Energi dan usaha

1,921 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,921
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Energi dan usaha

  1. 1. Energi dan Usaha
  2. 2. Apa yang dimaksud energi?Energi adalah kemampuan melakukan suatu usahaatau kerja.Satuan energi dalam SI adalah joule (J), sedangkandalam sistem lain adalah kalori, erg, dan kWh (kilowatt hours).
  3. 3. Contoh Perubahan Energi1. Energi listrik menjadi energi panas Contoh: setrika listrik, solder, rice cooker2. Energi listrik menjadi energi bunyi Contoh: radio, gitar listrik3. Energi listrik menjadi energi cahaya Contoh: lampu4. Energi listrik menjadi energi gerak Contoh: kipas angin, mixer5. Energi kimia menjadi energi listrik Contoh: aki, baterai
  4. 4. 6. Energi potensial menjadi energi kinetik Contoh: pot bunga jatuh dari lantai 2, bola dilempar melambung7. Energi gerak menjadi energi listrik Contoh: dinamo, generator8. Energi gerak menjadi energi bunyi Contoh: kentungan, gong, drum9. Energi kimia menjadi energi panas Contoh: minyak tanah yang dibakar melalui sumbu, kompor gas
  5. 5. Macam-macam Energi1. Energi kimia Terkandung dalam makanan, tubuh kita, dan bahan bakar.2. Energi kalor Dihasilkan dari gerak internal partikel-partikel dalam suatu zat3. Energi bunyi Dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara di sekitar sebuah sumber bunyi4. Energi cahaya Dihasilkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik.
  6. 6. 5. Energi listrik Dihasilkan muatan listrik yang bergerak melalui kabel.6. Energi nuklir Dihasilkan reaksi inti dari bahan radioaktif. Terdiri atas energi fusi (penggabungan inti atom) dan fisi (pembelahan inti atom).7. Energi mekanik Energi yang berhubungan dengan gerak. Terdiri atas energi potensial dan energi kinetik.
  7. 7. Usaha Bernilai Nol1. Ketika melakukan ski dengan kecepatan konstan (gerak lurus beraturan), maka resultan gaya sama dengan nol, sehingga tidak terjadi usaha.2. Ketika seorang atlet mempertahankan barbel di atas kepalanya, ia melakukan gaya untuk menahan barbel, tetapi tidak ada perpindaha, sehingga tidak terjadi usaha.

×