Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Perkembangan hewan ok

411 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Perkembangan hewan ok

  1. 1. Dosen Pengampuh : Drs. Anjisman,M.Pd Mahasiswa : ELLAYIN FARIDHA (2011.11.13.027) Tingkah Laku Fisiologi mengenai Reproduksi Hewan Spesies Burung Kakak Tua Jambul Orange di Kebun Binatang Surabaya
  2. 2. Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Aves Ordo: Psittaciformes Famili: Cacatuidae Genus: Cacatua Spesies: C. sulphurea Upaspesies: C. s. citrinocristata
  3. 3.  Kakatua jambul orange atau jingga atau dalam nama ilmiahnya Cacatua sulphurea citrinocristata adalah burung berukuran sedang dari salah satu genus burung paruh bengkok, Cacatua. Kakatua jambul-jingga merupakan subspesies terkecil dari empat subspesies burung Kakatua-kecil Jambul- kuning. Burung ini hampir semua bulunya berwarna putih. Di kepalanya terdapat jambul berwarna jingga yang dapat ditegakkan dengan paruh abu-abu gelap, kuping bercak jingga, mata coklat-tua kehitaman dan kaki berwarna abu-abu. Bulu- bulu terbang dan ekor bagian bawah berwarna kuning. Burung betina serupa dengan burung jantan.
  4. 4.  Burung endemik Indonesia ini hanya ditemukan di hutan-hutan primer dan sekunder Pulau Sumba yang terletak di Kepulauan Sunda Kecil. Pakan burung kakatua jambul-jingga ini sama seperti jenis burung kakatua lainnya, terdiri dari biji-bijian, kacang, tanaman dan aneka buah-buahan. Burung ini bersarang di dalam lubang pohon.
  5. 5.  Ciri-ciri Fisik dan Perilaku. Salah satu spesies kakatua ini mempunyai ukuran sedang dengan panjang sekitar 35 cm. Semua bulunya berwarna putih semua. Di kepalanya terdapat jambul berwarna jingga yang dapat ditegakkan. Kakatua- kecil jambul-kuning memiliki paruh berwarna hitam serta kulit di sekitar matanya berwarna kebiruan dan kakinya berwarna abu-abu. Bulu-bulu terbang dan ekor burung langka ini berwarna kuning.
  6. 6.  Burung berparuh bengkok ini mendiami daerah hutan, pingiran hutan, semak hingga daerah pertanian dengan ketinggian mencapai 800 meter dpl. Jenis kakatua ini membuat sarang pada batang- batang pohon tertentu. Makanan burung ini adalah biji-bijian, kacang, dan aneka buah-buahan.  Sebagaimana jenis kakatua lainnya, Kakatuan Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) merupakan burung yang pandai. Burung yang nyaris punah ini dapat dilatih untuk melakukan berbagai gerakan dan menirukan ucapan manusia.
  7. 7. Thanks for attation

×