Keragaman seni budaya bangsa Indonesia diantaranya terlihat melalui berbagai produk kriya tradisional, tersebar diberbagai daerah di Indonesia dengan karakter dan gaya seni masing-masing. Esistensinya menambah maraknya keindahan bumi pertiwi.
  3. 3. salah satu produk budaya Indonesia adalah Batik, karena Batik merupakan produk budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Seperti kita ketahui barsama bahwa batik telah ditetapkan oleh UNESCO (United nations educational, scientific and cultural organizattion) sebagai warisan Budaya milik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. batik merupakan salah satu warisan nenek moyang dan merupakan kekayaan Indonesia yang harus selalu kita lestarikan supaya tidak diakui menjadi milik negara lain seperti reog dan musik angklung.
  4. 4. batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya jawa) sejak lama. Perempuan jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan mereka adalah pekerja eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki dalam bidang ini. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia (Jawa) yang sampai saat ini msaih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB. Upaya Pelestarian Batik Batik Indonesia sangat dikagumi oleh banyak orang, baik dalam maupun luar Negeri. Telah diketahui bahwa proses membatik itu sangat rumit tetapi motif batik yang dihasilkan menjadi sangat indah dan mempunyai kekhasan khusus yang mencerminkan seni,budaya dan desain Indonesia.
  5. 5. Indahnya dan hidupnya masing motif batik akan lebih terlihat dari hasil perpaduan proses pembatikan, pewarnaan serta kualitas kain putihnya. Banyak orang asing yang tertarik untuk belajar membatik di Jawa karena sangat mengagumi indahnya batik. Kita perlu memperkenalkan batik pada generasi penerus bangsa, agar para penerus bangsa sadar bahwa mereka juga mempunyai kewajiban menjaga dan melestarikan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Hal ini harus dilakukan agar kebudayaan seni batik tidak akan pernah punah dari bangsa Indonesia meskipun adanya perubahan zaman yang lebih modern, karena batik merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Batik perlu dilestarikan agar tidak pernah bisa diklaim oleh negara lain.
  6. 6. Melestarikan Warisan Budaya “Batik” Dengan cara mengenalkan batik kepada anak sedini mungkin
  7. 7. Bangsa Asing dari Negara Lain berlomba datang ke Indonesia untuk mempelajari warisan budaya kita. Jika bule saja cinta dan belajar membatik, mengapa kita tidak?? Orang Indonesia jangan sampai kalah!

×