Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ginekologi Jenis-jenis penyakit kandungan

5,677 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ginekologi Jenis-jenis penyakit kandungan

  1. 1. JENISPENYAKIT KANDUNGAN
  2. 2. KELOMPOK 1 Ayendajuaria AllamiAnggun Pratiwi Dyna MustikaRani EldianiEkaGuntura LifiaKristienD. A. Masdianti Neni Rusnita NashrotulMutma’inah Norahmah Nurjanah SitiKhodijah SitiNur Azizah Wardhatillah Yusnia
  3. 3. PENYAKIT KANDUNGAN
  4. 4. Definisi Penyakitkandunganadalah penyakit yang menyerang organ kandunganyang disebabkan oleh infeksijamur maupunvirus.
  5. 5. Macam-macam penyakit kandungan Endometriosis • Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan nyeri panggul. • Endometriosis lebih sering ditemukan pada keturunan
  6. 6. • Pengobatan tergantung kepada gejala, rencana kehamilan, usia penderita dan beratnya penyakit. Obat-obatan yang dapat menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium adalah pil KB kombinasi, progestin, danazole dan agonis GnRH. Agonis GnRH adalah zat yang pada mulanya merangsang pelepasan hormon gonadotropin dari kelenjar hipofisis, tetapi CaraAntisipasi
  7. 7. Pembedahan • Pada endometriosis sedang atau berat mungkin perlu dilakukan pembedahan. Endometriosis diangkat sebanyak mungkin, yang seringkali dilakukan pada prosedur laparoskopi pada kasus tertentu.
  8. 8. • Diagnosis Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan panggul akan teraba adanya benjolan lunak yang seringkali ditemukan di dinding belakang vagina atau di daerah ovarium.
  9. 9. Kanker Leher Rahim • Kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina. Kanker leher rahim sendiri merupakan keganasan yang dapat dicegah karena : 1. Memiliki masa preinvasif (sebelum menjadi keganasan) yang lama. 2. Pemeriksaan sitologi (sel) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim.
  10. 10. Faktor resiko 1.Ras 2.Faktor seksual dan reproduksi 3. Merokok 4.Kontrasepsi 5.Kondisi imunosupresi (penurunan kekebalan tubuh)
  11. 11. • Tanda dan Gejala Gejala paling umum dari kanker leher rahim adalah perdarahan abnormal dari vagina atau flek (bercak) vagina. • Skrining Pemeriksaan secara berkala bagi seluruh wanita terutama yang memiliki faktor risiko menggunakan Pap smear adalah cara yang efektif untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan penanganan lebih awal
  12. 12. KankerIndung Telur (KankerOvarium) • Kanker Indung Telur (Kanker Ovarium) adalah tumor ganas pada ovarium (indung telur). Kanker ovarium paling sering ditemukan pada wanita yang berusia 50- 70 tahun dan 1 dari 70 wanita menderita kanker ovarium.
  13. 13. • Cara pengobatan 1. Jika kanker belum menyebar ke luar ovarium, hanya dilakukan pengangkatan ovarium yang terkena dan mungkin dengan tuba 2. Jika kanker telah menyebar ke luar ovarium, maka dilakukan pengangkatan kedua ovarium dan rahim, serta kelenjar getah bening dan struktur di sekitarnya. 3. Setelah pembedahan bisa dilakukan terapi penyinaran dan kemoterapi untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker.
  14. 14. • Pencegahan Beberapa faktor muncul untuk mengurangi risiko kanker ovarium, termasuk : 1. Kontrasepsi oral (pil KB). Dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menggunakan wanita yang menggunakan kontrasepsi oral selama lima tahun atau lebih mengurangi risiko kanker ovarium sekitar 50 persen 2. Kehamilan dan menyusui. Memiliki paling tidak satu anak menurunkan risiko Anda mengalami kanker ovarium. Menyusui anak-anak juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium.
  15. 15. Kista Indung Telur • Indung telur (ovary) adalah satu dari suatu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus).
  16. 16. • Penyebab-Penyebab Kista Indung Telur • Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu. Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor bisa memicu tumbuhnya penyakit kista, karena dengan adanya asap pabrik dan gas kendaraan dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia. • Penyakit kista juga dapat dikatakan penyakit turunan
  17. 17. Mioma Uteri • Mioma uteri adalah berbentuk bulat, berbatas tegas, warna putih hingga merah jambu pucat, bersifat jinak dan terdiri dari otot polos dengan kuantiti jaringan penghubung fibrosa yang berbeda-beda. Sebanyak 95% mioma uteri berasal dari corpus uteri dan lagi 5% berasal dari serviks
  18. 18. PenatalaksanaanMioma Uteri 1.Terapi medisinal (hormonal) 2.Terapi pembedahan Tindakan pembedahan yang dilakukan adalah miomektomi atau histerektomi. 1. Miomektomi Adalah pengambilan sarang mioma tanpa pengangkatan uterus. 2. Histerektomi Histerektomi adalah pengangkatan uterus, yang umumnya adalah tindakan terpilih.
  19. 19. TERIMAKASIH

×