Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

FLiPCHART OSTEOPOROSiS

9,269 views

Published on

Ini bahan media implementasi penyuluhan kesehatan tentang osteoporosis pada keluarga Bp. S. Ini merupakan tugas KK XII (Keperawatan Klinik Keluarga) dimana kami harus mengelola 1 keluarga dengan tahap tumbuh kembang lansia.
Implementasinya sendiri sudah berlangsung pada awal November 2012 lalu (aku lupa tanggalnya) :D.

Media ini kukerjakan berdua dengan rekan se-tim-ku sekaligus dunsanak sakampuang-Inil.
Trus ada juga penasehatku, sang adik tersayang 'Fitri Mukhlis' yang sudah bela-belain menemaniku mengedit 'Range of Motion' pada gerakan senam osteoporosis. Terang aja, semua file yang didapat dalam bahasa medis semua (fleksi, ekstensi, abduksi, adduksi, dan konco-konconya). Jadinya harus di edit lagi dalam bahasa Indonesia yang dimengerti instruksinya. Sumpah, susah banget.
Anyway, Good job Nilgia.. Tapi masih ada tugas yang menanti... Evaluasi dan pengeditan rekaman implementasi belum dilakukan...
Hhh,, akhir tahun ini akan 'sedikit' berat.. Samo tau ajolah wak... ^^

Published in: Education

FLiPCHART OSTEOPOROSiS

  1. 1. OSTEOPOROSIS oleh: NILGIA DESLANI K.N.PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU 2 0 1 2
  2. 2. APA ITU OSTEOPOROSIS?? 01 WINTER TemplateOsteoporosis adalah tulang yang keropos,menjadi ringan, rapuh, berubah bentuk danmudah patah.
  3. 3. PENYEBAB OSTEOPOROSIS? 02 Faktor usia/ penuaan  Genetik/ keturunan Kekurangan kalsium  Kurangnya aktivitas fisik Kekurangan hormon  Mengkonsumsi obat-obatan estrogen (hormon utama  Pemakaian alkohol pada wanita), biasanya  Merokok terjadi pada wanita berusia 51-75 th.
  4. 4. TANDA DAN GEJALA?? 03 Patah tulang Punggung yang semakin membungkuk Penurunan tinggi badan Nyeri punggung Pengapuran tulang
  5. 5. JIKA TIDAK DIATASI?? 04 Patah tulang Terjadi kelumpuhan, apabila tidak ditangani dengan tepat
  6. 6. BAGAIMANA MERAWATNYA?? 05Penderita osteoporosis bisa melakukanlatihan rentang gerak sendi, yaitu gerakansederhana untuk melatih sendi dan tulang.Manfaat: Mengembalikan kekuatan tulang danmencegah kekakuan pada sendi.
  7. 7. GERAKAN 1 - 8 06
  8. 8. GERAKAN 9 - 10 07
  9. 9. GERAKAN 11 - 15 08
  10. 10. GERAKAN 16 - 20 09
  11. 11. GERAKAN 21 - 22 10 WINTER Template
  12. 12. GERAKAN 23 - 25 11
  13. 13. HARUS DIPERHATIKAN!! 12 WINTER Template Lakukan gerakan dengan benar. Ulangiselama 7 kali untuk masing-masing gerakan. Istirahat jika Anda merasa lelah atau nyeripada tulang. Penuhi kebutuhan kalsium (telur, susu, ikan,kedele, dll).
  14. 14. UBAH LINGKUNGAN ANDA!! 13 Lingkungan yang bersih Lantai rumah tidak licin Pencahayaan terang Suasana nyaman dan tenang Tidak terdapat kondisi yang dapat menyebabkan pasien terjatuh
  15. 15. PERIKSAKAN KESEHATAN!! 14 WINTERPeriksakan kesehatan Anda ke pelayanan Templatekesehatan terdekat, seperti: Rumah Sakit Puskesmas Puskesmas Pembantu (PUSTU) Klinik dokter dll..
  16. 16. Manfaat mengunjungi pelayanan kesehatan?? 15 Mendapatkan pelayanan kesehatan (pengobatan) osteoporosis. Mendapatkan pendidikan kesehatan (pengetahuan) tentang osteoporosis.
  17. 17. 16SEMO GA LEKAS SE MBUH... ^^

×